ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Wearable

Mulai 6,4 Jutaan, Apple Watch Ultra 2 dan Watch Series 9 Resmi Dijual di Indonesia

Mulai 6,4 Jutaan, Apple Watch Ultra 2 dan Watch Series 9 Resmi Dijual di Indonesia

Gadgetren – Setelah diperkenalkan pada ajang Apple Event bulan September 2023, akhirnya perangkat wearable Apple Watch Ultra 2 dan Apple Watch Series 9 Apple telah resmi masuk Indonesia.

Di Indonesia kedua jam tangan pintar ini telah dipasarkan oleh sejumlah distributor resmi Apple seperti Hello Store dari Blibli, iBox Indonesia, dan Digimap. Adapun untuk Apple Watch Ultra 2 tersedia dalam tiga varian jenis strap mencakup Ocean Band, Alpine Loop, dan Trail Loop.

Apple Watch Ultra 2 masing-masing memiliki tiga varian warna strap. Untuk strap Ocean Band memiliki tiga warna yakni biru, oranye, dan putih. Sedangkan strap Alpine Loop memiliki tiga warna yakni biru, indigo dan olive. Kemudian strap Trail Loop menyediakan warna blue/black, green/gray, dan orange/beige.

Semua varian Apple Watch Ultra 2 dibanderol dengan harga Rp15.999.000. Sementara Apple Watch Series 9 hadir dalam dua ukuran dimensi meliputi 41mm dan 45mm. Apple Watch Series 9 memiliki varian warna silver, midnight, starlight, red, dan pink.

Selain itu Apple Watch Series 9 memiliki dua varian strap yakni Sport Band dan Sport Loop. Soal harga Apple Watch Series 9 dengan ukuran 41mm untuk semua varian dilepas dengan harga Rp6.499.000 sedangkan untuk ukuran 45mm dibanderol dengan harga Rp7.499.000.

Kedua jam tangan pintar ini mendukung sistem operasi watchOS 10 yang pembaruannya telah tersedia. watchOS 10 sendiri  kompatibel dengan seri Watch 4 ke atas dengan perangkat iPhone XS ke atas atau yang menggunakan iOS 17.

Kedua jam tangan pintar ini juga menyediakan fitur-fitur pemantau kesehatan seperti kadar oksigen dalam darah, pengukur detak jantung, kualitas tidur, dan sensor suhu.

Terdapat fitur-fitur kebugaran seperti latihan beragam olahraga yang dilengkapi dengan Apple Fitness+ yang tersedia gratis selama tiga bulan. Selain itu terdapat sensor deteksi jatuh dan tabrakan yang akan terhubung dengan layanan darurat jika terjadi kecelakaan.

Apple-Watch-Ultra-2-

Mengenai keunggulan Apple Watch Ultra 2 mengusung ketangguhan perangkat yang mempunyai durabilitas tinggi. Dengan begitu Apple Watch Ultra 2 cocok untuk pengguna yang gemar berpetualang di alam bebas hingga berolahraga berat seperti di lautan dengan tekanan tinggi.

Untuk berenang dan penyelaman di air lautan bisa mencapai kedalaman 40 meter. Sedangkan untuk di dalam air biasa bisa hingga 100 meter.

Pengguna bisa berlangganan aplikasi penyelaman Oceanic+ yang bisa diunduh di Apple App Store untuk mendapatkan informasi terkait kedalaman terkini, suhu air, lama menyelam, dan kedalaman maksimal yang dicapai. Apple Watch Ultra 2 juga telah melalui proses pengujian ketahanan dari jatuh, suhu ekstrem, benturan, dan lainnya melalui sertifikasi MIL-STD 810H.

Ketahanan baterainya diklaim dapat digunakan hingga 36 dalam kondisi penuh untuk pemakaian normal. Kemudian juga tahan berada di lingkungan debu berkat IP6X. Secara fisik, Apple Watch Ultra 2 menawarkan satu ukuran 49mm dengan casing titanium ringan yang disebut tahan korosi.

Pada sisi kanan samping bodi perangkat Apple Watch Ultra 2 terdapat Digital Crown besar dan tombol tindakan yang dapat disesuaikan untuk kontrol instan terhadap berbagai fungsi yang disediakan.

Layarnya berukuran 1,92 inci yang mempunyai resolusi 502 x 410 piksel serta mendukung tingkat kecerahan 3000 nit, dilindungi lapisan Sapphire crystal glass, dan kecerahan layar yang awet berupa Always on Display.

Apple-Watch-S9-Series

Sementara Apple Watch Series 9 mengusung layar berukuran 1,9 inci berpanel Retina LTPO OLED yang memiliki resolusi 484 x 396 piksel, tingkat kecerahan 2000 nit, dilindungi lapisan Sapphire crystal glass serta juga mendukung fitur Always on Display.

Apple Watch  Series 9 juga tahan di lingkungan debu berkat sertifikasi IP6X dan tahan di kedalaman air biasa dengan jarak 50 meter.

Baterai Apple Watch Series 9 disebut bisa digunakan hingga 18 jam dalam kondisi penuh untuk pemakaian normal. Performa pacu jam tangan pintar ini  mengandalkan chip S9 yang dibekali asisten virtual Siri yang dapat merespon perintah suara secara langsung dan Siri dapat mengakses data kesehatan dari aplikasi yang berkaitan.

Menariknya, Apple Watch Series 9 kini dapat terhubung ke HomePod yang akan bekerja ketika pengguna berada 4 meter dari HomePod dan layar jam tangan tersebut akan memunculkan Now Playing untuk mengontrolnya atau menyetel musik. Namun jika tidak ada media yang diputar di HomePod maka akan muncul saran media di bagian smart stack.

Sebagai tambahan informasi, dilansir dari laporan 9to5mac, Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 minggu ini resmi berhenti dipasarkan di pasar Amerika Serikat. Hal ini berkaitan dengan pengawasan International Trade Commission (ITC) terkait sengketa kekayaan intelektual atau hak paten dari fitur kadar oksigen dalam darah dengan perusahaan Masimo.

Saat ini sampai tanggal 25 Desember 2023 kasus tersebut masih dalam proses peninjauan oleh Presiden Amerika Serikat apakah akan dilanjutkan lagi dipasarkan atau memang berhenti untuk dijual belikan. Sedangkan untuk produk yang telah dipesan pembeli kabarnya akan tetap dikembalikan uangnya. Sedangkan untuk Apple Watch SE tidak terdampak terhadap permasalahan ini.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar