ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp Header

Gadgetren – Pada saat melakukan telepon dengan aplikasi WhatsApp, pastinya layar dari ponsel akan mati secara otomatis ketika ponsel didekatkan ke telinga.

Hal ini untuk mengurangi tombol atau menu WhatsApp yang tertekan tidak sengaja. Bisa dibilang layar mati ketika telepon WhatsApp terjadi karena adanya sensor Proximity yang dapat mendeteksi keberadaan dari objek dengan jarak yang sangat dekat.

Kamu yang ingin layar pada ponsel tidak mati ketika telepon di WhatsApp sedang berlangsung pun perlu menonaktifkan sensor Proximity terlebih dulu menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp

  • Download dan aplikasi Proximity Sensor Screen On Off dari Google Play Store dengan tautan ini.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi Proximity Sensor Screen On Off.
  • Pada halaman utama, tekan tombol toggle Service enabled ke posisi aktif.
  • Pada menu Disclaimer yang muncul, tekan tombol OK.
  • Pada bagian Proximity sensor task, tekan tombol Screen On.

Dengan mengaktifkan fitur Screen On akan membuat layar ponsel selalu aktif ketika kamu sedang melakukan panggilan telepon di WhatsApp karena sensor Proximity dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Pada Notification Bar sendiri akan muncul pesan Service Running dari aplikasi Proximity Sensor Screen On Off yang mengisyaratkan bahwa fitur untuk nonaktif Proximity dari aplikasi tersebut sedang aktif.

Apabila kamu ingin menyalakan kembali sensor Proximity, maka hanya perlu menekan tombol toggle Service enabled ke posisi mati atau memilih menu Screen Off di bagian Proximity sensor task.

Sebenarnya sensor Proximity dihadirkan oleh pembuat ponsel dengan tujuan baik agar sistem dapat mendeteksi ketika ada sesuatu yang mendekati ponsel.

Namun ada kalanya sensor Proximity sedikit error sehingga dari jarak yang cukup jauh justru membuat layar ponsel tetap mati ketika sedang telepon di WhatsApp. Untuk mendeteksi sensor bekerja dengan baik atau tidak, kamu dapat memasang aplikasi Sensor Box for Android dari Google Play Store.

Selanjutnya, kamu dapat langsung memilih menu Proximity Sensor di aplikasi Sensor Box for Android. Kamu dapat melakukan pengujian sensor berfungsi atau tidak dengan mendekatkan tangan ke sensor Proximity yang biasanya berada di bagian atas.

Apabila sensor masih berfungsi dengan baik, maka kamu dapat menggunakan cara di atas untuk membuat layar ponsel tetap menyala ketika melakukan telepon dengan WhatsApp.

Sementara jika sensor dalam keadaan yang sedang bermasalah, maka kamu bisa coba melakukan Factory Reset terlebih dahulu. Namun pastikan data yang ada di dalamnya sudah dicadangkan terlebih dulu sebelum proses Factory Reset dilakukan.

Apabila setelah proses Factory Reset dan sensor Proximity tetap bermasalah juga, maka kamu perlu langsung mengunjungi Service Center resmi merek ponsel yang terdekat agar bisa diperbaiki dan ditangani oleh teknisi profesional.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar