Tips dan Trik Aplikasi

Cara Blur Tampilan WhatsApp Web Supaya Tidak Mudah Diintip Orang

Cara Blur WhatsApp Web - Header

Gadgetren – Agar dapat menggunakan layanan secara lebih praktis, sebagian di antara kita mungkin akan memilih untuk menggunakan WhatsApp Web yang bisa diakses melalui peramban di laptop atau komputer.

Dukungan yang diperkenalkan sejak tahun 2015 tersebut memungkinkan kita mengakses layanan WhatsApp tanpa perlu membuka handphone. Bahkan bisa sekaligus dilakukan saat bekerja atau belajar dengan menggunakan laptop atau komputer.

Layanan WhatsApp Web apalagi senantiasa ditingkatkan. Bahkan dukungan dan fitur-fitur yang ditawarkan pun kini semakin lengkap. Di samping itu, kita sekarang juga dapat memakainya meskipun handphone sedang dalam keadaan luring atau mati.

Sayangnya, membuka WhatsApp Web di tempat umum bisa terbilang cukup riskan. Ukuran layar laptop yang lebih besar daripada handphone dapat membuat orang lain bisa dengan mudah untuk mengintip percakapan-percakapan kita.

WhatsApp sendiri belum mempunyai fitur bawaan yang bisa dipakai untuk mengatasi hal ini. Hanya saja tak perlu khawatir karena ada layanan pihak ketiga yang memungkinkan kita membuat tampilan WhatsApp Web menjadi blur saat tidak digunakan.

Cara Membuat Blur WhatsApp Web

  • Buka peramban Mozilla Firefox atau Google Chrome
  • Pasang ekstensi bernama Privacy Extension for WhatsApp Web sesuai peramban yang digunakan
    Cara Blur WhatsApp Web - 1
  • Buka WhatsApp Web
  • Login terlebih dulu jika diperlukan
  • Tekan tombol Alternatif (Alt) dan X di keyboard jika ekstensi belum aktif
  • Ketuk tombol Privacy Extension For WhatsApp Web (ikon mata dicoret) di pojok kanan atas untuk mengatur setelan secara lebih lanjut
    Cara Blur WhatsApp Web - 2

Privacy Extension For WhatsApp Web merupakan salah satu layanan yang bisa dipakai untuk membuat blur tampilan WhatsApp Web. Kita bisa menemukannya sebagai ekstensi untuk peramban Chrome maupun Firefox.

Ekstensi ini dikembangkan oleh Lukas Lenhardt (LukasLen). Kita dapat mengunduh dan memasangnya langsung dari Chrome Web Store maupun laman unduhan Firefox Browser Add-ons sesuai peramban yang digunakan.

Dengan memasang ekstensi ini, kita dapat membuat berbagai macam elemen tampilan WhatsApp Web menjadi blur. Kita bisa memakainya untuk seluruh percakapan, pesan terakhir yang sedang dibuka, media seperti gambar atau video, hingga foto profil sehingga tidak bisa dibaca karena buram.

Untuk masalah privasi data, pengembangannya menyebutkan bahwa ekstensi ini tidak akan mengumpulkan informasi atau percakapan pribadi pengguna. Kodenya bahkan diluncurkan secara open source buat mereka yang mau memvalidasi klaimnya.

Tinggalkan Komentar