Tips dan Trik

Cara Mudah Mengecek Berbagai Macam Sensor Buat Kamu Yang Mau Beli Perangkat Xiaomi

Cara Cek Sensor Xiaomi Header

Gadgetren – Membeli perangkat Xiaomi bekas memang cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu, sebelum membelinya, kamu wajib mengecek sensor-sensornya untuk memastikannya bekerja dengan baik.

Xiaomi merupakan salah satu merek yang cukup populer di kalangan masyarakat, karena berhasil mengambil hati mereka dengan perangkat dengan spesifikasi tinggi di kelasnya tetapi dibanderol lebih murah di antara merek ponsel lainnya.

Melalui berbagai macam seri ponsel buatannya, perusahaan yang berbasis di Tiongkok ini memang dapat menyasar hampir semua kalangan pengguna, dari mulai kelas entri hingga kelas flagship atau gaming sekalipun.

Karena popularitasnya ini, bahkan menurut data IDC, perusahaan Xiaomi berhasil mengapalkan (mendistribusikan) perangkat dengan jumlah di atas targetnya untuk tahun 2018 ini secara global.

Menariknya, akibat popularitasnya ini juga, banyak pengguna yang bergantung di pasar ponsel bekas pakai (second) untuk mendapatkan perangkat Xiaomi dengan harga yang lebih terjangkau lagi.

Namun tentu saja, jika kamu juga termasuk dalam kubu ini, kamu harus lebih berhati-hati karena selain banyak ponsel palsu yang berkeliaran, banyak ponsel-ponsel dengan sensor-sensor atau hardware rusak yang dijual seolah-olah ponsel normal.

Guna mewaspadai hal tersebut, kamu bisa mengecek terlebih dahulu sensor-sensor dari perangkat Xiaomi bekas yang akan dibeli, dengan mengikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.

Cara Mengecek Berbagai Macam Sensor di Perangkat Xiaomi

  1. Pertama-tama, kamu bisa membuka Setelan
  2. Kemudian cari dan masuk ke dalam bagian Tentang ponsel
  3. Dari halaman tersebut, gulir ke bawah dan ketuk beberapa kali kurang lebih 5 kali) pada bagian Versi kernel
  4. Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman pengujian hardware
  5. Melalui halaman ini, kamu bisa mengecek sensor sesuai dengan menu yang ditampilkan
  6. Karena cara mengeceknya berbeda untuk setiap sensornya, ikuti saja langkah-langkah yang ditampilkan sesuai dengan menu yang dipilih

Selain bisa menggunakan cara di atas, kamu pun bisa masuk ke dalam halaman pengujian hardware melalui kode khusus yang bisa diakses dari dialpad pada beberapa perangkat Xiaomi. Dalam hal ini, kamu tinggal mengetikan *#*#64663#*#*.

Sebagai tambahan informasi, dengan menggunakan cara ini, baik untuk ponsel bekas atau baru, kamu juga bisa mengetahui kualitas hardware berdasarkan manufaktur pembuat atau tipenya.

Tinggalkan Komentar