ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon Kalau Tidak Mau Terganggu

Gadgetren – Saat membuat atau menerima panggilan telepon, layar sebuah ponsel normalnya akan langsung mati setelah kita mendekatkan perangkat tersebut ke telinga untuk berbicara.

Hal ini terjadi karena setiap ponsel yang sebagian besar kini meluncur dengan pengoperasian layar sentuh umumnya dilengkapi sebuah sensor jarak atau proximity. Fungsinya untuk mendeteksi apakah ada benda yang sedang mendekat ke layar atau tidak.

Sensor tersebutlah yang akan memicu beberapa tindakan di mana termasuk mematikan layar ponsel saat kita sedang melakukan panggilan telepon. Jadi perangkat bisa lebih hemat daya dan terhindar dari pengoperasian yang tidak disengaja.

Dengan kemampuannya tersebut, sensor proximity sayangnya kadang-kadang justru terasa cukup mengganggu saat kondisi tertentu. Pengoperasian perangkat misalnya tidak dapat segera dilakukan jika layar tiba-tiba mati saat melakukan panggilan telepon.

Kabar baiknya, fungsi sensor proximity untuk mematikan layar saat menelepon tersebut bisa dinonaktifkan secara manual jika memakai ponsel-ponsel buatan Xiaomi. Ada setelan khusus yang bisa dipakai untuk melakukan hal itu jika kita merasa terganggu.

Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon

  • Buka halaman Settings.
  • Cari dan masuk ke menu pengaturan Apps.
    Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon - 1
  • Pilih menu System apps settings.
    Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon - 2
  • Buka menu pengaturan untuk Call settings.
    Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon - 3
  • Ketuk menu pengaturan Incoming call settings.
    Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon - 1
  • Matikan opsi Proximity sensor.
    Cara Mematikan Sensor Layar Xiaomi Saat Telepon - 5
  • Tutup pengaturan jika sudah selesai.

Selain melalui pengaturan, kita juga dapat mengakses setelan untuk mematikan Proximity sensor untuk panggilan telepon lewat aplikasi Phone. Kita dalam hal ini hanya perlu mengetuk tombol Settings (ikon mur) di pojok kanan atas halaman utamanya lalu masuk ke menu Incoming call settings.

Setelah mematikan pengaturan proximity sensor untuk panggilan telepon, layar nantinya tetap akan menyala meskipun kita mendekatkan ponsel ke telinga untuk berbicara. Kita makanya harus berhati-hati supaya perangkat terhindar dari pengoperasian yang tidak disengaja.

Yang cukup menarik, menonaktifkan pengaturan khusus panggilan telepon tersebut tidak akan berpengaruh pada fungsi lain dari sensor proximity. Jadi kita tidak perlu khawatir beberapa fitur di ponsel selain mematikan layar saat menelepon akan terganggu.

Bagi kamu yang belum tahu, proximity sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai pemicu untuk mematikan layar saat menelepon saja. Sensor tersebut juga memungkinkan sebuah ponsel mempunyai fitur pengaturan kecerahan otomatis karena memakai pendeteksian berbasis cahaya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar