Aplikasi Berita

Facebook Uji Coba Fitur Community Chat Untuk Dekatkan Anggota dan Grup

Facebook-Community-Chat

Gadgetren – Layanan media sosial Facebook melalui situs blog resminya dikabarkan akan segera menghadirkan fitur baru yang bernama Community Chat.

Fitur Community Chat masih dalam tahap uji coba sampai dengan beberapa minggu ke depan dan belum diketahui kapan akan diluncurkan ke publik secara resmi.

Sesuai dengan namanya, Community Chat memungkinkan anggota dari komunitas atau grup dengan hobi yang disukai bisa berkomunikasi langsung dengan admin.

Anggota sebuah grup di Facebook bisa chat secara langsung dengan komunitas yang mereka ikuti melalui fitur pesan Messenger. Mereka bisa bertanya di dalam Community Chat untuk berbagai topik lewat format seperti teks, audio, dan video.

Community Chat dibuat langsung oleh admin dan akan diterima oleh semua anggota grup. Ruang chat komunitas ini juga bisa dibuat berdasarkan kategori dengan tema tertentu sehingga anggota bisa menemukannya dengan mudah.

Kategori yang dibuat bisa bermacam jenis seperti perkenalan anggota, jadwal kegiatan grup, jadwal pertemuan, dan lainnya. Selain sebagai ruang chat untuk berkomunikasi dua arah, Community Chat juga bisa diatur oleh admin hanya menjadi tempat broadcast informasi saja.

acebook-Community-Chat-2

Dengan demikian admin akan diberikan alat untuk mengelola Community Chat yang diinginkan. Bahkan admin grup bisa mengatur Community Chat untuk antar admin atau moderator hingga hanya berisi pesan audio.

Sebagai catatan lainnya, Community Chat hanya bisa diakses oleh anggota grup saja sehingga yang bukan anggota grup atau belum mendapatkan persetujuan dari moderator grup untuk bergabung tidak akan bisa menikmati fasilitas tersebut.

Meskipun dengan Community Chat para anggota diberikan kebebasan untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai topik, tetapi Facebook tetap memberikan alat khusus untuk menjaga keamanan grup tetap kondusif dan nyaman antara satu sama lain.

Admin akan diberikan serangkaian alat agar dapat mengelola obrolan dan audio. Bila ada hal yang tidak diinginkan, maka admin bisa melakukan pemblokiran, menangguhkan anggota grup, menghapus anggota atau pesan, hingga menghapus pesan yang dilaporkan.

Selain itu anggota grup dalam Community Chat juga bisa melaporkan pesan yang tidak berkenan ke admin grup atau Meta, memblokir anggota lainnya, atau meninggalkan obrolan kapan saja.

Tinggalkan Komentar