ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Apa Itu Simple Mode dan Cara Mengaktifkannya di OPPO Reno8 T 5G

Reno8 T 5G - Simple Mode Feature

Gadgetren – ColorOS 13 berbasiskan Android 13 yang hadir pada Reno8 T 5G mempunyai tampilan antarmuka atau User Interface (UI) yang sederhana agar memudahkan penggunanya dalam melakukan navigasi, memilih menu, maupun menjalankan aplikasi.

Namun untuk lebih mempermudah lagi pengguna yang berusia lanjut usia atau lansia dan orang tua dalam mengakses beragam fungsi, OPPO juga telah menyematkan Simple Mode pada ColorOS 13 yang terdapat di Reno8 T 5G.

Dibandingkan dengan tampilan standar dari ColorOS 13, Simple Mode ini menghadirkan teks serta ikon yang besar, suara ringtone yang lantang, dan daftar menu pada aplikasi Settings yang menjadi lebih sederhana.

Reno8 T 5G - Simple Mode Other Apps

Dengan dibuat lebih sederhana, tentunya membuat orang tua dan lansia dapat lebih mudah mengakses menu dan fitur penting yang terdapat pada aplikasi Settings. Apalagi tampilan ikon dan teks yang besar sehingga mudah dilihat oleh mata.

Pada aplikasi Settings sendiri akan memperlihatkan 9 menu utama yang terdiri dari Mobile network, Wi-Fi, Font, Sound & Vibration, Wallpapers, Cleanup, Emergency SOS, All Settings, dan Exit Simple mode.

Sementara apabila orang tua atau lansia mengakses menu All Settings di Simple Mode, maka dapat menemukan menu yang lebih banyak lagi layaknya seperti yang terdapat pada tampilan antarmuka bawaan dari ColorOS 13.

Secara bawaan, halaman Home Screen pertama pada Simple Mode akan langsung menampilkan 9 aplikasi utama yang disusun secara matriks 3 x 3, seperti Calendar, Weather, Clock, Settings, Photos, Calculator, Chrome, Play Store, dan Phone Manager.

Biasa dibilang aplikasi-aplikasi tersebut memang secara esensial dibutuhkan oleh pengguna Reno8 T 5G. Sedangkan aplikasi lainnya yang telah orang tua dan lansia install akan dimasukkan ke dalam folder kategori Other Apps ketika membuka halaman Home Screen kedua.

Dengan hadirnya folder Other Apps, ini memudahkan penggunanya dalam mengakses aplikasi secara mudah. Sementara tampilan halaman Home Screen akan menjadi lebih rapi karena tidak berceceran banyak aplikasi di bagian luar.

Cara Mengaktifkan Simple Mode di OPPO Reno8 T 5G

  1. Akses aplikasi Settings di Reno8 T 5G
  2. Tekan menu Special features
    Reno8 T 5G - Aktivasi Simple Mode - 1
  3. Pilih opsi Simple mode
    Reno8 T 5G - Aktivasi Simple Mode - 2
  4. Tekan tombol Enter Simple mode
    Reno8 T 5G - Aktivasi Simple Mode - 3
  5. Selamat, tampilan antarmuka Reno8 T 5G akan berubah ke Simple mode
    Reno8 T 5G - Aktivasi Simple Mode - UI

Sementara apabila pengguna lansia atau orang tua telah selesai memakai Simple Mode dan ingin beralih ke tampilan antarmuka standar ColorOS 13, maka dapat langsung menekan opsi Exit Simple Mode di aplikasi Settings.

Pada menu pop-up persetujuan yang muncul, pengguna dapat menekan tombol Exit. Kemudian, tampilan antarmuka akan berubah sepenuhnya ke Standard Mode yang dimiliki ColorOS 13 di Reno8 T 5G.

Melalui Simple Mode ini, OPPO berusaha untuk menghadirkan kemudahan bagi pengguna orang tua maupun lansia agar dapat mengakses beragam aplikasi, fitur, dan pengaturan yang terdapat pada OPPO Reno8 T 5G.

Sementara apabila kamu tertarik dalam membeli OPPO Reno8 T 5G,maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga Rp5.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp6.499.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar