Aplikasi Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone vivo Agar Tidak Dibuka Sembarangan

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone vivo

Gadgetren – Melalui antarmuka sistem Android bernama Funtouch OS, berbagai macam handphone vivo secara mendasar dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi yang mudah untuk digunakan.

Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk melindungi setiap data pribadi yang tersimpan di dalam sejumlah aplikasi supaya tidak mudah diakses oleh orang lain begitu saja, misalnya akun mobile banking, dompet digital, atau sekedar email.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa meminjamkan handphone ke orang lain tanpa rasa khawatir dengan catatan bahwa kita sendiri yang membantu membuka layar kunci tanpa memberi tahu kata sandi atau pin keamanan perangkat.

Hanya saja memang pada setiap versi Funtouch OS, vivo biasanya menamai fitur ini dengan julukan berbeda-beda. Kita di sisi lain bahkan tak jarang perlu menempuh langkah yang berlainan jika ingin menggunakannya.

Cara menggunakan fitur ini untuk setiap versi antarmuka sistem Funtouch OS untungnya mudah. Adapun bagi kamu yang belum tahu, berikut langkah-langkahnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone vivo

Menggunakan Hide App di Funtouch OS 9 ke Atas

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke bagian Fingerprint, face and password atau Face and passwords
  3. Pilih menu Privacy and app encryption
  4. Klik Hide App
  5. Ketuk tombol pada aplikasi yang ingin disembunyikan

Perlu diingat bahwa fitur Hide App pada Funtouch OS ke atas akan benar-benar menyembunyikan aplikasi. Selain tidak akan muncul di halaman utama, kita juga tidak akan lagi menerima pemberitahuan dari layanan di dalamnya.

Menggunakan Hide Icon di Funtouch OS 3 ke Bawah

  1. Ketuk dan tahan ruang kosong di halaman utama (home screen)
  2. Pilih menu Hide Icon
  3. Masukan kata sandi privasi atau buat terlebih dulu jika belum punya
  4. Tarik ikon aplikasi yang ingin disembunyikan ke bagian Hide Icon

Dengan cara yang hampir sama, kita pun bisa menyembunyikan aplikasi di Funtouch OS 2.6 ke bawah. Hanya saja nanti kemungkinan langkah-langkahnya ada yang sedikit berbeda.

Menggunakan Hide Icon di Funtouch OS 2.6 ke Bawah

  1. Ketuk tombol Menu (recent app) yang terletak di sebelah kiri tombol Home
  2. Pilih menu Hide Icon
  3. Klik ikon-ikon dari aplikasi yang ingin disembunyikan

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang menyadari bahwa kami tidak menulis secara khusus mengenai Hide App atau Hide Icon untuk beberapa versi Funtouch. Hal tersebut dikarenakan fitur ini memang tidak tersedia.

Untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah, kita karenanya bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga seperti launcher jika memakai beberapa versi Funtouch OS tersebut. Adapun beberapa yang cukup mudah digunakan termasuk Nova Launcher, Microsoft Launcher, dan Apex Launcher.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Pasang aplikasi yang diinginkan (dalam hal ini saya memakai Nova Launcher)
  2. Setelah selesai, ketuk tombol Home
  3. Atur aplikasi tersebut sebagai launcher default
  4. Masuk ke app drawer (halaman yang menampilkan daftar aplikasi)
  5. Buka menu menyembunyikan aplikasi (tekan ikon dari aplikasi yang ingin disembunyikan jika memakai Nova Launcher)
  6. Sembunyikan aplikasi sesuai petunjuk yang muncul

Setiap layanan dari pihak ketiga tentu memiliki nama dan penempatan fitur menyembunyikan aplikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas saat ingin menggunakannya atau mencari tutorial secara lebih rinci lebih dulu di internet.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

1 Komentar