ASUS TUF Gaming A15 FA506NFR
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7 Ultimate – Game Apapun Siap Libas

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7 Ultimate - Header

Gadgetren – ASUS ROG Phone 7 tak hanya hadir dalam versi reguler saja. Perusahaan ASUS juga turut memperkenalkan model Ultimate seperti generasi ponsel gaming mereka sebelum-sebelumnya.

Dengan banderol harga yang lebih mahal, ROG Phone 7 Ultimate pun menawarkan satu set kemampuan yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game seluler. Perangkat tersebut membawa kinerja mumpuni dengan sejumlah fitur pendukung di dalamnya.

Tentu saja, perangkat baru buatan ASUS tersebut bisa menjadi salah satu pilihan tepat buat kita yang gemar bermain game dengan berbagai macam dukungannya. Kamu yang ragu-ragu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya lebih dulu.

Kelebihan ASUS ROG Phone 7 Ultimate

1. Game Apapun Bisa Dilibas

Seperti versi reguler, ROG Phone 7 Ultimate juga meluncur dengan mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) berkecepatan hingga 3,2GHz sebagai otaknya. Ini mengartikan bahwa perangkat tersebut bakalan mampu menangani berbagai macam judul game dengan lancar.

Snapdragon 8 Gen 2 secara teori apalagi memang membawa sejumlah peningkatan ketimbang chipset yang digunakan oleh ASUS ROG Phone 6 sebelumnya. CPU miliknya 15 persen lebih cepat dan 15 persen lebih efisien. GPU-nya pun 20 persen lebih mumpuni.

Chipset generasi baru Qualcomm ini dipadukan dengan RAM bertipe LPDDR5X berkapasitas 16GB dan media penyimpanan internal UFS 4.0 sebesar 512GB. Jadi seberat apapun game yang dimainkan bukan masalah besar saat kita memakai perangkat ROG Phone 7 Ultimate.

Ditambah lagi, ROG Phone 7 Ultimate juga mendukung ray tracing berbasis peranti keras berkat Snapdragon 8 Gen 2. Teknologi ini nanti memungkinkan pencahayaan gambar seperti pantulan pada permukaan air atau logam terlihat lebih realistis.

2. Sistem Termal Unggulan

Selain membawa sistem termal GameCool 7 yang menawarkan proses pendinginan chipset dari segala arah seperti versi reguler, ROG Phone 7 Ultimate juga mempunyai teknologi tambahan bernama AeroActive Portal yang mampu membuat penanganan suhu semakin unggul.

AeroActive Portal merupakan sebuah lubang khusus yang bisa terbuka secara otomatis ketika kita memasang AeroActive Cooler 7. Fungsinya untuk mengalirkan udara ke sistem pendingin vapor chamber sehingga bisa 3 kali lebih efisien menghilangkan panas yang dihasilkan oleh chipset.

Dikombinasikan bersama Gamecool 7 yang menggabungkan Boron Nitride (BN) di sisi belakang chipset, Rapid-Cycle vapor chamber dan graphite, serta tambahan aksesori AeroActive Cooler 7, manajemen suhu ROG Phone 7 Ultimate bakalan berjalan secara lebih baik dengan adanya AeroActive Portal.

3. Dukungan Daya Mumpuni

Baterai berkapasitas 6.000mAh yang dibawa oleh ROG Phone 7 Ultimate juga bakal memanjakan para pengguna. Kita pun dapat memakai perangkat untuk bermain game atau mengerjakan aktivitas yang lain dengan durasi waktu lebih lama.

Apabila perlu mengisi daya, ROG Phone 7 Ultimate pun sudah dilengkapi teknologi 65W HyperCharge. Dukungan pengisian cepat tersebut diklaim mampu membuat baterai penuh dari kosong hanya dalam kurun waktu sekitar 42 menit.

Ponsel tersebut juga mempunyai dukungan Bypass Charging yang mampu menjeda proses pengisian saat kita bermain game dalam kondisi perangkat terhubung ke adaptor. Jadi suhu ROG Phone 7 Ultimate bisa tetap stabil dan kesehatan baterainya pun tidak akan cepat menurun.

4. Layar Mendukung Animasi Tinggi

Untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik, ROG Phone 7 Ultimate juga dipersenjatai dengan layar AMOLED berukuran 6,8 inci. Panelnya mempunyai resolusi Full HD+ (2448 x 1080 piksel) dengan perlindungan cahaya berbahaya tersertifikasi SGS.

Yang paling menarik dari layar yang digunakan oleh ROG Phone 7 Ultimate adalah dukungan refresh rate-nya. Perangkat tersebut mempunyai panel yang mampu menghadirkan animasi hingga 165Hz di mana paling tinggi untuk ponsel masa sekarang.

Refresh rate yang sangat tinggi ini memungkinkan ROG Phone 7 Ultimate mampu menangani berbagai macam pengaturan animasi konten. Bakalan sangat cocok untuk memainkan genre game yang memerlukan respon cepat seperti tembak-menembak.

5. Fitur Lengkap Untuk Bermain Game

Sama halnya versi reguler, fitur pengontrol AirTrigger juga ikut hadir pada ROG Phone 7 Ultimate. Sensor ultrasonik yang dipakainya mampu mengidentifikasi hingga sembilan jenis gesture sehingga bisa dipakai untuk menghadirkan lebih banyak fungsi alih-alih hanya sebagai tombol L dan R.

ROG Phone 7 Ultimate juga meluncur dengan dukungan bernama X-Haptic. Perangkat tersebut nantinya dapat memberikan umpan balik yang lebih baik melalui sebuah getaran untuk menciptakan pengalaman sesuai situasi di dalam game.

Pengalaman bermain game pun bisa terasa semakin menyenangkan karena ROG Phone 7 juga membawa speaker ganda yang ditempatkan secara simetris di bagian depan. Kalau suaranya masih kurang, aksesori AeroActive Cooler 7 kini juga mempunyai subwoofer yang bisa dipakai sebagai tambahan.

Di sisi lain, kita juga mempunyai opsi yang lebih luas dalam menggunakan headphone atau headset. ROG Phone 7 Ultimate mendukung mulai dari jack 3,5mm, koneksi USB Type-C, maupun codec Qualcomm aptX dan aptX Lossless untuk nirkabel. Terdapat juga dukungan Hi-Res Audio yang memungkinkan kita mendengarkan suara berkualitas tinggi.

Kekurangan ASUS ROG Phone 7 Ultimate

1. Kamera Tergolong Biasa

Sebagai bagian dari kelas flagship, kamera yang dibawa oleh ROG Phone 7 Ultimate sayangnya tergolong sangat biasa. Ada beberapa ponsel dengan harga serupa menawarkan sistem lensa yang lebih tinggi dan lengkap ketimbang perangkat tersebut.

Perangkat tersebut masih mengandalkan Sony IMX766 yang hanya mempunyai resolusi maksimal hingga 50MP. Selain itu, belum ada sensor telefoto seperti kebanyakan ponsel di kelasnya melainkan hanya lensa ultra-wide 13MP dan makro 5MP saja.

2. Harga Peningkatannya Kemahalan

Peningkatan yang ditawarkan oleh ROG Phone 7 Ultimate juga bisa dikatakan sangat mahal. Untuk meminangnya, kita memerlukan uang senilai Rp18.999.000 atau terpaut hingga Rp5.000.000 jika dibandingkan varian tertinggi dari versi reguler.

Padahal dengan selisih harga yang relatif jauh ini, kita nantinya hanya akan memperoleh beberapa peningkatan untuk ROG Phone 7 Ultimate di mana termasuk tambahan RAM sebesar 4GB, layar OLED yang berfungsi sebagai X Vision, dan fitur AeroActive Portal.

3. Tidak Mendukung Micro SD

Selayaknya ponsel-ponsel flagship di masa sekarang, ROG Phone 7 Ultimate juga tidak menyediakan slot ekspansi penyimpanan eksternal. Jadi kita harus puas dengan media internal sebesar 512GB di mana untungnya sudah cukup pas untuk pemakaian saat ini.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar