Tips dan Trik Handphone

Cara Merekam Layar Xiaomi dengan Suara Buat Bagikan Gameplay

Cara Merekam Layar Xiaomi dengan Suara - Header

Gadgetren – Merekam tampilan layar handphone bukan perkara di masa sekarang. Selain ada banyak aplikasi pihak ketiga, manufaktur umumnya membekali perangkatnya dengan fitur bawaan untuk hal itu.

Xiaomi sebagai salah satu manufaktur yang kini semakin populer pun termasuk di antaranya. Lewat antarmuka sistem yang diberi nama MIUI, mereka juga membekali handphone-handphone buatannya dengan fitur perekam layar bawaan.

Dengan begitu, para penggemar mereka tidak perlu lagi memasang layanan pihak ketiga untuk merekam layar. Jadi bisa lebih mudah untuk membagikan gameplay sebuah permainan atau tutorial memakai aplikasi maupun fitur di dalam perangkat.

Yang cukup menarik, perekam layar bawaan Xiaomi umumnya dilengkapi dengan pengaturan yang lumayan komplit. Kita di antaranya bisa menemukan setelan untuk audio yang memungkinkan kita merekam dengan suara dari aplikasi atau mikrofon.

Hanya saja supaya hasilnya disertai rekaman suara yang tepat, kita perlu menggunakan pengaturan yang sesuai. Kamu yang belum tahu dapat menyimak secara lebih rinci langkah-langkah memakainya dalam penjelasan berikut.

Cara Merekam Layar Xiaomi dengan Suara

  • Buka daftar aplikasi
  • Jalankan aplikasi Screen Recorder
  • Ketuk Settings (ikon Mur) dari menu melayang Screen Recorder
  • Cari setelan untuk Sound source
  • Ubah setelan tersebut ke Mic atau System sounds
    Cara Merekam Layar Xiaomi dengan Suara
  • Tutup pengaturan Screen Recorder
  • Siapkan aplikasi atau fitur yang ingin direkam
  • Ketuk tombol Record (ikon lingkaran merah) di menu melayang
  • Lakukan rekaman sesuai kebutuhan
  • Ketuk menu melayang dan pilih Stop (ikon kotak merah) untuk berhenti merekam

Ada dua sumber suara yang bisa kita pakai saat merekam tampilan layar di handphone buatan Xiaomi. Termasuk Mic jika ingin memanfaatkan mikrofon atau System sounds untuk menggunakan audio dari aplikasi yang dijalankan.

Yang cukup disayangkan, fitur perekam layar bawaan ini tersedia cukup terbatas. Tidak semua model handphone buatan Xiaomi mendukungnya tetapi secara umum hanya perangkat yang menjalankan antarmuka MIUI 8 atau lebih baru.

Selain itu, perekam layar bawaan Xiaomi ini juga tidak dapat menggunakan suara dari mikrofon dan aplikasi sekaligus. Jika menginginkan hal tersebut maka kita memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga seperti XRecorder buatan InShot.

Jika rekaman layar masih tidak ada suaranya setelah mengikuti ulasan di atas, kita sebaiknya mencoba mengecek beberapa hal. Di antaranya termasuk izin aplikasi hingga peranti keras dari handphone yang digunakan.

Tinggalkan Komentar