Tips dan Trik

Inilah Tips Memilih STB Untuk Siaran TV Digital di Indonesia

Tips Memilih STB Untuk Siaran TV Digital

Gadgetren – Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengumukan bahwa siaran TV Analog pada tahun 2022 akan mulai dihentikan dan digantikan dengan siaran TV Digital.

TV Digital memungkinkan konten siaran dinikmati lebih tajam, jernih, suara jelas, dan canggih dibandingkan dengan siaran TV Analog.

Bisa dibilang konten siaran TV Digital akan berkualitas HD (High Definition) sehingga memanjakan mata pengguna seperti menyaksikan video atau film dari layanan video streaming atau video on demand.

Namun apabila kamu masih menggunakan TV Analog, maka memerlukan STB (Set Top Box) untuk bisa menerima siaran TV Digital. Pemerintah Indonesia pun akan membagikan 6,7 juta STB gratis bagi warga yang tidak mampu untuk bisa menunjang siaran TV Digital tanpa perlu mengganti TV Analog yang sudah ada.

Namun jika kamu tidak mendapatkan STB secara gratis dari pemerintah, maka dapat membelinya pada toko elektronik terdekat atau e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, JD.id, dan lainnya.

Sebelum membeli STB, kamu perlu memerhatikan beberapa faktor dan fitur yang tepat sehingga perangkat dapat langsung digunakan di rumah untuk menangkap siaran TV Digital.

Tips Memilih STB Untuk Siaran Digital di Indonesia

Pilih STB Bersertifikat Kominfo

Beberapa STB (Set Top Box) yang telah mendapatkan sertifikat Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia untuk siaran TV Digital salah satunya dari Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD), Polytron (PDV 600T2), Ichiko (8000HD), Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210), Venus (Brio), Tanaka (T2), Matrix (Apple), dan Evercoss (STB1).

STB yang memiliki sertifikat tentunya sudah terjamin dapat menangkap siaran TV Digital di Indonesia secara optimal sehingga konten dapat ditampilkan dengan bagus di Televisi. Untuk mengetahui model apa saja yang sudah mendapatkan sertifikasi, maka kamu bisa mengunjungi langsung halaman resmi Kominfo.

Pilih STB Rekomendasi Kominfo

Apabila kamu sulit untuk menemukan STB yang mendapatkan sertifikat, maka Kominfo menyarankan agar dapat membeli STB yang bertuliskan DVB-T2 atau Siap Digital yang diklaim sudah mampu menangkap banyak channel dari siaran TV Digital.

Perhatikan Fitur dan Dukungan

Sebaiknya cari juga STB yang benar-benar kompatibel dengan TV Analog yang kamu punya agar dapat dengan mudah menerima siaran TV Digital. Salah satunya dukungan input gambar apakah masih pakai kabel RCA atau sudah HDMI.

Selain itu, STB yang kamu beli sebaiknya yang mudah untuk disetel dan dioperasikan layaknya menonton siaran TV seperti biasanya agar tidak mengganggu pengalaman menikmati siaran.

Sesuaikan STB dengan Dana

Meskipun STB dapat mempermudah TV Analog menerima sinyal digital, namun kamu juga harus membeli perangkat yang sesuai dengan dana yang dimiliki. Untungnya beberapa STB yang bersertifikat Kominfo dijual dengan harga terjangkau dengan fitur secukupnya.

Itulah beberapa tips agar memudahkan kamu memilih STB (Set Top Box) untuk menerima siaran TV Digital yang sebentar lagi akan menggantikan siaran TV Analog di Indonesia.

Perlu dicatat bahwa penghentian siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) akan diselenggarakan secara bertahap pada beberapa wilayah di Indonesia dengan jadwal tahap pertama pada tanggal 30 April 2022, tahap kedua pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada tanggal 2 November 2022.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar