ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 13, Pas Buat Rutinitas!

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 13 - Header

Gadgetren – Tersedia dengan harga mulai dari Rp1.999.000, Redmi 13 menjadi penantang baru di kelas entri yang menarik untuk diperhitungkan saat kita ingin meminang sebuah ponsel.

Ponsel baru besutan Xiaomi ini mempunyai spesifikasi yang lumayan tinggi. Dukungan dan fitur yang dibawanya juga tergolong lengkap untuk sebuah perangkat entri. Cukup untuk membuatnya menjadi pilihan pas untuk menjalani rutinitas.

Jika masih merasa ragu untuk meminangnya, kita pun bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini terlebih dahulu.

Kelebihan Redmi 13

1. Layar di Atas Rata-rata

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 13 - 1

Di antara kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Redmi 13, bagian layar menjadi salah satunya. Perangkat ini dilengkapi dengan panel yang tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan sejumlah ponsel di kelasnya.

Saat sejumlah perangkat di kelasnya masih menggunakan panel HD+, Redmi 13 sudah menawarkan layar Full HD+ (2460 x 1080 piksel). Jadi secara teknis bakalan mampu menghasilkan tampilan gambar yang lebih baik.

Belum lagi, panel layar yang digunakan oleh Redmi 13 juga sudah mendukung refresh rate tinggi hingga 90Hz. Menonton video maupun bermain game tentunya akan terasa lebih menyenangkan karena gerakan animasi gambar bisa terlihat lebih mulus.

Layar Redmi 13 juga sudah mengemas berbagai sertifikat dari TÜV Rheinland seperti tingkat paparan cahaya biru rendah, penyesuaian ritme sirkadian, hingga bebas kedipan. Membuatnya sangat nyaman untuk digunakan meskipun dalam durasi lama.

2. Kamera Beresolusi Tinggi

Yang sangat menarik, perangkat kelas entri ini sudah menggunakan kamera yang sangat tinggi. Lensa utamanya dilengkapi sensor berukuran 1/1.67? yang mendukung pengambilan gambar dengan resolusi hingga 108MP.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 13 - 2

Selain menawarkan hasil foto maupun video yang jernih dan mendetail, lensa utama milik Redmi 13 diklaim mampu menghasilkan 3x zoom tanpa penurunan kualitas. Ukuran sensornya yang besar pun dianggap cukup mumpuni untuk pengambilan gambar di malam hari.

Menemani lensa utamanya, terdapat sensor makro beresolusi 2MP yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil obyek-obyek foto berukuran kecil. Terdapat juga kamera depan dengan resolusi 13MP yang mampu menghasilkan gambar selfie sangat baik.

3. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Seperti jajaran ponsel Xiaomi yang sudah meluncur sebelumnya, Redmi 13 hadir dengan baterai berkapasitas besar. Perangkat ini secara teknis bahkan mempunyai penyimpanan daya yang mampu menampung sampai 5.030mAh.

Kapasitas baterai yang besar dari Redmi 13 memungkinkan perangkat mempunyai siklus pemakaian yang panjang. Bahkan berdasar klaim pihak Xiaomi, ponsel ini dapat menyala hingga 19 hari dalam mode siaga.

Untuk pemakaian intensif, baterai Redmi 13 juga sangat bisa diandalkan. Perangkat ini disebut-sebut mampu bertahan hingga selama 127 jam untuk memutar musik, 34 jam untuk menelepon, atau 17 jam untuk menonton video.

Melengkapi baterainya yang besar, Xiaomi menyematkan dukungan pengisian cepat ke dalam Redmi 13. Mereka secara khusus menggunakan teknologi 33W yang bisa mempersingkat waktu mengisi daya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Xiaomi, teknologi pengisian daya 33W yang digunakan pada Redmi 13 dapat mengisi hingga kapasitas 50 persen hanya dalam kurun waktu 26 menit.

4. Konfigurasi Memori Luas

Tersedia dalam dua varian, Redmi 13 mempunyai konfigurasi memori yang sangat luas. Perangkat ini menawarkan dukungan RAM dan media penyimpanan internal yang cukup memadai untuk pemakaian di masa sekarang.

Dalam hal ini, RAM yang digunakan pada Redmi 13 berkapasitas sebesar 8GB. Pengguna dapat memperluasnya dengan memanfaatkan fitur Memory extension yang mampu menambahkan hingga 8GB jika dirasa masih kurang.

Media internal perangkat ini dapat dipilih antara 128GB atau 256GB. Tersedia juga slot kartu MicroSD yang digunakan untuk mengekspansi penyimpanan dengan kapasitas tambahan hingga 1TB.

5. Bodi Tahan Banting

Dibalut dengan material kaca di bagian depan dan belakang, Redmi 13 menawarkan bodi yang tangguh. Kita pun dapat memakainya di berbagai macam kondisi pemakaian tanpa khawatir perangkat bisa cepat rusak.

Pada bagian layarnya, perangkat ini sudah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass yang masih sangat jarang ditemukan di kelasnya. Terdapat juga sertifikasi IP53 yang akan memastikan perangkat memiliki ketahanan lebih baik terhadap percikan air dan debu.

Sebelum didistribusikan, Redmi 13 pun telah berhasil melewati sejumlah pengujian ekstrem untuk memastikan keandalan pemakaiannya. Termasuk di antaranya meliputi tes jatuh berguling, tes jatuh ringan, hingga tes kompresi.

6. Fitur Lengkap

Dengan banderol harga sekitar Rp2 jutaan, dukungan yang dibawa oleh Redmi 13 tergolong sangat lengkap. Kita dalam hal ini tidak hanya akan menjumpai fitur-fitur esensial seperti sensor pemindai sidik jari atau jack audio 3,5mm.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 13 - 4

Perangkat terjangkau dari keluarga Redmi ini sudah dilengkapi dengan sensor NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan kita melakukan transaksi secara digital, mengecek saldo e-money, hingga menghubungkan sebuah aksesori.

Sebagai penunjang, ponsel ini juga sudah membawa dukungan sensor inframerah. Kita dapat menggunakannya sebagai pengganti remote untuk mengontrol perangkat televisi, Set Top Box, AC, hingga proyektor.

Kekurangan Redmi 13

1. Masih Menggunakan eMMC

Di samping berbagai keunggulannya, Redmi 13 sayang mempunyai sejumlah kekurangan yang perlu diperhatikan saat kita ingin meminangnya. Termasuk pada jenis media penyimpanan yang digunakan.

Alih-alih menawarkan media penyimpanan berjenis UFS yang mempunyai kemampuan transfer data lebih cepat, Redmi 13 justru kembali memakai eMMC 5.1. Memori tersebut di atas kertas hanya mampu menangani hingga 250 MBps untuk baca dan 125 MBps untuk tulis atau di bawah kemampuan UFS 2.0.

2. Slot Kartu Hibrida

Slot kartu yang ditawarkan oleh Redmi 13 juga bersifat hibrida. Artinya, kita hanya bisa memasang dua buah kartu. Kita pun perlu memilih untuk menggunakan nomor ganda atau mengganti satunya dengan Micro SD.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar