ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Memulai Siaran Langsung Instagram Lewat Fitur Live

Cara Melihat Postingan yang Disukai di Instagram - Header

Gadgetren – Fitur Siaran Langsung atau Live Instagram hadir sejak tahun 2020 di bulan April silam. Dengan adanya fitur Siaran Langsung, pengguna bisa melakukan komunikasi lewat video untuk bisa terhubung dengan mudah kepada pengikut atau komunitasnya.

Saat melakukan Siaran Langsung kamu akan dapat menerima komentar dan pertanyaan dari penonton sehingga dapat membangun hubungan yang kuat dengan para penonton.

Agar Siaran Langsung Instagram perdana kamu sukses, maka kamu harus memperhatikan beberapa hal mulai dari memastikan koneksi internet kuat dan setidaknya berdurasi sampai satu jam agar orang baru ikut bergabung.

Semakin lama kamu menyiarkan langsung, maka semakin banyak waktu orang untuk bergabung. Nantinya pengikut akan mendapatkan notifikasi saat sedang melakukan siaran langsung dan akan muncul di depan bilah cerita.

Sebelum kamu melakukan Siaran Langsung, kamu juga perlu menguji dan mempelajari fitur dan pengaturan Siaran Langsung Instagram. Scheduled Live misalnya bisa untuk mengatur jadwal Siaran Langsung dan Audience untuk memilih mode Public atau Practice.

Di mode Practice, kamu berkesempatan untuk berlatih dulu sebelum siaran secara publik. Siaran Langsung mode Practice hanya dilakukan sendiri dan tidak ada pengikut yang akan menonton atau diberikan notifikasi.

Sebelum Siaran Langsung, kamu juga bisa memberi tahu pengikut dengan menggunakan stiker hitung mundur di Stories atau post di Beranda Instagram. Untuk memulai video siaran langsung, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memulai Siaran Langsung Instagram

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu.
  • Ketuk ikon + atau plus di bawah layar atau usap kanan dari mana pun di Beranda untuk membuka kamera Stories. Instagram-Live
  • Gulir fitur yang ada di bawah layar ke kanan sampai ketemu fitur Siaran Langsung untuk memulai.Instagram-Live-1.
  • Sebelum menyiarkan langsung, ketuk ikon orang di sisi kiri untuk membuka kontrol guna memilih orang yang ingin kamu perbolehkan untuk melihat Siaran Langsung Instagram meliputi Publik atau Practice. Instagram-Live-4
  • Saat kamu sudah siap, lalu ketuk tombol Siaran Langsung di bawah layar dengan ikon bulat. Instagram-Live-2

Saat Siaran Langsung, kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk menyapa penonton ketika sudah banyak orang bergabung. Kamu bisa menanggapi penonton yang memberi komentar dan menjawab pertanyaan dari sticker yang dikirim penonton.

Untuk memastikan kamu tidak akan melihat kata-kata tidak sesuai di dalam komentar, kamu dapat menyembunyikan dan menyaring komentar mengganggu yang mengandung kata-kata tertentu lewat Sembunyikan Komentar Mengganggu dari Nonaktif ke Aktif di pengaturan.

Untuk menyaring komentar berisi kata-kata atau frasa tertentu, ketuk Filter Manual dari Nonaktif ke Aktif dan ketik kata yang ingin kamu saring. Setelah selesai, ketuk End di layar  pojok kanan atas.

Siaran Langsung akan tetap berada di Instagram Stories selama 24 jam. Setelah itu kamu bisa menyimpan video. Sebagai tips lainnya untuk memulai Siaran Langsung, kamu bisa melakukannya dengan partner bisnis, kreator, atau penggemar untuk berkolaborasi.

Selain itu kamu bisa coba Siaran Langsung dengan fitur Tanya Jawab Ajukan pertanyaan selama streaming atau gunakan sticker Pertanyaan di Stories untuk mengumpulkan pertanyaan sebelum acara dimulai.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar