ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Fungsi Auto Correct iPhone Biar Tidak Mengganggu

Cara Mematikan Auto Correct iPhone - Header

Gadgetren – Fitur auto correct pada keyboard iPhone memang dirancang agar dapat mempermudah pengguna saat mengetik baik itu sekadar teks percakapan di aplikasi pesan instan maupun dokumen penting.

Dengan adanya fitur tersebut, kita seharusnya dapat mengetik secara lebih cepat karena tidak perlu lagi mengoreksi ejaan atau kata-kata yang salah. Keyboard akan membetulkannya secara otomatis seusai dengan kamus yang digunakan.

Namun sayangnya, fitur auto correct pada keyboard iPhone memang belum benar-benar sempurna. Kadang-kadang justru sangat mengganggu karena bisa salah saat mengoreksi kata, nama, atau istilah yang belum dikenali oleh kamus mereka.

Alih-alih mempercepat proses mengetik, kita justru akan disibukkan untuk mengoreksi kembali secara manual supaya pesan yang dikirim maupun teks di dalam dokumen tidak berubah menjadi aneh dan sesuai dengan apa yang sebenarnya kita maksud.

Mematikan fitur auto correct untuk keyboard bawaan perangkat iPhone untungnya cukup mudah untuk dilakukan jika kita merasa terganggu. Ada setelan khusus di halaman pengaturan yang dapat digunakan untuk melakukan hal itu.

Cara Mematikan Auto Correct iPhone

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu General.
  • Buka menu pengaturan Keyboard.
  • Matikan tombol sakelar pada opsi Auto-Correction pada bagian All Keyboards.

Sebagai alternatif lain, kita juga dapat mengakses halaman pengaturan untuk mematikan fungsi auto correct iPhone secara langsung dari keyboard-nya. Jadi bisa mengaturnya secara lebih praktis tanpa perlu menutup aplikasi pesan atau pengedit dokumen.

Lewat Keyboard

  • Akses keyboard iPhone dengan mengetik di aplikasi pesan instan atau pengedit dokumen.
  • Tekan dan tahan tombol Emoji atau Globe.
  • Pilih Keyboard Settings dari menu yang muncul.
  • Atur tombol sakelar pada opsi Auto-Correction ke kondisi mati.

Setelah mematikan fungsi auto correct, keyboard iPhone menariknya masih bisa membantu kita mengoreksi kata atau ejaan yang salah. Hanya saja harus dilakukan secara manual dengan mengetuk teks tersebut kemudian memilih salah satu dari pengganti yang disarankan.

Selain mematikan fungsi auto correct, kita juga dapat mengakses halaman Keyboard Settings untuk mengelola fitur auto capitalization, check spelling, hingga predictive text. Apabila merasa terganggu dengan beberapa dukungan tersebut maka kita pun bisa dengan mudah untuk menonaktifkannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar