ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi WhatsApp Web yang Tidak Bisa Copy Paste

Cara Mengatasi WhatsApp Web yang Tidak Bisa Copy Paste Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – WhatsApp Web merupakan salah fitur yang memungkinkan WhatsApp dapat dibuka melalui browser di laptop maupun ponsel.

WhatsApp Web terasa sangat berguna ketika tengah tidak memegang ponsel. WhatsApp Web akan menampilkan tampilan chat dari pengguna lain yang berisikan pesan sama dengan aplikasi WhatsApp.

Namun beberapa waktu lalu, terdapat kendala pada browser seperti Mozilla Firefox bahwa WhatsApp Web tidak dapat menyalin dan menyematkan (Copy Paste) teks maupun link di kolom chat ketika sedang melakukan percakapan dengan pengguna lain.

Hal ini tentunya terasa menjengkelkan karena terkadang terdapat teks maupun link yang panjang apabila diketik. Kamu pun dapat mencoba beberapa cara terlebih dulu agar teks maupun link dapat dengan mudah disalin dan disematkan pada kolom chat pengguna lain di WhatsApp Web.

Cara Mengatasi WhatsApp Web yang Tidak Bisa Copy Paste

1. Restart Browser Atau Perangkat

Biasanya pada saat browser digunakan dalam waktu yang lama, terkadang terdapat error pada beberapa fungsi suatu situs yang mana bisa jadi penyebab WhatsApp Web bermasalah.

Kamu pun dapat melakukan menutup browser dan membukanya kembali untuk menyegarkannya. Kamu pun dapat melakukan restart perangkat untuk menyegarkan sistem secara menyeluruh.

Atur Clipboard

  • Buka browser Firefox di laptop.
  • Ketik about:config di Address Bar.
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 1
  • Pada halaman Proceed with Caution, centang warn me when I attempt to access these preferences.
  • Tekan tombol Accept the Risk and Continue.
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 2
  • Pada kolom Search, ketik event.clipboardevetns.enabled.
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 3
  • Lalu tekan event.clipboardevetns.enabled dua kali hingga berubah dari True ke False.
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 4
  • Keluar dari Firefox dengan menekan tombol close berikon X di bagian kanan atas
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 5
  • Kembali buka Firefox
  • Ketik web.whatsapp.com di Address Bar
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 6
  • Coba lakukan Copy Paste di kolom chat WhatsApp Web
    Firefox - WA Tidak Bisa Copy Teks - 7

Setelah beberapa waktu atau hari, kamu dapat mengembalikan dom.event.clipboardevetns.enabled ke posisi True ketika Firefox sudah membetulkan bug yang terjadi agar tidak ada masalah lain selanjutnya.

Gunakan Browser Lain

Jika masalah ini muncul untuk browser tertentu misalnya Firefox dalam hal ini, kamu bisa coba menggunakan browser lain seperti Google Chrome, Opera, Safari, atau lainnya yang mana bisa saja tidak terdampak bug serupa.

Biasanya browser lain tidak mengalami bug yang sama sehingga dapat menggunakan WhatsApp dengan normal, termasuk melakukan Copy Paste. Namun setelah beberapa waktu, kamu dapat mencoba sesekali menggunakan WhatsApp Web pada Firefox setelah bug diperbaiki.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar