ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Apa Itu TikTok Series? Fitur Baru Untuk Pembuat Konten Dapatkan Uang

Apa Itu TikTok Series Header

Gadgetren – Di bulan Maret 2023, layanan video singkat TikTok menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pembuat konten bisa mendapatkan uang tambahan lagi selain melalui TikTok Shop, koin Live, hingga Creator Fund.

Dalam keterangan resmi melalui situs blog TikTok, fitur TikTok Series bisa digunakan oleh pembuat konten untuk video-video premium berbayar sehingga pengikut yang ingin menonton konten tersebut harus membeli akses dengan membayar sejumlah biaya.

Pembayaran untuk mengakses video-video premium di TikTok Series dikenal dengan nama Paywall. Untuk nominal biaya yang dilepas dari setiap konten video TikTok Series nantinya akan diatur oleh pembuat konten yang memenuhi kriteria menggunakan fitur tersebut.

Setiap pembuat konten yang mendapatkan akses fitur tersebut bisa memilih harga Tiktok Series sesuai dengan nilai konten video yang telah dibuat. Nantinya konten TikTok Series dapat diakses melalui link atau tautan dalam video atau melalui halaman profil.

Bagaimana TikTok Series Bekerja?

Pembuat konten yang mendapatkan fitur ini akan bisa membuat satu TikTok Series yang berisi hingga 80 video di mana masing-masing bisa berdurasi hingga 20 menit. Jadi TikTok Series juga menjadi cara baru untuk pembuat konten bisa mengunggah video dengan durasi lebih lama.

Namun begitu pihak TikTok menyebutkan bahwa pembuat konten yang bisa menggunakan fitur TikTok Series harus selalu mengikuti dan mematuhi Pedoman Komunitas pihaknya agar ekosistem TikTok.

Mengenai ketersediaan, saat ini fitur TikTok Series sudah tersedia hanya untuk pembuat konten terpilih yang ada di wilayah Amerika Serikat. Dalam waktu beberapa bulan ke depan fitur TikTok Series akan diperluas untuk lebih banyak pembuat konten di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dikarenakan fitur TikTok Series masih terbilang baru, maka pihak TikTok pun akan terus mendengarkan masukan dari pengguna atau komunitas. Untuk kategori yang bisa masuk sebagai TikTok Series sendiri mencakup film pendek, pengalaman, hingga tutorial masak.

Sejalan dengan hadirnya TikTok Series, bila kita melihat kompetitor lain seperti SnackVideo sudah lebih dulu mengeluarkan fitur serupa yang bernama SnackSeries di tahun 2021 yang mana memungkinkan pembuat konten hingga sineas bisa membuat sederet serial pendek.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar