ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan TECNO PHANTOM V Flip 5G, Ponsel Lipat Paling Terjangkau

Kelebihan dan Kekurangan TECNO Phantom V Flip 5G - Header

Gadgetren – Kita kini akhirnya berkesempatan untuk mencicipi ponsel layar lipat dengan harga lebih bersahabat. TECNO PHANTOM V Flip 5G soalnya sudah resmi diluncurkan ke Indonesia.

Dirilisnya TECNO PHANTOM V Flip 5G tentu dapat menjadi kabar gembira bagi sebagian orang, terutama mereka yang memerlukan teknologi layar lipat untuk mempermudah sejumlah pekerjaan. Desain cangkang kerang (clamshell) yang diusungnya memang menawarkan sejumlah fungsi tambahan.

Namun pertanyaannya, apakah TECNO PHANTOM V Flip 5G benar-benar layak untuk dipinang? Kamu yang penasaran dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut untuk sedikit menjawabnya.

Kelebihan TECNO PHANTOM V Flip 5G

1. Harga Terjangkau

Di Indonesia, TECNO PHANTOM V Flip 5G dibanderol dengan harga Rp8.999.000 atau bahkan bisa lebih murah selama masa promosi. Kita secara khusus dapat meminangnya melalui platform e-commerce yang bekerja sama maupun toko luring partner resmi Tecno Mobile.

Jika dibandingkan dengan kebanyakan ponsel berbentuk cangkang kerang, TECNO PHANTOM V Flip 5G pun menjadi perangkat yang paling terjangkau. Manufaktur lain umumnya masih menggunakan teknologi layar lipat untuk kelas atas dengan harga lebih dari Rp10 juta.

Menariknya selama program penjualan awal yang digelar sampai Tanggal 31 Desember 2023, TECNO Mobile pun masih memberikan sejumlah penawaran tambahan. Adapun di antaranya termasuk penggantian layar gratis sekali dalam setahun, 14 hari penukaran, original screen protector, casing, dan garansi hingga 13 bulan.

2. Layar Lipat Berteknologi Mutakhir

Di sisi lain, layar yang digunakan oleh TECNO PHANTOM V Flip 5G juga mempunyai spesifikasi sangat tinggi. Perangkat tersebut sudah membawa panel utama berteknologi LTPO AMOLED yang dapat menyesuaikan refresh rate dari 10 hingga 120Hz secara adaptif.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO Phantom V Flip 5G - 1

Layar utama dari TECNO PHANTOM V Flip 5G pun sudah membentang hingga seluas 6,9 inci. Panelnya secara khusus mendukung resolusi gambar hingga FHD+ (2640 x 1080 piksel) dengan tingkat kecerahan sampai 1.000nits dan perlindungan dari Ultra-Thin Glass buatan SCHOTT UTG.

Kita pun tak perlu khawatir dengan teknologi engsel yang digunakan. TECNO PHANTOM V Flip 5G sudah menggunakan desain khusus yang diklaim oleh pihak TECNO Mobile mampu bertahan hingga lebih dari 200.000 kali untuk proses buka-tutup.

Untuk menunjang fungsi panel utamanya, TECNO PHANTOM V Flip 5G menariknya juga mempunyai layar eksternal berteknologi AMOLED. Hanya saja bentuknya bukan kotak melainkan lingkaran sehingga menyerupai tampilan dari arloji atau gelang pintar.

Panel eksternal milik TECNO PHANTOM V Flip 5G berukuran 1,32 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel. Yang cukup menarik, pihak TECNO Mobile pun sudah menyematkan lapisan proteksi layar Corning Gorilla Glass Victus untuk melindunginya.

3. Media Penyimpanan Luas

Dengan banderol harga kurang dari Rp9 juta, TECNO PHANTOM V Flip 5G juga meluncur dengan dukungan media internal yang luas. Perangkat tersebut tersedia dalam satu model varian memori dengan kapasitas penyimpanan hingga 256GB.

Kapasitas yang luas ini tentu bisa sangat membantu kita dalam beraktivitas. Kita dapat menyimpan berbagai macam berkas data atau mengunduh aplikasi apa pun tanpa khawatir ruang penyimpanan akan cepat menipis dan membuat kita rajin-rajin mengelolanya.

Media penyimpanan sebesar 256GB ini pun bakalan melengkapi konfigurasi mesinnya. Bagi kamu yang belum tahu, TECNO PHANTOM V Flip 5G sendiri diperkuat dengan MediaTek Dimensity 8050 (6nm) berkecepatan hingga 3,0GHz dan RAM 8GB.

4. Teknologi Pengisian Mumpuni

Sama halnya ponsel-ponsel menengah ke atas yang lain, TECNO PHANTOM V Flip 5G juga dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat. Jadi kita tidak perlu menunggu lebih lama saat baterai berkapasitas 4.000mAh miliknya kehabisan daya.

Dalam hal ini, TECNO PHANTOM V Flip 5G sudah mendukung teknologi 45W SuperCharge. Pihak TECNO Mobile mengklaim bahwa baterai perangkat tersebut hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit agar terisi hingga 50 persen atau 45 menit untuk penuh.

Kekurangan TECNO PHANTOM V Flip 5G

1. Belum Tahan Air dan Debu

Sayang dengan cita rasa premium yang dibawanya, perangkat layar lipat terjangkau tersebut harus melewatkan beberapa dukungan penting. Kita di antaranya belum akan menjumpai fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi apa pun.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO Phantom V Flip 5G - 2

Tanpa dukungan tahan percikan air dan debu, kita pun harus berhati-hati saat menggunakan perangkat di tempat-tempat yang rawan terkena cipratan air atau saat kondisi hujan. TECNO PHANTOM V Flip 5G soalnya bisa lebih cepat mengalami kerusakan.

Absennya dukungan tahan percikan air dan debu dari TECNO PHANTOM V Flip 5G ini cukup disayangkan. Sudah ada banyak perangkat yang dibanderol dengan harga jauh lebih murah membawa setidaknya sertifikasi IP53.

2. Tidak Mendukung Penyimpanan Eksternal

Disokong dengan media penyimpanan internal berkapasitas besar, TECNO PHANTOM V Flip 5G sayangnya juga tidak dilengkapi dengan slot khusus Micro SD atau sejenisnya. Seolah-olah mengikuti tren dari ponsel-ponsel menengah ke atas di masa sekarang.

Jika masih khawatir media penyimpanan internalnya tidak mencukupi untuk pemakaian sehari-hari, kita makanya perlu melakukan pengelolaan data dengan baik. Kita misalnya harus rajin-rajin menghapus data atau aplikasi yang sudah tidak terpakai, memindahkan berkas ke penyimpanan lain, hingga memanfaatkan layanan awan.

3. Jack Audio Tidak Tersedia

Sejalan dengan absennya dukungan untuk penyimpanan eksternal, TECNO PHANTOM V Flip 5G juga tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5mm yang masih cukup penting bagi sebagian orang. Jadi kita perlu menggunakan konverter atau perangkat suara nirkabel jika mau mendengarkan musik.

Kabar baiknya, TECNO PHANTOM V Flip 5G mengganti ketidakhadiran jack audio 3,5mm ini dengan speaker ganda yang menarik. Terdapat dukungan suara stereo yang disokong dengan teknologi DTS maupun Hi-Res Audio.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar