ASUS TUF Gaming FX507
Mading Tekno

Perbedaan Antara WiFi dan MiFi Buat Kamu yang Masih Salah Terka

Perbedaan WiFi dan MiFi - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – WiFi dan MiFi memang sama-sama dapat menjadi solusi supaya kita bisa senantiasa terhubung ke jaringan internet sehingga mampu menyelesaikan berbagai macam hal secara daring.

Keduanya sama-sama memungkinkan berbagai macam perangkat yang kita gunakan baik itu komputer, handphone, konsol game, tablet, printer, hingga kamera IP CCTV memperoleh akses internet secara nirkabel.

Hanya saja WiFi dan MiFi adalah dua hal yang sangat berbeda meskipun sebenarnya sedikit berhubungan. Keduanya secara khusus mempunyai peran sendiri-sendiri dalam menghadirkan jaringan internet supaya nanti bisa kita nikmati.

Perbedaan WiFi dan MiFi

WiFi

Banyak orang menyebut bahwa WiFi berasal dari Wireless Fidelity. Namun perlu diketahui bahwa nama ini nyatanya tidak berasal dari singkatan apa pun melainkan sebuah merek dagang yang dirancang dengan tujuan untuk pemasaran.

Bagi kamu yang belum tahu, WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan berbagai macam perangkat bertukar informasi dan data lewat sambungan internet. Biasanya mengacu pada sebuah protokol komunikasi.

Teknologi ini dikembangkan berdasarkan standar IEEE 802.11. Untuk media yang digunakan, WiFi memanfaatkan gelombang radio di mana paling umum dengan frekuensi 2,4GHz atau 5GHz. Ada juga 6GHz tetapi masih lumayan jarang digunakan.

Perbedaan WiFi dan MiFi - 1

Kita membutuhkan peralatan yang mendukung supaya bisa menggunakan teknologi ini. Termasuk wireless router atau Access Point (AP) yang berfungsi sebagai pembuat jaringan nirkabel serta WiFi adapter untuk menambatkan perangkat.

Sebagian di antara kita mungkin ada yang beranggapan bahwa WiFi adalah wireless router atau Access Point itu sendiri. Namun hal ini tentu saja sedikit keliru karena sebenarnya berkaitan dengan protokol komunikasi sesuai dengan apa yang sudah saya jabarkan.

MiFi

MiFi adalah salah satu perangkat yang dapat dipakai untuk membuat jaringan nirkabel atau dalam hal ini WiFi. Jadi fungsinya cukup mirip dengan wireless router atau Access Point yang sering dipakai pada layanan internet broadband.

Hanya saja ada sedikit perbedaan dari kedua perangkat tersebut. MiFi bersifat portable atau bisa dibawa ke mana-mana. Koneksi internet yang ditawarkan pun bukan berasal dari internet broadband melainkan operator seluler.

Perbedaan WiFi dan MiFi - 2

Prinsip kerjanya hampir mirip dengan tethering atau mobile hotspot di handphone. MiFi dalam hal ini akan membuat jaringan WiFi ad-hoc berdasarkan teknologi data seluler seperti standar nirkabel 3G atau 4G LTE sesuai apa yang didukungnya.

Karena dirancang untuk mengakomodasi jaringan seluler, koneksi internet pada MiFi umumnya akan lebih lambat ketimbang wireless router atau Access Point. Belum lagi perangkat ini biasanya memang mempunyai spesifikasi yang terbatas.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar