ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Vs Apple A16 Bionic, Mana yang Lebih Unggul?

Snapdragon 8 Gen 3 Vs Apple A16 Bionic - Header

Gadgetren – Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dan Apple A16 Bionic umumnya memang dipakai dalam ekosistem yang berbeda, tetapi tetap saja sama-sama bisa dipertimbangkan saat mencari perangkat bertenaga.

Snapdragon 8 Gen 3 secara khusus dapat menjadi pilihan yang sangat menarik saat kita sedang memerlukan perangkat dengan sistem operasi Android. Sementara Apple A16 Bionic bisa dipertimbangkan saat kita ingin meminang sebuah iPhone.

Hanya saja karena dirancang untuk ekosistem yang berlainan, kedua chipset tersebut memang membawa sejumlah perbedaan. Qualcomm dan Apple menggunakan spesifikasi dan dukungan yang cukup berbeda dalam mengembangkannya.

Perbedaan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Vs Apple A16 Bionic

Mulai dari unit pemrosesan utamanya, Snapdragon 8 Gen 3 mengandalkan CPU 8 inti Qualcomm Kryo generasi baru yang mampu dipacu dengan frekuensi hingga 3,3GHz. Sementara Apple A16 Bionic menggunakan 6 inti berkecepatan hingga 3,46GHz.

Inti Kryo yang digunakan oleh Snapdragon 8 Gen 3 dalam hal ini dikembangkan berbasis ARM Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520 yang notabene dibangun dari arsitektur ARMv9. Cukup berbeda jika dibandingkan Apple A16 Bionic yang mengadopsi arsitektur ARMv8.6-A.

Kemampuan yang ditawarkan oleh kedua chipset tersebut makanya sedikit terpaut walau tidak terlalu jauh. Terlebih lagi, Snapdragon 8 Gen 3 juga memakai unit pengolah grafis Qualcomm Adreno yang juga mempunyai kemampuan cukup berbeda dari GPU berinti 5 milik Apple A16 Bionic.

Bahkan berdasarkan data benchmark yang diungkapkan oleh GSMArena, Snapdragon 8 Gen 3 berhasil mengumpulkan skor sekitar 2.300 poin untuk pengujian inti tunggal dan 7.500 poin untuk inti jamak. Perlu dicatat bahwa pengujian ini secara khusus dilakukan dengan Geekbench 6.

Sementara berdasarkan data di halaman Geekbench Browser, Apple A16 Bionic dengan memakai aplikasi serupa secara berturut-turut mampu menghasilkan kurang lebih 2.500 poin dan 6.400 poin. Menang di pengujian inti tunggal tetapi kalah untuk inti jamak.

Sampai pada saat artikel diterbitkan, Apple A16 Bionic sudah digunakan untuk beberapa perangkat yang mana termasuk iPhone 14 Pro, 14 Pro Max, 15, dan 15 Plus. Sementara Snapdragon 8 Gen 3 masih dalam tahap pengumuman di mana rencananya bakal mempersenjatai ponsel-ponsel flagship dari ASUS, OPPO, realme, vivo, Xiaomi, hingga ZTE.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar