ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Versi Android di HP vivo dengan Funtouch OS

Cara Melihat Versi Android di HP vivo Header

Gadgetren – FunTouch OS merupakan sistem operasi hasil modifikasi dari Android dengan perubahan tampilan antarmuka dan penambahan fitur maupun aplikasi.

Dengan begitu, ponsel vivo memang menggunakan sistem operasi Android walaupun berlabel FunTouch OS. Setiap periodenya versi Android akan meningkat yang disesuaikan dengan peningkatan versi FunTouch OS.

Misalnya saja FunTouch OS 12 berbasiskan sistem operasi Android 12 saat meningkat ke FunTouch OS 13 berarti akan menggunakan basis dari Android 13 pada beberapa ponsel vivo yang mendapatkannya.

Terkadang mengetahui versi Android cukup penting ketika ingin memasang aplikasi karena pasti membutuhkan syarat minimum versi sistem operasi yang dijalankan. Untuk melihat versi Android dari ponsel vivo, kamu dapat mengikuti tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Melihat Versi Android HP vivo

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu About Phone.
  3. Kamu akan langsung melihat versi Android yang digunakan.
  4. Apabila ingin lebih jauh melihat versi firmware, maka dapat mengetuk menu Software information.

Pada halaman Software Information, kamu dapat mengetahui lebih lengkap mengenai versi sistem operasi, model ponsel, nomor serial, versi hardware, build number atau versi firmware, baseband version, Kernel version, Compile Time, Android security update, hingga Google Play system update.

Setelah itu kamu dapat memastikan apakah aplikasi yang kamu inginkan dapat dipasang atau tidak. Nantinya kamu juga dapat mengetahui fitur-fitur baru yang belum ada di versi sebelumnya.

Terkadang antar versi sistem operasi Android atau FunTouch OS akan membawa beberapa fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan. Namun biasanya untuk fitur umum generasi sebelumnya juga akan tetap dihadirkan pada versi terbaru.

Namun sebaiknya kamu melakukan update sistem operasi berkala setiap kali muncul permintaan untuk update di ponsel vivo. Jadinya perangkat yang kamu miliki bisa mendapatkan peningkatan fitur, perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan lainnya.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengetahui informasi selain versi Android di ponsel vivo melalui halaman About Phone di aplikasi Settings. Biasanya berisikan informasi mengenai seri ponsel, chipset, kapasitas RAM, fitur Extended RAM, kapasitas penyimpanan internal, dan masih banyak lagi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar