ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S9 FE, Patut Dilirik?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S9 FE Header

Gadgetren – Samsung Galaxy Tab S9 FE yang hadir di Indonesia memiliki dua versi, yakni WiFi Only seharga Rp6.499.000 dan 5G seharga Rp7.499.000.

Dengan hadirnya versi 5G, tentunya memudahkan pengguna untuk menyematkan kartu SIM agar dapat menikmati jaringan seluler hingga 5G dari operator di Indonesia saat menggunakan Galaxy Tab S9 FE.

Perangkat ini memiliki bodi kokoh dengan penggunaan bahan aluminium pada bagian belakang dan frame. Apalagi terdapat beberapa pilihan warna menarik pada tablet ini yang terdiri dari Graphite, Lavender, dan Mint.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S9 FE

1. Layar yang Nyaman di Mata

Samsung Galaxy Tab S9 FE Layar

Samsung Galaxy Tab S9 FE hadir dengan layar IPS LCD 10,9 inci dengan resolusi 2304 x 1440 piksel yang mampu menampilkan konten dengan jelas dan jernih sehingga membuat mata pengguna nyaman.

Adapun refresh rate 90Hz membuat layarnya dapat menampilkan gerakan animasi transisi yang halus. Sertifikasi Widevine L1 memungkinkan pemutaran video berkualitas Full HD pada aplikasi streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, VIU, Disney+ Hotstar, dan YouTube.

Hadirnya fitur Vision Booster membuat konten di dalam layar masih dapat dilihat pengguna dengan jelas walaupun berada di bawah terik matahari sekalipun. Untuk bezelnya pun cukup kecil sehingga pengguna dapat melihat game, film, maupun gambar dengan leluasa.

2. Performa Lancar

Samsung Galaxy Tab S9 FE Performance

Dapur pacu dari Galaxy Tab S9 FE dipercayakan pada chipset Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,4 GHz yang diklaim Samsung mampu menjalankan beragam aplikasi maupun game dengan lancar.

Adapun RAM dengan pilihan 6 GB atau 8 GB dipercaya untuk menangani aktivitas multitasking yang berjalan di tablet ini. Sementara penyimpanan internalnya bakal terasa lega dengan pilihan 128 GB atau 256 GB sehingga dapat menyimpan banyak data sekaligus.

3. Baterai Besar dan 45W Fast Charging

Samsung Galaxy Tab S9 FE Baterai

Dilengkapi dengan baterai 8.000mAh, Samsung Galaxy Tab S9 FE diklaim mampu bertahan 16 jam untuk akses internet, 18 jam untuk menjalankan video, atau 113 jam untuk memutar lagu.

Terdapat juga fitur 45W Fast Charging yang memungkinkan pengisian daya baterai dari Samsung Galaxy Tab S9 FE berjalan cepat mengingat kapasitas baterainya yang sangat besar.

4. Kamera Selfie Sudut Lebar

Samsung Galaxy Tab S9 FE Layar Silau

Samsung Galaxy Tab S9 FE mempunyai kamera depan 8 MP yang berjenis ultrawide sehingga memudahkan untuk selfie dengan latar belakang pemandangan di dalamnya atau wefie dengan banyak orang sekaligus.

Bahkan berkat kamera depannya ini membuat proses video conference berjalan menjadi menarik karena dapat menampilkan wajah penggunanya dengan area yang luas sehingga mudah dilihat oleh peserta lainnya.

5. Fitur Lengkap

Samsung Galaxy Tab S9 FE with keyboard

 

Perangkat yang satu ini memiliki sertifikasi IP68 yang membuktikannya tahan terhadap debu dan air hingga 1,5 meter dengan waktu maksimal mencapai 30 menit. Galaxy Tab S9 FE juga sudah didukung dengan S Pen.

Berkat hadirnya S Pen mempermudah penggunanya dalam menulis, mencoret, menggambar, maupun menyeleksi di layar seperti layaknya di atas kertas. Tentunya S Pen juga dapat digunakan untuk navigasi pada layar dan mempermudah presentasi penggunanya.

Dijual secara terpisah, Samsung Galaxy Tab S9 FE dapat ditambahkan Cover Keyboard sehingga membuatnya dapat penggunanya dapat mengetik dengan nyaman layaknya menggunakan sebuah laptop.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S9 FE

1. Tidak Ada Sensor Fingerprint

Samsung Galaxy Tab S9 FE View

Samsung Galaxy Tab S9 FE tidak dibekali dengan sensor fingerprint sehingga pengguna tetap harus memasukkan password, PIN, atau Pattern ketika ingin membuka kunci dari layarnya.

Namun sebenarnya terdapat alternatif lain untuk membuka kunci layar dengan menggunakan fitur Face Unlock yang memungkinkan wajah penggunanya dapat membuka kunci layar dengan cepat.

2. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Samsung Galaxy Tab S9 FE Layarz

Samsung Galaxy Tab S9 FE hanya dilengkapi dengan satu kamera belakang saja yang mempunyai resolusi 8 MP. Sepertinya memang kamera masih bukan jadi salah satu fokus utama Samsung untuk menjadikannya sebagai salah satu fitur keunggulan di Galaxy Tab S9 FE.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S9 FE pun belum dibekali dengan kamera ultrawide sehingga penggunanya harus menggunakan mode Panorama dengan menggeser kamera utama dari kiri ke kanan atau sebaliknya ketika ingin menghasilkan foto dengan area luas.

3. Absennya Port Jack Audio 3,5mm

Samsung Galaxy Tab S9 FE - Front

Tablet yang satu ini tidak dibekali dengan port jack audio 3,5mm sehingga membutuhkan dongle audio 3,5mm ke USB Type-C agar bisa menghubungkan antara earphone atau headphone standar kabel Samsung Galaxy Tab S9 FE.

Sebagai alternatifnya, pengguna dapat menggunakan earphone atau headphone Bluetooth agar dapat terkoneksi secara mudah dengan tablet. Selain itu juga bisa mencari earphone dengan koneksi USB Type-C agar dapat langsung tersambung dengan Samsung Galaxy Tab S9 FE.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar