ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Gabung Broadcast Instagram Channel dari Akun Kreator

 Instagram-Broadcast-Channel.

Gadgetren – Dengan berjalannya waktu dan transformasi digital yang semakin tinggi membuat platform media sosial berlomba-lomba memberikan fitur-fitur menarik.

Salah satunya Instagram. Media sosial yang digawangi Mark Zuckerberg milik Meta ini memiliki fitur menarik yang menghubungkan pembuat konten ke pengikutnya lewat Broadcast Instagram Channel.

Dirilis sejak bulan Februari 2023, kini Broadcast Channel menyediakan pembaruan di bulan Juni 2023 yang akan semakin menambah keseruan interaksi antara pembuat konten dan pengikutnya. Instagram pun menguji coba beberapa fitur seperti memungkinkan kreator menggunakan prompt atau stiker pertanyaan untuk mendapatkan tanggapan dari pengikut.

Selain itu Instagram menambahkan tab channel di Direct Messages sehingga pengikutnya bisa dengan mudah mengakses untuk bergabung ke Broadcast Channel. Dalam fitur ini juga memungkinkan pembuat konten mengundang kreator lainnya atau bahkan pengikut mereka untuk berpartisipasi pada Broadcast Channel.

Tujuannya agar bisa diajak untuk wawancara, berbincang santai, dan masih banyak lagi. Instagram juga tengah mengembangkan fitur untuk membatu kreator dapat mengelola dan mempromosikan Broadcast Channel seperti mengatur tanggal kadaluwarsa dan waktu, menambahkan moderator untuk mengelola anggota, pesan, berbagi konten atau tautan, dan bahkan meninjau story untuk mengajak pengikut bergabung.

Mark Zuckerberg sendiri menggunakan Broadcast Channel pertamanya bernama Meta Channel yang bisa diakses pada bio halaman profilnya. Karena sifatnya untuk publik, ada banyak cara agar kamu bisa bergabung ke Broadcast Channel kreator favorit.

Melalui Notifikasi Instagram yang Muncul

broadcast-channel-IG-1

Jika di layar ponsel kamu muncul notifikasi Instagram dengan tulisan nama akun membuat Broadcast Channel dengan judul tertentu, maka kamu bisa bergabung ke dalam Broadcast Channel tersebut dengan mengetuk notifikasinya.

Setelah itu ketuk tombol warna biru di bawah layar dengan nama Join Broadcast Channel dan kamu secara otomatis akan masuk ke dalam halaman percakapan Broadcast Channel yang dipilih.

Melalui Story Instagram dari Akun Kreator

broadcast-channel-IG

Biasanya akun kreator yang kamu ikuti suka membuat promosi Broadcast Channel melalui Instagram Story mereka. Jika kamu kebetulan melihatnya, kamu bisa bergabung dari sana dengan mengetuk stiker Broadcast Channel pada tombol Join Channel.

Setelah bergabung, kamu akan langsung masuk ke Broadcast Channel yang dipilih dan bisa ikut menanggapi kreator. Namun hanya kreator yang bisa mengirim pesan di saluran siarannya menggunakan teks, foto, video, dan suara.

Melalui Halaman Profil Instagram

 broadcast-channel-IG-2

Seperti Mark Zuckerberg yang menampilkan Broadcast Channel pada halaman profil Instagram, kamu juga bisa mengecek apakah tersedia tautan untuk ikut bergabung pada halaman profil dari kreator tertentu. Namun fitur ini hanya tersedia pada aplikasi di ponsel saja karena belum tersedia untuk web atau aplikasi Microsoft Store.

Untuk melihat Broadcast Channel yang telah tergabung, kamu bisa melihatnya di tab Channel pada halaman DM Instagram. Kamu juga bisa mengundang orang lain untuk bergabung dengan membagikan tautan undangan atau dari saluran itu ke Story kamu.

Kamu tinggal mengetuk dan menahan pesan di saluran, lalu mengetuk Bagikan ke cerita sehingga pengikut kamu bisa melihat cerita yang berisi stiker saluran siaran untuk kemudian mengetuk gambar pesan agar bisa masuk dan bergabung ke saluran siaran.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar