ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Mengenal Variasi realme UI yang Tawarkan Dukungan Berbeda-beda

Mengenal Variasi realme UI - Header

Gadgetren – Meskipun awalnya memakai Color OS yang notabene adalah buatan OPPO, realme kini meluncurkan berbagai macam perangkat dengan antarmuka sistem miliknya sendiri yang diberi nama realme UI.

Bagi kamu yang belum tahu, realme UI sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Color OS, MIUI, atau One UI. Antarmuka buatan realme tersebut soalnya juga berjalan di atas sistem operasi Android yang diberi sejumlah kustomisasi agar lebih pas dengan pengguna.

Untuk realme UI, kostumisasi yang diberikan pun tak hanya sebatas tampilan antarmuka saja. Perusahaan realme menyematkan sejumlah fungsi dan optimasi tambahan walaupun dalam hal ini lumayan berbeda-beda untuk setiap versinya.

Antarmuka realme UI memang secara khusus menjanjikan untuk terus menghadirkan generasi baru kepada penggunanya dengan sistem operasi yang mempunyai tampilan luar biasa, fungsi yang nyaman, dan kinerja luar biasa.

Makanya hingga pada saat artikel ini diterbitkan, kita bisa menemukan realme UI dalam banyak edisi di mana masing-masing menjanjikan pengalaman pemakaian yang berbeda-beda. Adapun di antaranya termasuk realme UI standar, R Edition, Edition, T Edition, maupun Go Edition.

realme UI Standar

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diingat bahwa realme UI standar adalah penamaan saya sendiri karena umumnya perusahaan realme hanya menggunakan penomoran sesuai versi pengembangannya. Misalnya mereka menggunakan realme UI 4.0 pada pembaruan terakhirnya.

realme UI standar merupakan antarmuka sistem Android yang dikembangkan oleh realme dengan kostumisasi khas mereka. Kita pun umumnya akan menemukan fitur dan dukungan buatan perusahaan yang lebih lengkap ketimbang edisi lainnya.

Versi standar ini sayangnya memerlukan perangkat dengan kinerja yang mumpuni supaya bisa maksimal. Kita kini makanya hanya dapat menjumpainya pada ponsel-ponsel menengah ke atas realme yang notabene mempunyai lebih dari cukup sumber daya.

realme UI R Edition

Guna memberikan kenyamanan pemakaian, realme pada akhirnya pun mengembangkan antarmuka sistem edisi khusus untuk perangkat-perangkat dengan sumber daya lebih terbatas. Termasuk di dalamnya adalah realme UI R Edition.

Berbeda dengan standar, realme UI R Edition merupakan antarmuka sistem yang hanya mengusung sedikit kustomisasi atau bisa dibilang versi sederhana realme UI. Edisi ini secara khusus dikembangkan berdasarkan Android 11 dengan sejumlah peningkatan fungsi dasar.

Pada realme UI R Edition, realme lebih menonjolkan pengalaman pemakaian seperti apa yang ditawarkan oleh Android murni supaya berjalan lebih ringan. Kita makanya tidak akan menjumpai sejumlah fitur khas besutan mereka seperti Theme Store dan Game Space.

realme UI S Edition

Tidak jauh berbeda dengan realme UI R Edition, perusahaan realme pun mempunyai antarmuka bernama realme UI S Edition dalam menghadirkan sistem yang ringan. Hanya saja edisi ini secara khusus dikembangkan berdasarkan Android 12.

Selain basis pengembangnya, realme UI S Edition pun juga dirancang untuk menonjol pengalaman Android murni seperti realme UI R Edition. Kita makanya bisa menganggapnya sebagai versi upgrade dari edisi antarmuka sistem tersebut.

realme UI T Edition

Melanjutkan realme UI R Edition dan S Edition, realme pun kembali memperkenalkan versi sederhana dari antarmuka buatan mereka yang diberi nama realme UI T Edition. Edisi ini pun bisa dianggap sebagai versi mutakhir dari pengembangan keduanya.

Sama seperti realme UI R Edition dan S Edition, pengalaman Android murni soalnya juga menjadi aspek utama yang ditawarkan oleh realme UI T Edition. Hanya saja edisi ini secara khusus menawarkan Android 13 sebagai basis pengembangannya.

realme UI Go Edition

Dalam menunjang kemampuan perangkat-perangkat yang mempunyai sumber daya lebih terbatas, perusahaan realme juga mempunyai realme UI Go Edition yang mana dikembangkan berdasarkan sistem Android Go Edition.

Sekilas bagi kamu yang baru mendengarnya, Android Go Edition merupakan versi ringan dari sistem operasi Android. Google secara khusus mengembangkannya supaya bisa berjalan secara lebih lancar pada perangkat entri yang notabene mempunyai chipset dan RAM sangat terbatas.

Perangkat dengan Android Go Edition umumnya dapat berjalan dengan lebih hemat RAM maupun data. Selain itu, pemakaian daya baterai maupun ruang penyimpanan internal pun dapat berjalan secara optimal sehingga kita tidak perlu khawatir meskipun kapasitasnya kecil.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar