ASUS TUF Gaming F15
Berita Wearable

Ini Pengalaman Menggunakan Smartwatch Garmin epix Pro untuk Strength Training

Ini Pengalaman Menggunakan Smartwatch Garmin epix Pro untuk Strength Training

Gadgetren – Garmin baru-baru ini mengajak saya untuk mengikuti acara olahraga bareng di Jakarta sekaligus menjajal fitur dan kemampuan dari smartwatch epix Pro.

Pada kesempatan tersebut, saya mengikuti Strength Training atau latihan kekuatan yang telah diatur oleh Trainer yang ditunjuk oleh Garmin. Tujuan dari jenis olahraga ini untuk meningkatkan kekuatan otot saya agar dapat melakukan tugas sehari-hari dengan baik, mencegah cedera, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara smartwatch Garmin epix Pro digunakan oleh saya agar dapat mendukung Strength Training dan memberikan gambaran hasil olahraga yang menyeluruh karena terdapat fitur untuk melacak berbagai aktivitas Strength yang dinamakan Muscle Map.

Garmin epix Pro Run

Muscle Map sendiri merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Garmin epix Pro yang dapat digunakan untuk melacak beragam hal seperti: menghitung repetisi gerakan, melacak set yang telah dilakukan, jenis latihan yang dilakukan, memantau waktu olahraga serta waktu istirahat, dan melacak otot mana saja yang mendapatkan manfaat dari olahraga yang telah dilakukan.

Menariknya, Muscle Map ini dapat mendeteksi dan memetakan otot bagian mana saja yang dilatih selama saya melakukan Strength Training. Untuk dapat mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari fitur ini, saya juga turut mengunduh dan menginstall terlebih dulu aplikasi Garmin Connect dari Google Play Store.

Selanjutnya, aplikasi Garmin Connect yang dibuka dapat menghubungkan antara smartwatch epix Pro dengan handphone milik saya dengan menggunakan koneksi Bluetooth.

Setelah epix Pro dan handphone saya terhubung, barulah Trainer menjelaskan Strength Training yang dilakukan dengan 4 jenis latihan yang berbeda, seperti Standing Push-Up, Kettlebell Row, Split Squat, dan Deadlift Push-Press.

Garmin epix Pro Strength Training

Setiap peserta yang hadir akan melakukan 4 jenis latihan olahraga tersebut secara bergantian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Sebelum Strength Training dimulai, Trainer dan semua peserta melakukan pemanasan terlebih dulu.

Setelah pemanasan dirasa cukup, barulah Trainer langsung mengajak dan menginstruksikan agar peserta bersiap melakukan Strength Training terlebih dulu. Tak lupa, saya pun langsung mengaktifkan fitur Strength pada smartwatch epix Pro dan barulah aktivitas olahraga dimulai.

Perlu dicatat bahwa opsi pada aktivitas Strength di epix Pro terdiri dari Free yang artinya tanpa panduan, 30-minute blast untuk melatih otot inti dengan durasi 30 menit, back to basic workout untuk melatih Kekuatan otot inti dengan repetisi hingga 5 kali, dan Maximize Your Upper Body untuk memperkuat otot badan bagian atas.

Setelah memasuki aktivitas Free di layar, maka saya langsung menekan tombol kanan paling atas untuk memulai perhitungan smartwatch ketika latihan olahraga dimulai.

Garmin epix Pro Active

Saya sendiri memulai Strength Training dengan Push-Up yang posisi tangannya bertumpu pada pegangan besi ungu yang telah disediakan dan dilakukan selama beberapa menit tergantung instruksi hitungan dari Trainer.

Setelah waktu selesai, saya berpindah ke latihan olahraga kedua dengan Kettlebell Row yang mengangkat bola hitam 8 kg selama beberapa menit. Latihan olahraga ketiga dilanjutkan dengan Split Squad dengan alat bantu seperti tangga mini.

Untuk latihan olahraga keempat diisi oleh Deadlift Push-Press yang menggunakan plate 5kg untuk tangan kanan dan kiri sekaligus.Hal ini pun dilakukan secara terus menerus bertahap pada 4 jenis latihan olahraga secara bertahap dan bergantian.

Dalam mengetahui perbedaan 4 jenis olahraga di smartwatch epix Pro, saya pun mengatur set untuk Muscle Map setiap pergantian olahraga dilakukan agar hasilnya menjadi lebih rinci dan akurat.

Garmin epix Pro Muscle Map

Setelah olahraga selesai, saya dapat melihat langsung hasil Strength Training di aplikasi Garmin Connect dengan informasi waktu aktivitas olahraga, jumlah set yang dilakukan, kalori terbakar, dan detak jantung rata-rata.

Apabila hasil Strength Training ini ditekan, maka akan memperlihatkan informasi yang lebih rinci lagi mulai dari otot-otot primer dan sekunder yang berhasil dilatih, kalori terbakar, waktu aktivitas, detak jantung rata-rata, rincian aktivitas yang dilakukan setiap set lengkap dengan waktu dan repetisinya.

Menurut saya Smartwatch Garmin epix Pro ini mempunyai sensor serta fitur yang lengkap dan spesifik untuk memantau beragam aktivitas olahraga yang salah satunya Strength Training.

Bagi kamu yang tertarik dengan smartwatch ini, maka sudah bisa membelinya di Indonesia dengan harga mulai dari Rp17.899.000 hingga Rp19.699.000. Terdapat tiga pilihan ukuran dimensi yang terdiri dari 42mm, 47mm, dan 51mm.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar