ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM HP vivo Supaya Sistem Lebih Lancar

Cara Menambah RAM HP vivo Header

Gadgetren – RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen penting pada ponsel yang dimanfaatkan untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang berjalan.

Semakin besarnya kapasitas RAM maka akan membuat aktivitas multitasking pada ponsel menjadi lebih lancar. Bahkan pada ponsel masa kini, termasuk buatan vivo, sudah terdapat fitur yang dapat menambahkan kapasitas RAM Virtual.

Pada ponsel vivo terdapat fitur bernama Extended RAM yang dapat memungkinkan peminjaman ruang kosong untuk menjadi RAM Virtual dengan kapasitas yang telah ditetapkan.

Apabila pada ponsel OPPO dan Samsung biasanya terdapat pilihan untuk menambah RAM Virtual mulai dari 2 GB hingga 12 GB, berbeda dengan ponsel vivo yang sudah langsung ditetapkan untuk kapasitas maksimal RAM Virtual.

Misalnya vivo Y27 hadir dengan fitur Extended RAM mencapai 6 GB, maka pada saat fitur ini secara bawaan sudah diaktifkan pada pilihan 6 GB tanpa bisa memilih terlebih dulu.

Cara Menambah RAM HP vivo

  • Akses aplikasi Settings (Pengaturan).
  • Pilih menu RAM and Storage (RAM dan Ruang Penyimpanan).
  • Pilih opsi RAM.
  • Tekan tombol toggle Extended RAM (RAM diperluas) ke posisi aktif.
  • Pada menu pop-up yang muncul, tekan Restart Now (Mulai ulang sekarang).

Setelah ponsel selesai melakukan restart, maka secara otomatis RAM Virtual akan aktif sesuai dengan besaran yang dipilih. Pihak vivo sendiri mengklaim bahwa aktivitas multitasking pada ponsel akan menjadi lebih lancar berkat adanya fitur ini.

Namun perlu dicatat bahwa Extended RAM meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal sehingga apabila kapasitas internal mulai habis sebaiknya fitur tersebut dimatikan agar tidak membebankan sistem.

Sebagai sub-brand dari vivo, ponsel iQOO juga sudah dilengkapi dengan fitur Extended RAM yang kurang lebih hampir sama langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengaktifkannya.

Sementara itu, hampir semua merek ponsel bersistem Android sudah dilengkapi dengan fitur penambah RAM seperti Samsung dengan RAM Plus, OPPO dengan RAM Expansion, realme dengan Dynamic RAM Expansion (DRE), Xiaomi dengan Memory Extension, Infinix serta TECNO dengan MemFusion, dan lainnya.

Oleh karena itu fitur ini sudah cukup umum ditemukan pada berbagai ponsel masa kini. Namun untuk ponsel lawas, sayangnya tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk menambah RAM.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar