ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Bisa Ngobrol Sembari Chat, Fitur Voice Chat WhatsApp Kini Tersedia di Indonesia

Bisa Ngobrol Sembari Chat, Fitur Voice Chat WhatsApp Kini Tersedia di Indonesia

Gadgetren –  WhatsApp secara resmi telah mengeluarkan fitur terbarunya yang bernama Voice Chat untuk grup besar sebagai cara baru bagi pengguna untuk bisa berinteraksi dengan anggota lainnya di dalam grup WhatsApp.

Berbeda dengan panggilan grup atau WhatsApp Call yang bisa berdering ke semua anggota, Voice Chat dirancang untuk tidak mengganggu anggota lain ketika digunakan di mana obrolan akan berlangsung secara senyap dan tidak berdering ketika fitur ini dimulai. Anggota grup pun akan diberi tahu bahwa kamu akan memulai voice chat dan bisa memilih untuk bergabung atau tidak.

Dengan adanya Voice Chat memungkinkan anggota grup bisa membicarakan berbagai hal dengan siapa pun yang dapat bergabung sekaligus membuat kamu dapat terus mengirim pesan kepada mereka yang tidak dapat bergabung atau diluar Voice Chat.

Ketika panggilan masuk saat Voice Chat berlangsung, pengguna dapat dengan cepat membunyikan, menutup telepon, atau mengirim pesan ke grup tanpa harus keluar dari obrolan suara dengan mengetuk kontrol panggilan di bagian atas obrolan. Bahkan sembari mengobrol lewat Voice Chat, pengguna juga bisa sekaligus mengetik pesan secara bersamaan.

Dari pantauan tim Gadgetren, fitur Voice Chat untuk grup WhatsApp sudah tersedia di Indonesia melalui versi terbarunya diupdate pada tanggal 6 November 2023 yakni 2.23.23.78. Fitur ini akan muncul dengan ikon garis-garis vertikal berukuran kecil yang terletak di sebelah kanan nama grup atau di layar kanan atas sebelah dengan ikon tiga titik.

Pengguna harus mengetuk ikon tersebut untuk memulai percakapan dalam bentuk audio. Kemudian akan muncul pop up untuk memulai chat audio.

WhatsApp-Voice-Chat-for-Larger-Groups

Pihak WhatsApp menyebutkan Voice Chat mulai tersedia untuk grup yang memiliki 33 anggota atau lebih dahulu. Sementara pada pantauan tim Gadgetren untuk grup di bawah 33 anggota seperti 25 anggota bahkan hanya tiga orang anggota tidak memiliki fitur tersebut.

Dengan begitu grup yang memiliki anggota di bawah 33 orang masih mengandalkan fitur panggilan audio dengan panggilan suara dan panggilan video yang terletak di bagian atas layar. Seperti halnya panggilan dan pesan pribadi, WhatsApp juga melindungi fitur Voice Chat untuk grup besar dengan enkripsi end-to-end secara bawaan.

Voice Chat bisa dibilang mirip seperti Discord, Telegram, dan Slack karena memungkinkan sekelompok besar orang dapat terhubung melalui obrolan lisan. Peluncuran fitur baru ini tidak terlalu mengejutkan, karena WABetaInfo sebelumnya pada bulan Agustus 2023 melaporkan bahwa WhatsApp sedang menguji obrolan suara dalam versi beta.

Sebelumnya WhatsApp juga telah memperkenalkan fitur baru lainnya seperti menggunakan dua akun secara bersamaan, dukungan kunci sandi di Android, fitur Flows pada WhatsApp Business untuk meningkatkan pengalaman berbelanja lebih detail lagi dengan memilih setiap item yang dibutuhkan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar