ASUS TUF Gaming FX507
Tablet

Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2 – Tablet Dengan Ekosistem yang Menarik

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2 - Header

Gadgetren – Setelah OPPO Pad Air, Perusahaan OPPO Indonesia beberapa waktu lalu kembali meramaikan pasar tablet dengan memperkenalkan sebuah perangkat baru yang diberi nama OPPO Pad 2.

Dirancang untuk menyasar kelas premium, perangkat tersebut kini sudah tersedia di pasaran dengan harga Rp9.999.000 dengan paket penjualan yang menyertakan smart cover dan stylus pencil sebagai bonus aksesori tambahan.

Perangkat tersebut pun dapat menjadi salah satu alternatif baru saat kita sedang mencari tablet berlayar luas. Hanya saja, kita tetap perlu mempertimbangkan kelebihan maupun kekurangan OPPO Pad 2 sebelum meminangnya supaya nanti tidak menyesal.

Kelebihan OPPO Pad 2

1. Layar ReadFit yang Siap Multimedia

OPPO Pad 2 meluncur dengan mengandalkan sektor layar sebagai keunggulan. Selain besar karena sudah membentang hingga seluas 11,61 inci, panel milik tablet tersebut soalnya mempunyai aspek rasio 7:5 yang menawarkan dimensi mirip buku sehingga ideal untuk membaca.

Belum lagi, layar milik OPPO Pad 2 juga sudah memperoleh sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk standar cahaya biru rendah. Jadi mata bisa tetap nyaman dan lebih terlindungi saat memakai perangkat untuk membaca dengan durasi waktu yang lama.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2 - 1

Disebut dengan ReadFit, layar yang dipakai oleh OPPO Pad 2 juga mempunyai spesifikasi lumayan menarik. Panel yang digunakan oleh perangkat tersebut di antaranya sudah mendukung resolusi 2800 x 2000 piksel dengan refresh rate hingga 144Hz sehingga bakal terlihat tajam dan mampu menghadirkan gerakan animasi yang halus.

Layar OPPO Pad 2 makanya tak hanya nyaman buat membaca, melainkan juga untuk menikmati berbagai macam konten hiburan. Perangkat tersebut di sisi lain apalagi juga didukung dengan teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos yang mampu meningkatkan kualitas tayangan.

2. Kinerja Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Guna menemani kita dalam beraktivitas, OPPO Pad 2 pun dipersenjatai dengan MediaTek Dimensity 9000 (4nm) yang mampu berjalan hingga 3,05GHz. Chipset ini tentu mempunyai kemampuan pemrosesan data yang tak kalah bertenaga dari flagship lainnya.

Tablet OPPO Pad 2 apalagi sudah memadukan kemampuan Dimensity 9000 bersama RAM bertipe LPDDR5 dengan kapasitas hingga 8GB. Selain itu, perangkat tersebut pun sudah memakai media internal UFS 3.1 sebesar 256GB untuk menangani penyimpanan data-datanya.

Dengan kombinasi mesin utama pengolahan data seperti itu, OPPO Pad 2 tentu mampu menangani berbagai macam tugas mulai dari ringan hingga berat sekalipun. Proses multitasking hingga membuka aplikasi dalam mode split screen pun bisa berjalan dengan lancar.

3. Punya Dukungan Aksesori Lengkap

Seperti apa yang sudah dijelaskan di bagian atas, paket penjualan OPPO Pad 2 secara khusus sudah mengemas stylus pencil sebagai bonus tambahan. Aksesori yang diberi nama OPPO Pencil ini memungkinkan kita corat-coret atau menggambar dengan lebih baik.

Berdasarkan keterangan dari pihak OPPO, perangkat stylus pencil mereka mempunyai latensi serendah 2ms dengan 4096 tingkat sensitivitas tekanan. Corat-coret atau menggambar dengan OPPO Pad 2 pun bisa dilakukan dengan lebih akurat.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Pad 2 - 2

Selain OPPO Pencil, OPPO Pad 2 juga diperkenalkan bersama aksesori tambahan berupa keyboard magnetik bernama OPPO Pad 2 Smart Touchpad. Perangkat tambahan ini tentunya dapat memudahkan kita dalam mengoperasikan tablet terutama untuk mengetik.

Hanya saja sayangnya, OPPO Pad 2 Smart Touchpad dijual sebagai aksesori terpisah. Kita secara khusus dapat memperolehnya dengan harga senilai Rp1.000.000 jika melakukan pembelian secara bundling bersama perangkat OPPO Pad 2.

4. Ditunjang Ekosistem Perangkat Lunak yang Produktif

Berjalan dengan sistem operasi Android yang dibalut dengan antarmuka ColorOS 13.1, perangkat OPPO Pad 2 juga mempunyai ekosistem peranti lunak dengan fitur-fitur yang dapat meningkatkan produktivitas pemakainya.

ColorOS 13.1 di OPPO Pad 2 misalnya mempunyai gesture khusus yang memungkinkan pengguna mengoperasikan perangkat secara lebih efisien. Termasuk di antaranya untuk mengakses fitur Split Screen, mengambil tangkapan layar, maupun mengaktifkan jendela mengambang.

Fungsi gesture dari ColorOS 13.1 pada OPPO Pad 2 menariknya tak hanya berlaku untuk pengoperasian di layar perangkat saja. Kita pun bisa menggunakan beberapa gerakan khusus di papan sentuh saat kita memasang OPPO Pad 2 Smart Touchpad.

Lewat ekosistem perangkat milik OPPO, tablet flagship tersebut juga membawa kemudahan bagi para pengguna yang memakai ponsel-ponsel buatan OPPO dengan sistem ColorOS 13.1 atau lebih baru. Kita secara khusus bisa dengan mudah untuk menghubungkan keduanya.

Kita dalam hal ini bisa menyambungkan perangkat hanya dengan menggunakan akun yang sama lalu mendekatkan keduanya. Setelah itu, kita pun dapat menggunakan fungsi seperti berbagi koneksi internet, sinkronisasi konten, hingga mirroring.

5. Baterai Besar Dengan Pengisian Super Cepat

Ditunjang oleh mesin bertenaga dan berbagai macam fungsi yang bisa membantu para pengguna, OPPO Pad 2 pun dilengkapi dengan baterai yang besar. Perangkat tersebut sudah membawa kapasitas daya sampai sebesar 9.510mAH.

Beraktivitas dengan menggunakan OPPO Pad 2 makanya bisa dilakukan secara lebih tenang karena perangkat tidak akan cepat kehabisan daya. OPPO sendiri mengklaim bahwa baterainya bahkan mampu bertahan hingga 12,4 jam untuk menonton video secara berturut-turut.

Jika terpaksa untuk mengisi daya karena baterai perangkat habis, OPPO Pad 2 juga sudah ditunjang dengan teknologi 67W SuperVOOC. Kita pun tidak perlu menunggu lama agar perangkat bisa digunakan kembali. Bahkan hanya dengan proses pengisian selama 10 menit, kita sudah bisa memakai tablet hingga selama 3 jam.

Kekurangan OPPO Pad 2

1. Tidak Mendukung Kartu Seluler

Meskipun ditunjang dengan chipset Dimensity 9000 yang umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi jaringan 5G, OPPO Pad 2 sayangnya meluncur dalam model dengan dukungan WiFi saja. Belum ada varian yang dilengkapi koneksi seluler.

Untuk keperluan mengakses internet, kita pun harus mengandalkan sambungan WiFi publik atau memanfaatkan hotspot dari perangkat lain. Walaupun kita dalam hal ini sebenarnya bisa mendapatkan manfaat koneksi 5G apabila punya ponsel OPPO yang menunjangnya.

2. Jack Audio Ikut Absen

Hadir dengan dukungan multimedia yang sangat baik, perangkat tablet dari OPPO tersebut sayangnya juga meluncur tanpa membawa soket untuk jack audio. Jadi kita harus mengeluarkan tambahan biaya untuk membeli konektor atau peranti suara nirkabel.

3. Slot Kartu Media Eksternal Tidak Tersedia

Absennya slot kartu media penyimpanan eksternal dari OPPO Pad 2 juga harus dipertimbangkan dengan baik sebelum membeli perangkat tersebut. Terutama bagi kita yang mempunyai berbagai macam data mulai dari foto, video, audio, hingga dokumen dengan jumlah yang sangat besar.

Kapasitas media penyimpanan internal yang dimiliki OPPO Pad 2 sebenarnya sudah sangat cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Hanya saja jika terasa masih kurang, kita harus mencari solusi lain seperti memanfaat layanan awan atau sering-sering memindahkan dan menghapus data.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar