ASUS ROG G22CH
Berita Smartphone

Chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 Resmi Rilis, Ini Fitur-Fiturnya!

Chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 Resmi Rilis, Ini Fitur-Fiturnya!

Gadgetren – Setelah meluncurkan chipset kelas atas Snapdragon 8 Gen 3, kini Qualcomm kembali merilis chipset terbaru yang masuk dalam kelas menengah yakni Snapdragon 7 Gen 3.

Menurut keterangan tertulis pihak Qualcomm, chipset ini akan digunakan oleh handphone baru dari HONOR dan vivo yang diperkirakan akan diumumkan bulan ini di pasar global.

Chipset Snapdragon 7 Gen 3 sendiri didukung teknologi AI Engine yang mana menawarkan 60% peningkatan performa kinerja AI per Watt lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Selain Snapdragon 7 Gen 3 mampu menghadirkan kinerja performa 15% lebih tinggi dan GPU 50% lebih tinggi.

Kemudian Hexagon NPU pada chipset ini disebut dapat  mengoptimalkan performa kinerja jaringan AI. Sementara itu dukungan INT4 diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya untuk komunikasi yang lebih tahan lama hingga produktivitas.

Chipset Snapdragon 7 Gen 3 sendiri dibuat melalui pemrosesan fabrikasi 4nm dari TMSC yang berisi CPU 64 bit octa-core yang terdiri dari 1 prime core dengan kecepatan hingga 2.63GHz, 3 performance core dengan kecepatan hingga 2.4GHz, dan 4 efficiency core dengan kecepatan maksimal 1.8GHz.

Kemudian GPU Snapdragon 7 Gen 3 menggunakan Adreno 720 yang berbeda dari saudaranya Snapdragon 7+ Gen 2 di mana sudah mendukung HDR gaming dengan kedalaman warna 10 bit.

 Qualcomm-Snapdragon-7-Gen3-spek.

Untuk fotografi terdapat ISP Spectra yang mendukung resolusi foto hingga 200MP. Chipset ini juga menawarkan kemampuan pengolahan gambar yang cerdas seperti AI Noise Reduction, AI Video Retouch, AI base face detection, auto exposure, dan lainnya. Untuk perekaman videonya bisa mencapai kualitas 4K HDR pada 60fps dengan dukungan format video seperti HDR10+.

Terkait kapasitas penyimpanan, chipset Snapdragon 7 Gen 3 dapat mendukung RAM berteknologi LPDDR5 3200 MHz hingga 16GB  dan penyimpanan UFS 3.1. Tampilan layar bisa mengeluarkan visual dengan konfigurasi resolusi 4K dengan refresh rate 60Hz atau WQHD+ dengan refresh rate 120Hz.

Sistem audionya menggunakan smart speaker Qualcomm Aqstic beserta codec-nya dengan Bluetooth 5.3 dan dukungan Snapdragon Sound yang menggunakan Qualcomm aptX Voice, aptX Lossless, aptX Adaptive, dan LE Audio. Chipset ini sudah menjangkau jaringan 5G dan mendukung WiFi 6 dan 6E dengan kecepatan hingga 2.9 Gbps.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar