ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7 – Generasi Selanjutnya Makin Bertenaga

Kelebihan dan Kekurangan ROG Phone 7 - Header

Gadgetren – ASUS ROG Phone 7 akhirnya resmi dijual di Indonesia. Kamu yang memerlukan pengalaman bermain game seluler lebih baik pun bisa merapat ke sejumlah saluran penjualan untuk meminangnya.

Perangkat dengan harga mulai dari Rp10.999.000 tersebut tentu bisa menjadi alternatif pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. ASUS memang secara khusus merancang ROG Phone 7 untuk menyasar kebutuhan bermain game seluler.

Dengan tujuan itu, ASUS pun mengembangkan perangkat tersebut dengan spesifikasi dan berbagai macam fitur untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Hal ini bisa terlihat sangat jelas dari satu set kelebihan dan kekurangan yang dibawa oleh ROG Phone 7.

Kelebihan ASUS ROG Phone 7

1. Kinerja Jelas Mumpuni

Agar mampu mengakomodasi semua judul game mulai dari yang ringan hingga berat, ROG Phone 7 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang mampu dipacu hingga 3,2GHz sebagai dapur pacu. Kemampuan chipset ini adalah salah satu yang teratas untuk pemakaian di masa sekarang.

Bahkan jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipakai di ASUS ROG Phone 6, chipset ini pun membawa sejumlah peningkatan. Snapdragon 8 Gen 2 setidaknya mempunyai CPU 15 persen lebih cepat dan 15 persen lebih hemat daya serta GPU 20 persen lebih bertenaga.

Berkat chipset ini, ROG Phone 7 pun mendukung teknologi ray tracing yang dipercepat perangkat keras. Jadi pencahayaan lingkungan dalam sebuah game seperti pantulan-pantulan cahaya pada permukaan air dan logam dapat terlihat lebih realistis.

Ditambah lagi, ROG Phone 7 juga dilengkapi RAM bertipe LPDDR5X dengan kapasitas minimal 8GB dan media penyimpanan internal UFS 4.0 sebagai penunjang. Maka dari itu apapun game yang dijalankan pasti dapat ditangani dengan baik oleh ponsel khusus tersebut.

2. Bawa Sistem Pendingin yang Ditingkatkan

Untuk menjaga agar suhu perangkat tetap stabil sehingga pengalaman bermain game tidak menurun, ponsel kelas atas tersebut juga sudah dilengkapi dengan sistem pendingin terbaru ASUS yang bernama Gamecool 7.

Sedikit informasi buat kamu yang belum tahu, Gamecool 7 merupakan sistem termal yang diklaim mampu mendinginkan chipset dari segala arah. Teknologi ini soalnya memakai tiga pendekatan proses pendinginan untuk melakukan hal itu.

Sistem Gamecool 7 akan mendinginkan CPU dengan gabungan antara Rapid-Cycle vapor chamber dan graphite di sisi depan. Teknologi ini kemudian memakai Boron Nitride (BN) di sisi belakang. Terdapat juga aksesori AeroActive Cooler 7 sebagai penunjang.

3. Layar Oke Untuk Bermain Game

Spesifikasi layar yang turut menjadi bagian penting untuk bermain game juga menjadi salah satu keunggulan dari ROG Phone 7. Perangkat tersebut soalnya membawa panel dengan refresh rate hingga 165Hz yang notabene paling tinggi di antara ponsel masa kini.

Kelebihan dan Kekurangan ROG Phone 7 - Layar

Secara teori dengan layar 165Hz, ROG Phone 7 bakalan mampu menampilkan animasi karakter atau gambar secara lebih mulus menyesuaikan pengaturan tertinggi dari konten yang dimainkan. Ini akan sangat cocok untuk bermain game yang memerlukan respon cepat.

Di samping itu, ROG Phone 7 juga mengusung panel yang sangat baik. ASUS sudah menggunakan layar AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi gambar hingga Full HD+ (2448 x 1080 piksel) dan proteksi paparan cahaya berbahaya tersertifikasi Samsung.

4. Disokong Baterai Jumbo dan Teknologi Pengisian Daya Mutakhir

Bermain game juga bisa dilakukan dengan durasi sangat lama saat kita menggunakan ponsel tersebut. ROG Phone 7 meluncur dengan membawa baterai berkapasitas sebesar 6.000mAh yang mana secara teknis mempunyai siklus pemakaian panjang.

Kita pun tak perlu takut saat ponsel kehabisan daya karena perangkat juga mendukung teknologi 65W HyperCharge. Proses pengisian pun bisa berjalan lebih singkat di mana bahkan diklaim hanya memerlukan sekitar waktu 42 menit untuk membuat baterai penuh.

Selain itu, ada juga fitur Bypass Charging yang memungkinkan proses pengisian dialihkan langsung ke papan utama sehingga kita bisa tetap bermain game tanpa perlu mengkhawatirkan kesehatan baterai maupun peningkatan panas yang berlebihan.

5. Fitur Bermain Game Lengkap

Sebagai ponsel gaming, ROG Phone 7 juga membawa fitur bermain yang sangat komplit. Kita di antaranya akan menemukan sistem pengontrol tambahan yang dikembangkan dari sensor ultrasonik bernama AirTrigger.

Sistem pengontrol AirTrigger ini menariknya tak hanya dapat difungsikan sebatas untuk tombol L dan R seperti di konsol. Karena mendukung berbagai macam gesture, kita pun bisa mengaturnya untuk menjalankan fungsi yang lebih beragam.

ROG Phone 7 juga membawa motor linier sumbu X yang disebut X-Haptic. Dukungan ini memungkinkan perangkat memberikan umpan balik dari penggambaran skenario sebuah game dengan getaran kuat yang dioptimalkan sesuai pemakai harian.

Aksesori AeroActive Cooler 7 pun kini tidak hanya akan bekerja sebagai pendingin saja. Selain menawarkan kemampuan pengelolaan suhu yang lebih baik, komponen tambahan ini juga dilengkapi subwoofer yang menghadap ke arah depan untuk meningkatkan produksi suara bass.

Membahas soal dukungan suara, ROG Phone 7 sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan speaker ganda simetris di sisi depan yang mampu menghasilkan volume 50% lebih efektif dan performa bass 20% lebih kuat. Terdapat juga dukungan dari teknologi Dirac.

Bagi kita yang lebih suka menggunakan perangkat kepala seperti headphone atau TWS, ROG Phone 7 juga dilengkapi dengan opsi lebih banyak karena mendukung baik jack audio 3,5mm, USB Type-C, maupun codec Qualcomm aptX dan aptX Lossless untuk nirkabel. Terdapat juga dukungan untuk memutar Hi-Res Audio.

Kekurangan ASUS ROG Phone 7

1. Kamera Sangat Standar

Hadir di kasta premium, dukungan kamera dari ROG Phone 7 sayangnya bisa dibilang sangat standar jika dibandingkan dengan berbagai macam ponsel sekelasnya. Perangkat tersebut masih mengandalkan Sony IMX766 yang beresolusi hingga 50MP.

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 7 - Kamera

Perangkat tersebut juga hanya menggunakan sensor ultra-wide 13MP dan makro 5MP. Kebanyakan ponsel dengan harga lebih dari Rp10 juta padahal sudah dilengkapi lensa telefoto yang memungkinkan kita melakukan pengambilan gambar jarak jauh.

2. Tidak Mendukung Micro SD

Meluncur dengan kapasitas media internal minimal 256GB, ROG Phone 7 pun mengikuti jejak ponsel-ponsel flagship secara umum. Perangkat tersebut juga menghapus dukungan untuk menambahkan kartu penyimpanan eksternal seperti Micro SD.

Kapasitas media internal sebesar 256GB untungnya sudah cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Jika masih kurang pun, kita dapat memanfaatkan layanan penyimpanan awan yang kini semakin beragam atau memindahkannya secara berkala ke perangkat lain.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar