Fitur Simple Mode Mudahkan Navigasi Orang Tua dan Lansia di OPPO Reno8

OPPO Reno8 - Simple Mode - Feature

Sebagai sistem operasi modifikasi Android 12 dari OPPO, ColorOS 12.1 telah menghadirkan tampilan antarmuka bawaan yang sederhana dan mudah digunakan oleh pengguna OPPO Reno8.

Meskipun tampilan ColorOS 12.1 mudah dinavigasikan, namun OPPO juga turut menghadirkan Simple Mode di dalamnya untuk memudahkan orang tua yang lanjut usia dalam mengakses menu, fitur, dan aplikasi yang hadir di OPPO Reno8.

Pada saat Simple Mode diaktifkan, maka tampilan antarmuka OPPO Reno8 akan mempunyai teks serta ikon yang besar, suara ringtone yang lantang, dan daftar menu pada aplikasi Settings menjadi lebih sederhana.

OPPO Reno8 - Simple Mode - Other Apps Handson

Berkat ukuran dan jaraknya yang membesar membuat ikon aplikasi yang hadir pada halaman Home Screen akan terisi maksimal dengan susunan 3 x 4. Sedangkan ikon aplikasi yang disematkan atau pin pada bagian bawah layar hanya dapat diisi oleh 3 aplikasi saja.

Secara bawaan, Simple Mode ini akan langsung menampilkan 9 aplikasi utama pada halaman Home Screen yang terdiri dari Calendar, Weather, Clock, Settings, Photos, Calculator, Chrome, Play Store, dan Phone Manager.

Sementara aplikasi yang sebelumnya telah kamu install di OPPO Reno8, maka semuanya akan langsung dimasukkan ke dalam folder kategori Other Apps. Dengan begitu kamu tidak perlu bingung lagi karena aplikasi yang diinstall tersebut bukan dihilangkan melainkan dipermudah aksesnya dalam satu folder saja sekaligus membuat halaman Home Screen lebih rapi.

Bisa dibilang ikon dan teks aplikasi yang lebih besar di halaman Home Screen ini lebih mempermudah serta memperjelas mata orang tua yang sudah lanjut usia dalam memilih dan membuka aplikasi.

Apabila kamu membuka aplikasi Settings, maka kamu akan melihat tampilan menu yang lebih sederhana dengan ikon dan teks yang lebih besar. Terdapat menu utama yang ditampilkan pada halaman Settings, seperti Mobile network, Wi-Fi, Font Size, Sound & Vibration, Wallpapers, Cleanup, Emergency SOS, All settings, dan Exit Simple mode.

OPPO Reno8 - Simple Mode - Other Apps

Apabila kamu ingin mencari selain menu utama, maka dapat mengakses menu All Settings karena akan ditampilkan semua menu yang biasanya diperlihatkan pada tampilan antarmuka Standard Mode.

Pada saat kamu menyapu atau swipe layar dari bagian atas ke bawah menggunakan satu jari, maka akan muncul bagian Quick Settings dan Notifikasi yang menampilkan beragam ikon dan teks berukuran besar agar mudah dibaca.

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan Simple Mode di OPPO Reno8, kamu dapat mengikut panduannya berikut ini:

Cara Mengaktifkan Fitur Simple Mode di Reno8

  1. Buka aplikasi Setting di OPPO Reno8
  2. Pada halaman Settings, akses menu Home screen & Lock screen
  3. Scroll halaman ke bawah dan pilih menu Simple mode
  4. Pada halaman Simple mode, tekan tombol Enter Simple mode
  5. Selamat, tampilan antarmuka Reno8 akan langsung berubah ke Simple mode
    OPPO Reno8 - Simple Mode

Sementara jika kamu sudah selesai menggunakan Simple Mode dan ingin kembali ke tampilan antarmuka Standard Mode, maka dapat langsung memilih menu Exit Simple mode yang berada di aplikasi Settings.

Setelah menu Exit Simple mode dipilih, maka kamu dapat menekan tombol Exit pada menu pop-up yang muncul. Selanjutnya, tampilan antarmuka pada ColorOS 12.1 di OPPO Reno8 akan dikembalikan ke Standard Mode.

OPPO Reno8 - Simple Mode - Exit

Terlihat bahwa Simple Mode ini sangat berguna dalam memperlancar orang tua yang sudah lanjut usia dalam mengakses beragam aplikasi, fitur, dan pengaturan pada OPPO Reno8. Jika kamu tertarik untuk memiliki OPPO Reno8, kamu sudah dapat membelinya dengan harga Rp4.999.000 di Indonesia melalui channel online maupun offline.

Tinggalkan Komentar