ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

Adu Kencang Acer Predator Helios Neo 16 dan Lenovo Legion Slim 5i, Mana Lebih Ngebut?

Adu Acer Predator Helio 16 dan Lenovo Slim 5i (6)

Persaingan laptop gaming di Indonesia semakin sengit karena saat ini banyak vendor yang punya lini khusus gaming untuk memuaskan dahaga para gamer.

Salah satunya Acer lewat Predator Helios Neo 16 dan Lenovo melalui Legion Slim 5i yang mana sekilas terlihat membawa spesifikasi yang cukup mirip.

Keduanya sama-sama menjagokan NVIDIA GeForce RTX 4060 untuk menunjang pengolahan grafis yang dibutuhkan ketika bermain game. Selain itu tersedia RAM 16GB yang menemaninya untuk multitasking

Baik Predator Helios Neo 16 maupun Legion Slim 5i juga sama-sama menawarkan layar IPS 16 inci dengan resolusi 2560×1600 piksel sehingga soal kualitas gambar di layar seharusnya akan mirip antara kedua laptop. Lalu apa yang membedakan?

CPU menjadi salah satu komponen membedakan kedua laptop ini di mana Predator Helios Neo 16 membawa Intel Core i7-13700HX yang lebih bertenaga dibandingkan dengan Intel Core i7-13700H yang ada di dalam Legion Slim 5i.

Walaupun CPU tersebut punya kode yang mirip, namun Intel Core i7-13700HX memiliki 8 P-core dan 8 E-core dengan TDP 55W sementara Intel Core i7-13700H memiliki 6 P-core dan 8 E-core dengan TDP 45W. Perbedaan tersebut pun langsung tercermin pada hasil pengujian CPU melalui Cinebench R23.

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - Cinebench R23

Dari hasil pengujian tersebut terlihat bahwa Intel Core i7-13700HX yang diusung Predator Helios Neo 16 mampu memberikan kinerja Single Core dan Multi Core yang lebih cepat. Untuk Single Core memang hanya terpaut sedikit saja.

Namun untuk Multi Core memiliki perbedaan sekitar 5.600 poin yang mana tentu akan membuat berbagai aktivitas berlangsung singkat dan dapat memanfaatkan secara maksimal program yang sudah mendukung pemrosesan multi inti.

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - 3D Mark

Berkat CPU yang lebih cepat, kemampuan sistem secara menyeluruh khususnya untuk gaming ketika diuji menggunakan 3D Mark pun memperlihatkan hasil yang serupa dimana Predator Helios Neo 16 berhasil mengungguli kinerja dari Legion Slim 5i.

Lalu bagaimana untuk sektor kreatif? Berdasarkan pengujian menggunakan Blender, Predator Helios Neo 16 berhasil memberikan jumlah sample per minute yang lebih banyak baik itu pada segmen CPU maupun GPU. 

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - Blender CPU

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - Blender GPU

Legion Slim 5i sedikit unggul untuk pengujian Monster, namun Predator Helios Neo 16 unggul di Junkshop dan Classroom dalam hal sample per minute yang dapat dihasilkan. Ketangguhan dari Intel Core i7-13700HX pun kembali terlihat dari skor Blender CPU karena hasilnya terpaut cukup jauh hampir 20%.

Selama pengujian, kedua laptop menggunakan mode tertinggi melalui program masing-masing yakni Performance pada Lenovo Vantage dan Turbo pada Predator Sense untuk memastikan performa yang diberikan maksimal.

Konfigurasi yang sama pun digunakan ketika menguji kemampuan Acer Predator Helios Neo 16 dan Lenovo Legion Slim 5i untuk menjalankan game-game AAA masa kini.

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - Shadow of The Tomb Raider

Untuk game Shadow of The Tomb Raider, menariknya kedua laptop ini mendapatkan rata-rata FPS yang tidak jauh berbeda dalam pengaturan grafis Highest sekalipun pada resolusi native. Namun pastinya kedua laptop sudah mampu menjalankan game ini dengan mulus.

Begitu pula ketika fitur DLSS diaktifkan pada mode Quality, terjadi peningkatan FPS di kedua laptop walaupun tetap tidak jauh berbeda sehingga seharusnya memberikan pengalaman bermain yang cukup mirip. 

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - Hitman 3

Beralih ke Hitman 3, game yang satu ini dijalankan dalam konfigurasi opsi setinggi mungkin seperti Level Detail Ultra dan Texture Quality Ultra, namun dengan fitur DLSS nonaktif. Hasilnya kedua laptop mampu meraih skor rata-rata di atas 100 FPS yang mana tentunya akan terasa sangat mulus.

Akan tetapi Predator Helios Neo 16 masih lebih sedikit unggul di kedua lokasi benchmark, termasuk ketika fitur Ray Tracing dinyalakan, laptop besutan Acer ini menjanjikan rata-rata FPS yang sedikit lebih baik.

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i - Cyberpunk 2077

Hal yang sama juga ditemukan ketika diuji menjalankan Cyberpunk 2077 dimana perbedaan FPS minim baik itu pada pengaturan Ray Tracing: Ultra maupun Ray Tracing: Overdrive. Namun ketika hanya menggunakan pengaturan Ultra, maka perbedaan FPS bisa mencapai 10% yang mana Predator Helios Neo 16 tentu bakal terasa lebih mulus.

Yang lebih menariknya lagi, perbedaan performa kedua laptop ini paling terlihat ketika menjalankan Cyberpunk 2077 pada mode Balance. Predator Helios Neo 16 terlihat unggul hingga 20 FPS, angka yang terbilang cukup jauh sehingga bakal memberikan pengalaman bermain yang berbeda.

Acer Predator Helios Neo 6 vs Lenovo Legion Slim 5i -

Kelebihan menggunakan mode Balance tentu membuat kipas tidak berputar sekencang saat menggunakan mode Performa atau Turbo. Dengan begitu bermain game bisa jadi lebih nyaman akibat suara kipas yang tidak terlalu bising terdengar.

Di samping itu semua, Predator Helios Neo 16 juga sudah memiliki penyimpanan SSD dengan kapasitas 1TB yang mana dua kali lipat lebih luas dibandingkan dengan Legion Slim 5i yang hanya menyediakan SSD dengan kapasitas 512GB.

Untuk semakin menambah kenyaman dalam bermain game supaya lebih sempurna, Predator Helios Neo 16 sudah dilengkapi Intel Killer Doubleshot Pro (Killer E2600 RJ45 dan Killer Wi-Fi 6E AX1675i) dalam hal konektivitas.

Jaringan pun dapat diatur sesuai kebutuhan atau prioritas melalui aplikasi Killer Control Center 2.0 supaya selalu optimal dengan latensi rendah yang mana tentu sangat penting ketika bermain game online. 

Selain itu juga ada dua port Thunderbolt 4 yang mana merupakan konektivitas generasi terbaru. Berkat adanya Thunderbolt 4 yang berkecepatan sangat tinggi, Predator Helios Neo 16 dapat mendukung ekspansi yang lebih luas seperti misalnya terhubung dengan monitor eksternal, dock tambahan, atau video capture bagi para streamer.

Adu Acer Predator Helio 16 dan Lenovo Slim 5i (3)

Dengan begitu bakal bisa install game maupun menyimpan lebih banyak data pribadi dengan lebih nyaman tanpa perlu khawatir kapasitas cepat habis. Apalagi ukuran game masa kini terkadang cukup besar bahkan bisa mencapai lebih dari 100 GB sehingga memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar tentu menguntungkan.

Secara keseluruhan Predator Helios Neo 16 memang menyajikan kinerja yang lebih bertenaga dibandingkan Legion Slim 5i. Bodinya yang sedikit lebih besar pun membuat posisi layar terasa lebih ergonomis yang mana akan berpengaruh pada kenyamanan saat menggunakan laptop dalam waktu yang lama.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar