Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Root

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Header

Gadgetren –  Meskipun Vivo telah tersingkir dari persaingan 5 besar di dunia, namun vendor asal Tiongkok ini berhasil menduduki peringkat keempat di Indonesia pada tahun 2017 silam.

Vivo sendiri merupakan saudara dari OPPO dan OnePlus dalam satu payung BBK Electronics. Perusahaan ini sendiri terkenal dengan smartphone yang berjuluk Selfie Expert dengan memanjakan penggunanya berkat kehadiran kamera selfie beresolusi besar.

 

Vivo sendiri membuat tampilan antarmuka FunTouch OS seperti mirip dengan iOS milik Apple, mulai dari ikon, tampilan, hingga fitur yang dimiliki. Bayangkan saja untuk menu notifikasi terpisah dengan menu settings.

Biasanya apabila penggunanya melakukan swipe dari atas ke bawah maka secara otomatis akan tampil menu notifikasi berbarengan dengan menu settings. Namun pada FunTouch OS, untuk menampilkan menu settings, penggunanya harus melakukan swipe dari bagian bawah ke atas.

Sementara itu, Vivo juga telah dibekali dengan salah satu fitur menarik yang dapat menyembunyikan aplikasi. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Root

  1. Pertama, Gadgeter dapat menyalakan smartphone Vivo terlebih dahulu.
  2. Nantinya pada homescreen, Gadgeter dapat melakukan tap menu bezel atau tepi paling kiri.
  3. Selanjutnya akan muncul sebuah menu dari bawah ke atas dan Gadgeter dapat memilih menu Hide icon.
  4. Setelah memilih menu tersebut maka Gadgeter dapat memasukkan PIN atau patern yang biasa digunakan untuk mengunci smartphone.
  5. Kemudian, Gadgeter dapat melakukan tap atau pilih pada aplikasi yang akan disembunyikan.
  6. Nantinya Gadgeter akan melihat aplikasi yang dipilih masuk ke menu Hide icon.
  7. Setelah aplikasi yang akan disembunyikan telah dipilih maka tekan Encryption Settings.
  8. Pada halaman Encryption Settings ini, Gadgeter akan disuruh untuk memasukkan PIN untuk membuka aplikasi yang tersembunyai tersebut.
  9. Terakhir, secara otomatis akan hilang dari smartphone Vivo dan menjadi tersembunyi.

Aplikasi Tersembunyi Vivo

Bisa dibilang cara yang dilakukan di atas ini sudah tersedia secara bawaan pada FunTouch OS milik Vivo. Sebagai catatan, untuk melihat aplikasi yang disembunyikan ini Gadgeter cukup menekan atau tap bezel paling kiri dan menunggu hingga muncul menu Hide Icon. Selanjutnya, Gadgeter hanya tinggal memasukkan PIN yang telah ditentukan tadi untuk melihat aplikasi yang disembunyikan.

Sistem operasi modifikasi bernama FunTouch OS yang dimiliki oleh Vivo berbasiskan sistem operasi Android. FunTouch OS sendiri memiliki fitur dan tampilan antarmuka yang berbeda dibandingkan dengan sistem operasi Android murni.

Tinggalkan Komentar