Tips dan Trik

6 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Tanpa Harus Root Segala

Cara Menghemat Baterai Android Header[ilustrasi oleh Martin Abegglen]

Baterai handphone Android kamu cepat habis? Lagi chatting sama pacar mendadak koneksi putus karena baterai lowbat? Nyebelin kan situasi ini. Nah ada beberapa cara ampuh menghemat baterai Android yang bisa digunakan di semua tipe seperti ASUS, Xiaomi, Huawei, Oppo, atau Samsung.

1. Buang aplikasi Facebook

Iya memang Facebook masih populer saat ini, tapi tahukah kamu kalo aplikasi buatan Facebook itu adalah salah satu penyedot baterai paling besar di handphone kamu?

Ada beberapa percobaan yang membuktikan bahwa dengan membuang aplikasi Facebook maka handphone kamu akan lebih hemat beterainya hingga sebesar 20%.

Ya, lebih hemat 20%. Besar banget bukan? Jadi segera buang aplikasi Facebook dari handphone kamu.

Jika kamu fesbuker, pasti muncul pertanyaan “Terus kalo mau main Facebook gimana dong?”. Gampang, pake peramban web di handphone kamu aja untuk buka Facebook atau menggunakan aplikasi Facebook Lite.

2. Matikan “Vampir” Data

Cara Menghemat Baterai Android

Lihat gambar di atas, myIM3 digunakan kalau saya ingin mengecek pulsa atau beli paket data jadi wajar jika menggunakan internet. Lalu ngapain aplikasi ini menggunakan background data ketika tidak digunakan?

Nah ini yang saya sebut “vampir” data, aplikasi-aplikasi yang tetap menggunakan internet walaupun sedang tidak kita gunakan. Ada banyak lho sebetulnya aplikasi seperti ini.

Buat mematikan background data ini untuk aplikasi di Android kamu, buka Settings > cari menu Data Usage > cari dan sentuh aplikasi yang ingin kamu matikan background data-nya > di bagian bawah informasi aplikasi, centang Restrict background data.

Hati-hati dalam mematikan background data, jika kamu membutuhkan notifikasi dari aplikasi email atau chatting tiap saat maka jangan dimatikan background data-nya.

3. Aktifkan Mode Battery Saver

Cara Menghemat Baterai Android Saver

Sejak Android Lollipop 5.0, Google sebetulnya sudah membenamkan fitur Battery Saver di Android. Kalo kamu mengaktifkan fitur ini, handphone Android kamu akan dikurangi performanya serta sinkronisasi aplikasi dimatikan sehingga penggunaan baterai jadi lebih hemat.

Untuk mengaktifkan mode ini, kamu cukup membuka setelan Battery di penyetelan handphone lalu buka menu di setelan tersebut dan sentuh opsi Battery saver. Kamu disini bisa langsung mengaktifkan mode Battery Saver atau menjadwalkan otomatis pengaktifannya ketika baterai handphone kamu sudah lemah.

Beberapa jenis handphone seperti Samsung Galaxy A5 2017 memiliki fitur penghemat daya baterai yang lebih canggih bahkan bisa membuat handphone kamu sangat diminimalisir performanya untuk menghemat baterai di saat-saat krisis.

4. Matikan Fitur-Fitur Android yang Tidak Bermanfaat

Cara Menghemat Baterai Android Fitur

Fitur-fitur Android itu ada banyak banget lho, nah kemungkinan besar tidak semua fitur kamu perlukan atau hanya kamu perlu aktifkan di situasi tertentu saja.

Nah, dari kebanyakan fitur di Android, fitur-fitur berikut ini cukup berefek ke baterai ketika diaktifkan:

  • Bluetooth (cukup diaktifkan ketika dibutuhkan saja)
  • NFC (cukup diaktifkan ketika dibutuhkan saja)
  • Location (cukup diaktifkan ketika dibutuhkan saja)
  • Google Location History
  • Live Wallpaper

Bluetooth, NFC, dan Location biasanya dapat dengan mudah kamu matikan melalui shortcut di panel notifikasi Android. Kecuali kamu menggunakan wireless earphone atau smartwatch, kamu tidak perlu selalu mengaktifkan bluetooth.

Untuk Google Location History, kamu bisa mematikannya dengan masuk ke penyetelan Location di handphone kamu lalu cari opsi Google Location History di bagian bawah setelan. Kamu tinggal mematikan fitur ini di handphone kamu.

Yang terakhir adalah Live Wallpaper. Iya memang smartphone Android kamu bakal lebih keren kalo pake Live Wallpaper, tapi taukah kamu kebanyakan Live Wallpaper itu bisa lumayan menyedot daya baterai? Gunakan saja wallpaper biasa di handphone kamu.

5. Buang Aplikasi-Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Cara Menghemat Baterai Android Hapus Aplikasi

Semakin lama kamu menggunakan handphone Android kamu, pasti koleksi aplikasi kamu semakin banyak. Semakin banyak koleksi aplikasi kamu, saya yakin pasti ada saja aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

Aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi sebaiknya dibuang saja dari handphone kamu. Kenapa? Alasan pertama untuk meluangkan kapasitas penyimpanan handphone kamu dan alasan kedua adalah ada kemungkinan aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan tetap menyedot baterai handphone kamu.

Gak percaya? Coba saja buka setelan Apps di penyetelan handphone kamu dan lihat di tab Running. Kemungkinan besar kamu akan menemukan aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan tapi masih aktif berjalan di handphone kamu.

Segera hapus aplikasi-aplikasi tersebut agar semakin menghemat baterai handphone kamu.

6. Menggunakan Aplikasi Greenify

Cara Menghemat Baterai Android Tampilan Greenify

Kali ini agak sedikit teknis. Di point kedua sudah saya jelaskan kalo kamu bisa mematikan akses background data aplikasi Android di handphone kamu. Tapi, ada saja aplikasi yang bakal tetep jalan walaupun tidak kamu jalankan atau background data dimatikan.

Nah, solusi untuk ini adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify. Aplikasinya gratis kok dan penggunaannya tidak sulit. Dengan Greenify, kamu bisa secara otomatis mematikan aplikasi yang menurut kamu tidak perlu jalan di belakang.

Contoh ada aplikasi online shop yang bandel selalu aktif sendiri walaupun tidak kamu buka, nah dengan Greenify tiap aplikasi ini otomatis jalan makan akan dikonter oleh Greenify dengan dimatikan secara otomatis juga.

About the author

Firman Nugraha

Dulu programmer profesional, sekarang programmer hobi. Mendadak jadi suka dunia tulis menulis setelah kuliah.
@jfireman

Leave a Comment