ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme C51 – Perangkat Entri yang Tak Kalah Menarik

Kelebihan dan Kekurangan realme C51 - Header

Gadgetren – realme C51 merupakan ponsel kelas pemula yang cukup menarik dan bisa dipertimbangkan saat kita memerlukan perangkat mumpuni tetapi dibanderol dengan harga terjangkau.

Ponsel yang meluncur bersama realme 11 ini bisa dipinang dengan dana sebesar Rp1.699.000 untuk media penyimpanan 64GB atau Rp1.899.000 untuk 128GB. Kita dapat meminangnya mulai tanggal 28 Agustus 2023 melalui saluran penjualan luring maupun daring.

Dibanderol dengan harga yang bisa dijangkau oleh lebih banyak pengguna, realme C51 pun membawa sejumlah kelebihan yang membuatnya semakin layak dipinang. Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa perangkat ini pun masih mempunyai kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan realme C51

1. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Sektor penyimpanan daya menjadi salah satu keunggulan yang tak boleh dilewatkan dari realme C51. Perangkat ini soalnya sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu bertahan lama tanpa terhubung dengan pengisi saat digunakan.

Perusahaan realme mengklaim bahwa perangkat ini bahkan dapat bertahan hingga 40 hari jika dibiarkan dalam mode siaga dengan kapasitas baterai tersebut. Sementara jika dipakai untuk melakukan panggilan telepon secara terus-menerus, realme C51 pun dapat menyala hingga 37 jam.

Untuk sebuah ponsel yang dijual dengan harga kurang dari Rp2 juta, teknologi 33W SuperVOOC yang dibawanya juga termasuk sangat menggoda. Kebanyakan perangkat yang dipasarkan di kelasnya soalnya masih menggunakan pengisi 18W atau bahkan lebih rendah.

Berdasarkan catatan dari realme, teknologi 33W SuperVOOC miliknya mampu mengisi daya dengan durasi lebih singkat. Kita dalam hal ini bahkan hanya memerlukan waktu sekitar 28 menit agar baterai realme C51 yang berkapasitas 5.000mAh terisi hingga 50 persen.

2. Layar Beranimasi Tinggi

Selain berukuran luas karena membentang hingga 6,74 inci saat diukur secara diagonal, layar realme C51 juga menjanjikan animasi gambar yang lebih mengalir sehingga gerakan karakter hingga perpindahan adegan dapat terlihat lebih halus.

Panel layar yang digunakan oleh realme c51 dalam hal ini sudah mengusung refresh rate hingga 90Hz. Jadi secara teknis bakalan mampu menyesuaikan tampilan animasinya mengikuti pengaturan tertinggi dari game atau video yang sedang ditayangkan.

3. Dukungan dan Fitur Cukup Komplit

Meskipun dijual dengan harga yang terjangkau, realme C51 juga masih membawa sejumlah dukungan esensial. Perangkat ini sudah membawa USB Type-C, jack audio, slot memori penyimpanan eksternal, hingga mini capsule yang kini jadi fitur unggulan realme.

Di samping beberapa fitur tersebut, realme C51 juga sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang disematkan ke sisi samping bersama tombol Power mengikuti tren di masa sekarang. Kita makanya dapat lebih praktis untuk membuka layar atau login ke sejumlah aplikasi.

Perangkat yang dibanderol kurang dari Rp2 juta ini menariknya juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication). Kita pun dapat memakainya untuk melakukan transaksi pembayaran digital, mengecek saldo e-money, hingga menghubungkan aksesori.

4. Penyimpanan Lega

Tersedia dalam dua konfigurasi memori, media internal yang ditawarkan oleh realme C51 juga cukup lega. Perangkat tersebut mempunyai ruang penyimpanan yang mampu mengakomodasi data dan aplikasi mulai dari 64GB. Bahkan varian tertingginya bisa sampai 128GB.

Apabila dirasa masih kurang, slot kartu Micro SD milik perangkat ini juga dapat dipakai untuk mengekspansi penyimpanan dengan tambahan hingga kapasitas 2TB. Jadi kita tidak perlu lagi bersusah payah memindahkan data atau mengeluarkan dana untuk berlangganan layanan awan.

5. Desain Menarik

Mengikuti tren yang berkembang di masa sekarang, realme C51 pun meluncur dengan desain yang menarik. Bodinya dirancang sangat tipis dimana hanya mempunyai ketebalan 7,99mm dan bobot 186 gram dengan sisi-sisi bingkai samping dibuat datar.

Penutup bodinya pun dibuat dengan menggunakan proses Glittering Glass Powder yang akan menampilkan kesan bahwa terbuat dari bahan kaca. Terdapat dua pilihan warna yang bisa dipertimbangkan dalam hal ini di mana meliputi Mint Green dan Carbon Black.

Kekurangan realme C51

1. Memakai realme UI T Edition

Sama seperti kebanyakan ponsel kelas pemula realme, perangkat ini sayangnya masih menggunakan antarmuka sistem realme UI T Edition. Ada beberapa fungsi yang dipangkas agar lebih ringan meskipun menariknya sudah dibangun berdasarkan Android 13.

2. Ada Perangkat Dengan Chipset Lebih Baik di Rentang Harganya

Dapur pengolahan data yang digunakan oleh realme C51 memang tergolong sangat biasa. Perangkat ini masih menggunakan chipset Unisoc T612 (12nm) berkecepatan hingga 1,8Ghz yang masih mengandalkan arsitektur lawas ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55.

Padahal jika melihat rentang harganya, sejumlah perangkat yang menyasar di kelasnya sudah terlihat membawa chipset lebih kuat. Namun kita tak perlu khawatir karena Unisoc T612 masih cukup untuk pemakaian sekarang apalagi hanya untuk sekadar berkomunikasi atau berselancar di dunia maya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar