ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi Biar Kontrol Semakin Lancar

Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - Header

Gadgetren – Sensitivitas sentuhan pada layar memang sangat berpengaruh saat kita mengoperasikan sebuah ponsel apalagi untuk mengerjakan aktivitas-aktivitas tertentu seperti bermain game.

Dengan sensitivitas yang baik, kontrol pada sebuah ponsel dapat bekerja secara lebih lugas. Setiap masukan perintah dalam bentuk sentuh layar seperti ketukan tombol akan langsung bekerja sesuai fungsinya tanpa memerlukan jeda waktu lama.

Misalnya saat bermain game, sensitivitas sentuhan layar akan mempengaruhi bagaimana respons karakter terhadap perintah yang diberikan. Semakin bagus maka nanti tidak akan terlambat untuk bergerak dan beraksi sesuai apa yang perlu dilakukan.

Sayangnya, panel layar yang terlalu sensitif kadang-kadang juga tidak baik. Sentuhan-sentuhan kecil yang seharusnya belum memicu fungsi apapun sering kali sudah mendapat respons dari aplikasi atau game sehingga memunculkan aksi yang tidak diinginkan.

Kita yang memakai ponsel-ponsel buatan Xiaomi kabar baiknya dapat mengatur sensitivitas sentuhan layar terutama untuk game. Antarmuka sistem MIUI mempunyai aplikasi Game Turbo yang membawa fitur khusus untuk mengelola hal tersebut.

Cara Mengatur Tingkatan Sensitif Layar Xiaomi

  • Buka aplikasi Security.
  • Gulir ke bawah hingga ketemu bagian peralatan.
  • Cari dan buka menu Game Turbo.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 1
  • Setelah aplikasi Game Turbo terbuka, ketuk Settings (ikon mur).
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 2
  • Masuk ke tab Additional settings.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 3
  • Ketuk aplikasi yang ingin diatur sensitivitasnya.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 4
  • Atur Touch response dan Sensitivity to continously tap sesuai kebutuhan.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 5

Mengatur sensitivitas sentuhan layar pada ponsel-ponsel buatan Xiaomi dapat dilakukan untuk setiap judul game secara terpisah. Jadi kita bisa memberikan setelan berbeda-beda menyesuaikan mekanisme permainan yang ditawarkan atau kebutuhan.

Selain dapat dilakukan terpisah untuk setiap judul game, kita sebenarnya juga dapat mengaturnya secara keseluruhan. Hanya saja berlaku cukup terbatas karena kita cuma dapat memilih untuk meningkatkan respons dan sensitivitasnya atau tidak.

Cara Mengatur Sensitivitas Layar Xiaomi Secara Keseluruhan

  • Buka pengaturan Game Turbo seperti ulasan sebelumnya.
  • Masuk ke tab Performance mode.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 6
  • Ketuk menu pengaturan Performance mode.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 7
  • Aktifkan opsi Optimized touch controls.
    Cara Mengatur Sensitif Layar Xiaomi - 8

Setelah mengatur beberapa hal di atas, sensitivitas sentuhan layar saat kita sedang bermain game dapat semakin membaik atau setidaknya sesuai dengan apa yang diinginkan. Karakter seharusnya dapat merespons dengan baik berbagai macam kontrol yang diberikan.

Namun tentu perlu diingat, sensitivitas layar bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi latensi saat kita mengoperasikan sebuah ponsel. Jika sudah mengaturnya tetapi belum berjalan dengan respons yang kita inginkan maka kita juga mengecek hal lain seperti pemakaian RAM hingga koneksi internet.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar