ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Channel di Telegram Untuk Kirim Pesan ke Banyak Orang

Cara Membuat Channel di Telegram Header

Gadgetren – Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang memiliki beragam fitur menarik sehingga menandingi WhatsApp yang sudah sangat populer.

Salah satu fitur awal yang dimiliki oleh Telegram merupakan Channel dimana memungkinkan kamu dapat mengirimkan atau broadcasting pesan ke banyak orang yang tanpa batas.

Channel ini cocok sekali digunakan oleh kamu yang memiliki komunitas maupun media yang ingin mengirimkan banyak pesan setiap harinya ke beragam peserta. Untuk membuat channel sendiri dapat dilakukan dengan mudah di Telegram.

Cara Membuat Chanel di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram di ponsel.
  2. Login akun.
  3. Pada halaman utama (Chat), tekan tombol Create berikon pensil di dalam lingkaran.
    Telegram - Channel - 1
  4. Pada halaman New Message, pilih menu New Channel.
    Telegram - Channel - 2
  5. Buat nama channel, deskripsi, beserta foto atau emoji pada bagian yang tersedia.
  6. Setelah semua selesai diisi, tekan tombol Done berikon centang.
    Telegram - Channel - 3
  7. Pilih jenis channel apa itu Public Channel atau Private Channel.
  8. Tentukan nama link.
  9. Lalu tekan tombol Done berikon centang.
    Telegram - Channel - 4
  10. Pada halaman Add Subscribers, pilih teman atau orang-orang yang akan masuk ke dalam channel.
  11. Tekan tombol Next berikon Panah ke kanan
    Telegram - Channel - 5
  12. Selanjutnya Channel akan dibuat,
  13. Kamu dapat mengirimkan pesan Broadcast dengan menekan tombol Send berikon Panah ke kanan.
    Telegram - Channel - 6

Nantinya notifikasinya akan langsung dikirimkan ke semua orang yang sudah dimasukkan ke dalam Channel setelah pesan Broadcast disebarkan. Pada saat channel diatur Public, maka secara otomatis channel tersebut dapat dicari secara langsung di aplikasi Telegram.

Public Channel memang cocok untuk jenis informasi analisis, berita, pencinta film, pencinta manga, dan masih banyak lagi agar mudah ditemukan oleh banyak orang.

Public Channel memang dapat mengundang banyak orang atau ditemukan dengan mudah, namun meminta izin terlebih dulu agar tidak mengganggu orang yang diundang dengan pesan-pesan yang mungkin tidak ingin dilihat.

Sementara Private Channel memungkinkan kamu membuat channel yang bersifat tertutup atau pribadi sehingga tidak dapat ditemukan oleh orang lain. Hal ini cocok untuk informasi yang bersifat privasi seperti untuk anggota perusahaan, keluarga, dan lainnya.

Kamu juga dapat mengundang seseorang masuk ke Public Channel atau Private Channel melalui link yang telah dibuat. Nantinya kamu hanya perlu membagikannya ke aplikasi chat maupun media sosial yang diinginkan agar mudah dilihat oleh banyak orang.

Namun perlu dicatat bahwa Channel sudah menjadi kepentingan bersama karena melibatkan banyak orang di dalamnya sehingga sebaiknya kamu tidak membuat spam dengan banyak pesan atau mengirimkan informasi yang bersifat bohong.

Fitur Channel memang sangat membantu ketika harus mengirim beragam pesan ke banyak orang secara cepat dan instan, namun perlu dijaga supaya tidak mengganggu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar