ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

WhatsApp Hadirkan Fitur-Fitur Baru dan Bisa Langsung Belanja Alfamart

WhatsApp Hadirkan Fitur-Fitur Baru dan Bisa Belanja Alfamart Langsung di WhatsApp

Gadgetren – Setelah lebih dulu digelar di Meksiko pada bulan Oktober 2023 kemarin dan Brazil pada bulan November 2022 silam, akhirnya WhatsApp Business Summit 2023 hadir di Indonesia dengan membawa fitur-fitur baru dan kolaborasi baru bersama UMKM lokal Indonesia.

Dalam ajang WhatsApp Business Summit di Indonesia telah dihadiri lebih dari 1.500 peserta yang mempertemukan pengguna aplikasi pesan khusus bisnis baik dari pengusaha kecil, perusahaan, dan developer atau pengembang. Pihak Meta juga membeberkan beberapa fitur baru sekaligus peningkatan fitur yang dapat segera dinikmati pengguna.

Salah satunya ialah WhatsApp Flows yang memungkinkan pengguna dapat melakukan beragam pengalaman untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan seperti memilih kursi pesawat dengan cepat atau membuat janji pertemuan. Semuanya dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan halaman chat WhatsApp Business.

Dengan fitur Flows, akun WhatsApp Business dapat menyediakan berbagai pilihan menu yang lengkap dan formulir atau isian untuk klien yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis. Fitur WhatsApp Flows ini sudah tersedia secara global dan akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Selain fitur Flows, Meta juga menghadirkan fitur Verifikasi Meta untuk pengguna WhatsApp Business yang dapat berguna untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis yang resmi.

Untuk mendapatkan verifikasi Meta, pelaku bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta dengan mengirim syarat tertentu. Setelah itu pelaku bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat WhatsApp Business juga akan didukung dengan kecerdasan buatan (AI) yang akan memberikan kecepatan layanan lebih baik untuk pelanggan.

Untuk memberikan dukungan AI, pihaknya saat ini sedang menguji AI yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis, agar setiap bisnis dapat memiliki AI yang mampu berinteraksi dengan pelanggan untuk meningkatkan transaksi penjualan dan layanan. WhatsApp sendiri akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dalam beberapa bulan ke depan.

Alfamart-di-WA-Business-daftar-member

Dalam kesempatan yang sama, menariknya toko ritel Alfamart juga akan segera menggunakan WhatsApp Business melalui fitur pemesanan secara langsung. Dengan hadirnya Alfamart di WhatsApp, masyarakat Indonesia akan dapat berbelanja kebutuhan dan menjelajahi katalog produk secara online secara langsung di aplikasi WhatsApp Business.

Seperti pengalaman berbelanja online lainnya, pengguna yang berbelanja di WhatsApp Business Alfamart juga dapat menambahkan item ke dalam keranjang sebelum melanjutkan ke sistem pembayaran Alfamart.

Kemudian pesanan akan diantarkan ke alamat konsumen dari Alfamart terdekat.  Pengalaman berbelanja di Alfamart menggunakan WhatsApp Business ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang. Pelanggan Alfamart juga bisa menikmati WhatsApp untuk mendaftarkan diri sebagai anggota secara online tanpa harus datang ke gerai fisiknya.

anual-revenue-ads-click-WA-business-

Sebagai tambahan informasi, Pieter Lydian selaku Indonesia Country Director, Meta dalam sambutannya di awal acara mengungkapkan informasi menarik terkait WhatsApp Business. Pieter mengatakan bahwa saat ini WhatsApp Business telah digunakan hingga 200.000 pengguna secara global meningkat dari tahun 2020 yang hanya 50.000.

Pieter menambahkan berdasarkan data internal Meta tahun 2023, pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp Business memiliki performa yang tinggi untuk pendekatan ke klien. Baik itu 70% lebih tinggi untuk mengisi kehadiran sebuah acara melalui WhatsApp Business, 2,5 kali lebih tinggi untuk mendapatkan informasi acara, dan 40% lebih tinggi untuk  mendapatkan klien baru.

Sementara untuk pendapatan tahunan WhatsApp Business yang diambil dari fitur iklan hingga kini dari data internalnya tahun 2023 telah meraup USD 10 Miliar. Selain itu pelaku bisnis yang menggunakan WhatsApp Business meningkat 40% untuk penggunaan fitur klik iklan untuk kirim pesan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar