ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 4 HP Khusus Gaming Terbaik 2023 Biar Main Semakin Menyenangkan

HP Khusus Gaming Terbaik - Header

Gadgetren – Bermain game memang dapat dilakukan dengan ponsel kelas entri sekalipun. Hanya saja jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik, kita memang memerlukan perangkat khusus.

Bermain game seluler soalnya tak hanya membutuhkan perangkat dengan kinerja tinggi saja. Agar dapat menikmati permainan, kita juga memerlukan berbagai macam pendukung di mana termasuk sistem termal yang baik, kontrol tambahan, hingga baterai berkapasitas besar.

Tanpa beberapa hal tersebut, pengalaman bermain game akan terasa kurang. Kinerja perangkat misalnya bisa melemah dalam waktu singkat apabila belum mendukung sistem termal yang baik. Pengguna pun harus sering-sering mengisi daya jika baterai ponsel berkapasitas kecil.

Terlepas dari fakta bahwa kebanyakan game seluler masih mengandalkan pengoperasian layar sentuh, kontrol tambahan seperti tombol L atau R pun dapat membantu para pengguna. Belum lagi jika hadir bersama aksesori khusus untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Untungnya seiring perkembangan industri game seluler, ada sejumlah manufaktur yang berusaha untuk mengembangkan ponsel khusus untuk kebutuhan tersebut. Kita pun dapat mempertimbangkan salah satunya jika mau bermain dengan serius.

1. ASUS ROG Phone 6

HP Khusus Gaming Terbaik - ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6 termasuk salah satunya. Perangkat yang sebenarnya sudah meluncur sejak Tahun 2022 ini masih menawarkan pengalaman yang baik untuk bermain game. Banderol harganya apalagi kini pun sudah turun sehingga tersedia mulai dari kisaran Rp7.999.000 di Tokopedia.

Selain menawarkan kinerja mumpuni berkat chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, ROG Phone 6 secara khusus menawarkan baterai yang tahan lama. Ponsel khusus gaming ini bahkan bisa mempunyai screen on time hingga 10 jam 42 menit saat kami coba.

Untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik, ROG Phone 6 pun sudah menggunakan layar yang memesona. Perangkat ini tercatat membawa panel AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ (2448 x 1080 piksel).

Ditambah lagi, layar milik ROG Phone 6 pun mendukung refresh rate yang bisa disetel mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz, hingga 165Hz. Semakin tinggi maka tampilan animasi gambar dari game yang dimainkan akan terlihat menjadi lebih halus.

Menariknya, ponsel yang dirancang khusus untuk gaming ini pun mempunyai dukungan kamera cukup baik. Sensor Sony IMX766 beresolusi hingga 50MP miliknya mampu menghasilkan foto yang berkualitas dalam berbagai macam kondisi.

2. ASUS ROG Phone 7

HP Khusus Gaming Terbaik - ASUS ROG Phone 7

Hadir sebagai penyempurnaan dari ROG Phone 6, perangkat ASUS ROG Phone 7 pun bisa menjadi alternatif saat kita mencari ponsel khusus gaming terbaik di tahun 2023. Ada beberapa peningkatan yang ditawarkan meskipun hanya dibanderol mulai dari Rp10.999.000 di Tokopedia.

Termasuk di antaranya pemakaian chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang dikombinasikan bersama RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0. ROG Phone 7 makanya dapat menghadirkan kinerja tinggi sehingga mampu menangani berbagai macam game berat.

Di sisi lain, fitur penunjang keperluan bermain game dari ROG Phone 7 juga semakin baik. Perangkat ini kini misalnya mengusung sistem termal GameCool 7 yang diklaim lebih efisien dalam menjaga peningkatan suhu maupun AirTrigger yang menunjang hingga sembilan opsi gesture pengontrol.

ROG Phone 7 juga mempunyai mode khusus untuk meningkatkan kemampuan perangkat dalam bermain game yang disebut dengan X-Mode. Terdapat juga fitur Game Genie yang dapat dipakai untuk mengakses sejumlah fungsi seperti mengatur refresh rate, merekam layar, atau menggunakan tombol makro.

Berbekal baterai 6.000mAh seperti pendahulunya, ROG Phone 7 pun mempunyai ketahanan pemakaian daya yang sangat baik. Perangkat ini bahkan mampu menembus screen on time hingga 12 jam 39 menit saat digunakan dari penuh sampai kapasitas 13 persen.

3. ZTE REDMAGIC 8S Pro

HP Khusus Gaming Terbaik - REDMAGIC 8S Pro

Setelah berusaha kembali ke pasar Indonesia pada Tahun 2022 silam, ZTE semakin serius dengan menghadirkan ponsel khusus gaming kelas flagship yang diberi nama ZTE REDMAGIC 8S Pro. Perangkat ini tersedia dengan harga mulai dari Rp11.999.000 di Tokopedia.

Mirip seperti ROG Phone 7, REDMAGIC 8S Pro juga menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 tetapi khusus Leading Version yang menawarkan clock speed lebih tinggi ketimbang biasa. Ponsel gaming ini pun sudah memanfaatkan kombinasi RAM LPDDR5X dan UFS 4.0 untuk menangani penyimpanan data.

Kinerja REDMAGIC 8S Pro makanya tak boleh dipandang sebelah mata. Sebagai ponsel khusus gaming, perangkat ini apalagi dilengkapi dengan sistem termal ICE 12.0 yang terdiri dari ruang uap berukuran besar, plat graphene, dan kipas berkecepatan tinggi untuk membuang panas.

REDMAGIC 8S Pro juga mempunyai fitur gaming yang banyak. Termasuk di antaranya kita dapat menjumpai shoulder trigger sebagai opsi pengontrol tambahan, Game Space untuk mengelola game maupun setelan untuk bermain, maupun RAM virtual untuk mengekspansi memori.

Yang tak kalah menarik, REDMAGIC 8S Pro mempunyai layar AMOLED 6,8 inci beresolusi 2480 x 1116 piksel yang benar-benar luas. ZTE soalnya sudah memakai bezel yang sangat tipis dan teknologi Under-Display Camera yang tidak akan terlihat saat dinonaktifkan.

4. ASUS ROG Phone 7 Ultimate

HP Khusus Gaming Terbaik - ROG Phone 7 Ultimate

Versi Ultimate dari lini ASUS ROG Phone 7 juga dapat dipertimbangkan apabila kita ingin meningkatkan pengalaman bermain game. Hanya saja harganya memang jauh lebih mahal di mana tersedia di kisaran Rp18.999.000 di Tokopedia.

Spesifikasi yang diusung oleh ROG Phone 7 Ultimate kurang lebih hampir sama dengan versi reguler. Ponsel ini misalnya masih mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2, RAM LPDDR5X, penyimpanan UFS 4.0, maupun baterai 6.000mAh yang disokong teknologi pengisian HyperCharge 65W.

Hanya saja sebagai keunggulannya, ponsel ini mempunyai fitur yang disebut dengan AeroActive Portal. Dukungan berbentuk sebuah lubang kecil yang akan terbuka otomatis ketika kita memasang aksesori AeroActive Cooler tersebut memungkinkan udara mengalir langsung ke pendingin Rapid-Cycle vapor chamber.

Selain itu, ROG Phone 7 Ultimate juga membawa sebuah panel OLED bernama ROG Vision di bodi belakangnya alih-alih hanya lampu LED. Fungsinya untuk menampilkan berbagai macam animasi gambar sesuai kondisi perangkat seperti mengisi daya, X-Mode aktif, atau panggilan masuk.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar