ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Aplikasi

Apa Itu TikTok Creator Fund yang Berubah Nama Jadi Creativity Program?

Cari Tahu Penghasilan TikTok Anda - Header

Gadgetren – Platform video singkat TikTok memungkinkan semua orang bisa membuat konten terlebih lagi dapat menghasilkan uang tambahan jika sudah memiliki sejumlah pengikut yang masuk dalam syarat ketentuan.

Salah satunya lewat endorsement atau kerja sama dengan brand. Namun untuk mendapatkan tawaran ini tidaklah mudah, kamu harus sudah memiliki jumlah tentunya tidak kecil, misal saja 10 ribu pengikut.

Selain melalui penawaran kerja sama, mendapatkan pemasukan tambahan di TikTok juga bisa melalui program yang telah dihadirkan oleh TikTok bernama Creator Fund.

Creator Fund tentunya memiliki syarat khusus yang harus dipenuhi bagi pembuat konten agar bisa menerima pendanaan untuk videonya. Lantas apa itu TikTok Creator Fund?

Apa Itu TikTok Creator Fund?

TikTok Creator Fund adalah sebuah penghargaan bagi yang telah membuat video TikTok terbaik dengan dampak jumlah penonton, like, serta komentar yang tinggi. Program ini sebagai apresiasi sekaligus mendukung atas dedikasi, kerja keras, dan semangatnya.

Dengan begitu tolak ukur program Creator Fund diukur dari videonya dan performa akun TikTok mereka. Performa tersebut pun bersifat dinamis dan berubah secara alami sehingga uang yang diterima akan naik dan turun dengan cara yang sama.

Sejak dirilis tanggal 25 Maret 2021 silam, pembuat konten TikTok di wilayah tertentu seperti di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia dengan syarat minimal usia 18 tahun bisa bergabung ke Creator Fund. 

TikTok-Creator-Fund-Dasbor

Creator Fund memungkinkan pembuat konten di TikTok bisa mendapatkan uang tambahan dengan syarat setidaknya memiliki 100 ribu penayangan video autentik dalam 30 hari terakhir dan memiliki 10 ribu pengikut.

Sayangnya TikTok Creator Fund belum sampai di Indonesia. Namun begitu kabar terakhir TikTok telah merilis program terbaru yang memungkinkan Creator Fund hadir di Indonesia.

Tepat pada bulan Februari 2023 kemarin, TikTok telah mengumumkan pengganti dari Creator Fund menjadi Creativity Program yang masih dalam tahap Beta.

Berubah Nama Jadi Creativity Program

TikTok-Creativity-Program.

Berbeda dengan Creator Fund yang tak terbatas untuk semua pembuat konten, Creativity Program hanya bersifat undangan. Namun sama dengan Creator Fund, Creativity Program ditujukan untuk membayar pembuat konten di TikTok dengan usia di atas 18 tahun, jumlah pengikut 10 ribu, dan 100 ribu penayangan asli video dalam 30 hari terakhir. 

Kabarnya melalui Creativity Program, TikTok akan memperluas wilayah cakupan termasuk ke Indonesia. Saat ini Creativity Program baru tersedia di Amerika Serikat, Perancis, dan Brazil. Untuk dapat mengakses program tersebut, pembuat konten harus mengunggah video berdurasi lebih dari satu menit agar bisa mendapatkan pendanaan. 

Pembuat konten yang telah masuk dalam Creator Fund pun bisa beralih Creativity Program. TikTok juga menjanjikan Creativity Program berpotensi untuk memberikan pendapatan yang lebih tinggi dengan angka yang belum bisa dipastikan nominalnya. Selain itu pembuat konten yang melakukan siaran langsung juga bisa memperoleh tips selama dan memilih untuk menargetkan penonton yang lebih tua.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar