Review Smartphone

Review OPPO A16 – Tampil Kece dan Modern di Keseharian

Review OPPO A16

Gadgetren – OPPO A16 menjadi salah satu handphone terbaru di pertengahan tahun 2021 yang turut meramaikan Tanah Air.

Sebagai generasi terbaru, OPPO A16 tentunya membawa berbagai perubahan yang membuatnya jadi lebih kekinian untuk para pengguna yang menginginkan perangkat trendi. Jika tertarik untuk meminangnya, lihat dulu secara lebih rinci apa yang ditawarkan oleh OPPO A16.

Dari segi desain, perlu diakui bahwa OPPO A16 menghadirkan desain terbilang yang mewah untuk harga banderol Rp 1.999.000. Tampilan depannya memang menggunakan desain layar penuh dengan notch berbentuk tetesan air yang sudah menjadi standar handphone masa kini.

Review OPPO A16
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 7/10
    7/10
  • Kamera - 7/10
    7/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
7.8/10

Kesimpulan

OPPO A16 merupakan sebuah handphone yang menarik dan patut dipertimbangkan berkat desain cantik yang ditemani kinerja mumpuni di dalamnya.

Pros

  • Baterai tahan lama
  • Layar nyaman digunakan
  • Desain cantik dan modern
  • ColorOS 11 bawa ragam fitur

Cons

  • Belum ada fast charging
  • Kamera kurang konsisten

Berbentang 6,52 inci, layar OPPO A16 dapat menyajikan gambar dengan resolusi HD+ 1600 x 720. OPPO pun menyematkan fitur Eye-Care Display agar mata dapat menatap layar dengan nyaman pada berbagai kondisi, seperti di bawah terik matahari maupun malam karena selalu dapat dilihat secara jelas.

OPPO A16 - 7

Namun, desain mewah dari OPPO A16 terpancar pada bagian belakangnya berkat lapisan mengkilap yang akan mengingatkan pada sebuah batu kristal, sesuai dengan nama varian warnanya Crystal Black. Terdapat juga varian warna Space Silver yang menawarkan kesan futuristik.

Saat dilihat dari berbagai sisi, penutup belakang OPPO A16 seperti memiliki kabut misterius yang tersembunyi dari lapisan permukaan sehingga membuatnya tampak sangat menarik. Hanya saja dikarenakan lapisan tersebut cukup reflektif, bekas tangan atau noda lainnya sangat mudah untuk menempel.

OPPO A16 - 4

Sementara itu, sensor sidik jari disematkan pada samping bodi bersamaan dengan tombol power sehingga akan terasa lebih natural untuk digunakan. Pastinya penempatan tersebut juga membuat desain penutup belakang OPPO A16 dapat tampil maksimal tanpa adanya gangguan.

Melengkapi desain tersebut, modul kamera belakangnya juga terlihat serasi berkat tiga lensa dengan lingkaran cincin besar. Konfigurasinya sendiri terdiri dari lensa utama 13MP, lensa kedalaman 2MP, dan lensa makro 2MP. Tak ketinggalan juga ada kamera depan dengan lensa 8MP.

OPPO A16 Kamera Siang - Kucing

OPPO A16 Kamera Siang - Lampu

OPPO A16 Kamera Siang - Mobil

OPPO A16 Kamera Siang - Bunga

OPPO A16 Kamera Siang - Robot

OPPO A16 Kamera Malam - Rumah Auto

Auto

OPPO A16 Kamera Malam - Rumah Night

Night Mode

OPPO A16 Kamera Malam - Masjid

Kamera utama dari OPPO A16 berhasil menangkap obyek dengan detail yang cukup saat malam hari. Warna juga diabadikan cukup baik sehingga apa yang dilihat saat itu dapat terekam dengan maksimal. Hanya saja kontras warnanya sering kali kurang sesuai.

Sementara pada fotografi malam hari, kamera belakangnya memang mampu menghasilkan gambar yang cukup terang dan jelas. Namun ketajamannya sedikit menurut dan masih tampak noise di sekitar area gelap.

OPPO A16 Kamera Siang - Makro

Hasil foto makro atau jarak dekat dari OPPO A16 terbilang sudah mencukupi dengan detail tertangkap secara jelas. Hanya saja masih ada sedikit distorsi di pinggirannya yang mungkin akan sedikit mengganggu.

OPPO A16 Kamera Siang - Buah

Membawa lensa kedalaman terpisah, OPPO A16 sudah cukup handal untuk mengambil foto dengan latar buram untuk memberikan kesan dramatis. Perpotongan antara obyek dan latar pun tergolong rapi yang tidak kalah dengan efek bokeh natural yang tidak terlalu berlebihan.

OPPO A16 Kamera Siang - Selfie Auto

Auto

OPPO A16 Kamera Siang - Selfie Portrait

Portrait

OPPO A16 Kamera Malam - Selfie Auto

Auto

OPPO A16 Kamera Malam - Portrait

Portrait

Dalam hal selfie, kamera depan OPPO A16 menghasilkan foto yang sudah mencukupi untuk diunggah di sosial media. Hasil foto juga terbilang memadai baik itu pada siang maupun malam hari. Tak ketinggalan fitur Portrait dan Beauty juga disediakan untuk memberikan efek tambahan jika diinginkan.

Agar dapat digunakan fotografi maupun beraktivitas lainnya dalam waktu lama, OPPO A16 dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh. Salah satu segmen yang menjadi keunggulan OPPO A16 ini diklaim dapat digunakan untuk menonton YouTube hingga 21 jam.

Sebagai permulaan, OPPO A16 diuji menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan tingkat kecerahan 50% dan kondisi baterai penuh. Dalam pengujian tersebut, OPPO A16 berhasil mendapatkan angka 10 jam 56 menit. Angka yang terbilang lumayan dan sangat bersaing dengan handphone sekelasnya.

OPPO A16 Baterai

Sementara pada penggunaan secara nyata, OPPO A16 menawarkan screen on time mencapai 7 jam 5 menit dengan skenario penggunaan beragam mulai dari browsing, bermain game, hingga nonton YouTube. Sudah cukup untuk menjadi peneman hingga penghujung hari selama aktivitas yang dilakukan tidak sangat intens secara terus menerus.

Tersedia pula fitur Super Nighttime Standby agar penggunaan baterai pada malam hari menjadi sangat hemat. OPPO A16 juga dapat mendeteksi kebiasaan pengisian daya saat malam hari sehingga nantinya sistem akan menghentikan pengisian daya setelah batas tertentu dan akan dilanjutkan kembali hingga penuh sebelum pengguna bangun.

Soal pengisian dayanya, perlu membutuhkan waktu sekitar 2 jam 37 menit untuk mengisi dari 19% ke 100% menggunakan charger 10W dan kabel USB-C yang tersedia dalam paket penjualan. Menariknya OPPO telah memberikan perlindungan korsleting dan kelebihan arus untuk memberikan rasa aman saat mengisi daya.

OPPO A16 ColorOS

Bersamaan dengan baterai berkapasitas besar, OPPO A16 juga dibenamkan dapur pacu yang cukup handal dalam menemani aktivitas harian. Pada otaknya terdapat chipset MediaTek Helio G35 yang memiliki delapan inti di dalamnya.

Chipset tersebut ditemani juga oleh RAM 3GB dan penyimpanan 32GB untuk memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini. Tersedia juga dukungan microSD hingga 256GB yang terpisah dari dua slot kartu SIM sehingga semuanya bisa digunakan secara bersamaan.

Ketika diuji menggunakan beberapa aplikasi benchmark, OPPO A16 mendapatkan skor yang lumayan untuk kelasnya seperti yang terlihat pada AnTuTu dengan raihan angka 100 ribuan poin. Kurang lebih sesuai dengan apa yang diharapkan dari Helio G35.

OPPO A16 Benchmark

Dalam penggunaan sehari-hari, OPPO A16 menawarkan kinerja yang sudah mencukupi. Menavigasikan tampilan antar muka ColorOS 11 berbasis Android 11 terasa responsif tanpa adanya jeda mengganggu dan segala aplikasi populer seperti Facebook dan WhatsApp dapat berjalan tanpa kendala.

Maka dari itu OPPO A16 dapat digunakan dalam keseharian dengan nyaman baik itu berselancar internet maupun lainnya karena sudah punya kinerja yang bisa diandalkan. Apalagi chipset Helio G35 memang diciptakan untuk mendukung kebutuhan gaming. Hal tersebut juga dibuktikan dengan berbagai fitur yang bisa diaktifkan seperti mode frame rate tinggi dalam game-game tertentu.

Untuk game kasual yang tidak terlalu menguras sumber daya, OPPO A16 dapat menjalankannya secara lancar tanpa kendala sama sekali. Sementara untuk game yang membutuhkan beban lebih, terkadang perlu sedikit butuh penyesuaian.

OPPO A16 Mobile Legends

Pada Mobile Legend misalnya, OPPO A16 mampu menjalankannya pada kualitas grafis High dengan mode HD dan HFR aktif. Namun beberapa kali game sedikit tersendat dan tidak semulus seharusnya terutama saat bertarung tim sangat ramai.

Mengingat Mobile Legend merupakan game online, banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut. Untungnya tidak ditemukan sama sekali kendala saat digunakan untuk bermain Free Fire, semua berjalan lancar dan halus.

Dalam meningkatkan pengalaman penggunaan secara umum, Color OS 11 pun telah dibekali banyak fitur-fitur bermanfaat seperti App Lock dan Private Safe untuk menjaga data agar tidak mudah dibuka oleh orang lain hingga Game Assistant agar bermain game menjadi lebih terfokus.

OPPO A16 Fitur

Selain itu juga ada fitur bernama Black Screen Mode yang memungkinkan layar dibuat sangat redup, namun seluruh aplikasi masih tetap berjalan. Cocok bagi yang suka mendengarkan musik di YouTube karena konsumsi daya akan menjadi jauh lebih hemat.

Setelah melihat segala kemampuan yang dimilikinya, OPPO A16 merupakan sebuah handphone yang menarik dan patut dipertimbangkan berkat desain cantik yang ditemani kinerja mumpuni di dalamnya. OPPO A16 bisa diandalkan saat ingin mengabadikan momen lewat kamera yang dimilikinya.

Tinggalkan Komentar