ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Simple Mode di OPPO Reno10 5G

OPPO-Reno10-5G-DiagonalDisplay

Gadgetren – Secara bawaan ColorOS 13.1 berbasiskan Android 13 yang hadir pada OPPO Reno10 5G memiliki tampilan antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan navigasi di layar.

Meskipun begitu ada kalanya pengguna yang sudah lanjut usia (lansia) merasa kesulitan untuk mengakses pengaturan dan beberapa aplikasi pada layar Reno10 5G karena adanya penurunan kemampuan penglihatan pada matanya seiring bertambahnya usia.

Untuk mengatasi hal tersebut, OPPO sendiri sudah menyediakan Simple Mode yang nantinya membuat tampilan antarmuka ColorOS 13.1 menjadi lebih sederhana lagi dengan ikon dan tulisan yang besar sehingga akan sangat mudah dilihat oleh pengguna yang lansia.

Apabila tampilan antarmuka Home Screen standar dari ColorOS 13.1 menampilkan 6 baris dan 4 kolom ikon aplikasi, maka berbeda dengan Simple Mode yang menampilkan 3 baris dan 3 kolom ikon aplikasi karena ukurannya yang besar.

Nantinya 9 aplikasi utama yang akan langsung ditampilkan pada halaman Home Screen ketika Simple Mode aktif terdiri dari Calendar, Weather, Clock, Settings, Photos, Calculator, Chrome, Play Store, dan Phone Manager.

Sementara aplikasi lainnya akan ditampilkan pada halaman kedua Home Screen dimana semua aplikasinya akan dikelompokkan seperti Google, Tools, Featured, Hot Apps, Hot Games, dan Other Apps.

Cara Mengaktifkan Simple Mode di OPPO Reno10 5G

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Home screen & Lock screen.
    OPPO Reno10 5G - Settings
  • Scroll dan pilih opsi Simple mode.
    OPPO Reno10 5G - Simple Mode
  • Tekan tombol Enter Simple mode.
    OPPO Reno10 5G - Enter Simple Mode
  • Tampilan antarmuka akan beralih Simple Mode

Pada saat berada di Simple Mode, ikon dan tulisan pada Settings dan beberapa aplikasi akan terlihat sangat besar sehingga dapat mempermudah pengguna lanjut usia untuk memilih dan mengaksesnya.

Bahkan pada aplikasi Settings, kamu akan melihat bahwa semua menu dibuat menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan tampilan ColorOS 13.1 versi standar. Tentunya hal ini agar memudahkan pengguna lansia dalam melakukan pengaturan pada Reno10 5G.

OPPO Reno10 5G Simple Mode

Tidak hanya itu saja, suara pun akan menjadi lebih keras pada saat Simple Mode aktif sehingga memudahkan penggunanya untuk mendengarkan panggilan telepon, notifikasi, dan lainnya.

Apabila pengguna ingin keluar dari Simple Mode, maka dapat menekan tombol Exit Simple mode yang terdapat di aplikasi Settings. Selanjutnya pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Exit sehingga membuat tampilan akan kembali beralih ke ColorOS 13.1 versi standar.

Dalam hal ini, terlihat bahwa OPPO juga sangat mementingkan kenyamanan pengguna lanjut usia agar dapat mengakses berbagai fitur maupun aplikasi dengan mudah melalui fitur Simple Mode.

Apabila kamu tertarik untuk membelikan orang tuamu OPPO Reno10 5G, maka sudah dapat memesannya dengan harga Rp5.999.000 di situs resmi OPPO Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar