ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan TECNO CAMON 20 Premier 5G – Kinerjanya Tangguh!

Kelebihan dan Kekurangan TECNO CAMON 20 Premier 5G Header

Gadgetren – TECNO CAMON 20 Premier 5G menjadi salah satu ponsel premium TECNO yang telah hadir di Indonesia pada tahun 2023 bersama dengan varian lainnya.

Sesuai dengan labelnya, ponsel yang satu ini sudah mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download mencapai 4,7 Gbps dan upload mencapai 2,5 Gbps.

Perangkat ini telah menggunakan sensor fingerprint di dalam layar yang dapat mendeteksi sidik jari dengan cepat. Adapun fitur Face Unlock memudahkan penggunanya dapat membuka kunci layar dengan wajah.

Dengan harga resmi Rp5.999.000 di Indonesia, TECNO mengklaim bahwa perangkat ini memiliki performa hingga kemampuan kamera yang dapat memanjakan penggunanya.

Kelebihan TECNO CAMON 20 Premier 5G

1. Nikmati Konten dengan Nyaman

Mengikuti tren saat ini, TECNO CAMON 20 Premier 5G sudah dibekali layar AMOLED dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mampu membuat mata nyaman ketika memainkan game, menonton film, maupun mengakses media sosial.

Dengan lebar 6,67 inci yang memenuhi bagian depan dan bezel kecil, layarnya dapat menampilkan konten secara luas. Terdapat fitur Always On Display yang menampilkan informasi penting seperti munculnya informasi waktu, tanggal, persentase baterai, dan notifikasi tanpa perlu membuka kunci layar.

TECNO CAMON 20 Premier 5G - Game

Layarnya sudah menggunakan refresh rate 120Hz yang dapat menampilkan gerakan animasi sangat halus. Ditambah adanya touch sampling rate mencapai 360Hz membuat sentuhan jari dapat dideteksi lebih cepat.

Untuk membuat suasana bermain game menjadi lebih hidup, TECNO CAMON 20 Premier 5G juga sudah dilengkapi dengan dua speaker dengan teknologi Hi-RES Audio dan DTS sehingga mampu menghasilkan suara stereo dengan lantang dan dapat mendengar jelas posisi langkah karakter.

2. Desain yang Memikat

­Bodi belakang dari TECNO CAMON 20 Premier 5G menggunakan tekstur kulit leci yang akan terasa mewah ketika disentuh layaknya interior di mobil mewah. Untuk desainnya menggunakan puzzle dengan pola berlian yang membuat terlihat unik seperti saudaranya.

Hal ini juga membuat permukaan bodi belakang licin tidak licin ketika dipegang dengan satu tangan. TECNO sendiri menghadirkan pilihan warna andalan yang terdiri Dark Welkin dan Serenity Blue.

TECNO CAMON 20 Premier 5G - Wearing Man

Dark Welkin tentunya menampilkan warna hitam pekat yang membuat ponsel ini terlihat menawan. Sementara Serenity Blue menghadirkan warna biru muda yang tampil lebih unik.

Dengan waktu memproses dan membuat desain yang mencapai 576 jam, bagian belakang TECNO CAMON 20 Premier 5G pun bakal terasa berkualitas tinggi.

3. Mulus Jalankan Aplikasi dan Game

Dapur pacu dari TECNO CAMON 20 Premier 5G dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 8050 (6nm) Octa-Core 3 GHz yang mampu menghadirkan kinerja bertenaga untuk menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar.

Adapun fitur MediaTek HyperEngine membuat performa dari ponsel dapat meningkat ketika memainkan game. Apalagi ponsel ini menggunakan RAM 8 GB yang mampu menjalankan aplikasi maupun game secara multitasking dengan lancar.

TECNO CAMON 20 Premier 5G - Chipset

Terdapat juga fitur Extended RAM yang dapat menyediakan RAM tambahan hingga 8 GB yang diklaim TECNO memungkinkan ponsel dapat menjalankan 18 aplikasi secara simultan dengan mulus.

Tak tanggung-tanggung, penyimpanan internal yang dimilikinya pun mencapai 512 GB agar mampu menampung banyak dokumen, aplikasi, game, foto, maupun video sekaligus.

Dukungan teknologi pendingin yang memiliki kombinasi Large Graphene, High Polymer Gel, dan Large Vapor Chamber Liquid- Cooling membuat TECNO CAMON 20 Premier 5G tetap adem walaupun menjalankan game dalam waktu yang lama.

4. Baterai Tahan Lama dan 45W Super Charge

Baterai 5.000mAh yang dipercaya menjadi sumber energi kehidupan bagi TECNO CAMON 20 Premier 5G diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal, memutar video, maupun memainkan game.

TECNO CAMON 20 Premier 5G - Battery

Hadirnya fitur 45W Super Charge memungkinkan pengisian daya baterainya pun berjalan sangat cepat. Apalagi terdapat fitur Safety sehingga pengisian daya dengan kecepatan tinggi tersebut membuat baterai tetap aman.

Fitur AI Smart Charge yang hadir pada perangkat ini juga dapat membuat pengisian daya baterai berjalan secara pintar sehingga masa pakai baterai akan menjadi lebih awet setelah digunakan dalam waktu lama.

5. Kamera Beresolusi Besar

Perangkat ini hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 108 MP, dan bokeh 2 MP. Kamera utamanya sudah menggunakan teknologi RGBW (Red Green Blue White) yang mampu menghasilkan foto dengan lebih cerah dan tajam.

Berkat resolusi yang besar, kamera ultrawide dapat menghasilkan foto dengan detail tinggi pada area yang luas. Apalagi kamera ultrawide juga digunakan untuk menghasilkan foto makro.

TECNO CAMON 20 Premier 5G - Camera

Sementara kamera bokeh dikombinasikan dengan kamera utama akan menghasilkan foto Portrait dengan efek latar buram yang rapi. Terdapat fitur Sensor -Shift OIS (Optical Image Stabilization) yang membuat kamera utamanya dapat merekam video dengan stabil dan tidak goyang bahkan ketika pengguna sedang berlari maupun berkendara.

Kamera utamanya sendiri mampu menghasilkan video hingga resolusi 4K 30fps. Sementara kamera depan 32 MP dengan dukungan AI Shining dapat menghasilkan foto selfie dengan wajah mulus dan terlihat natural.

Kekurangan TECNO CAMON 20 Premier 5G

1. Tidak Ada Port 3,5 mm Audio Jack

Untuk membuat ponsel ini lebih ramping, TECNO sayangnya tidak menghadirkan port jack audio 3,5mm. Dengan begitu, pengguna harus menggunakan adapter ke USB Type-C untuk menghubungkan perangkat audio yang masih menggunakan colokan model tersebut.

Selain itu juga bisa dengan membeli earphone atau headphone yang sudah menggunakan koneksi Bluetooth atau langsung port USB Type-C jika tidak ingin menggunakan adapter tambahan.

TECNO CAMON 20 Premier 5G - No microSD

2. Absennya Slot microSD

Percaya diri dengan kapasitas penyimpanan internalnya yang besar, TECNO tidak membekali ponsel ini dengan slot microSD sama sekali sehingga pengguna tidak dapat mengekspansi kapasitas penyimpanan.

Padahal kamera utama yang beresolusi besar akan menghasilkan foto dan video dengan ukuran file yang tidak kecil. Apalagi kalau sering mengabadikan momen, kapasitas penyimpanan internalnya pun akan cepat habis akibat banyaknya foto yang tersimpan.

3. Belum Ada IP Rating

Dengan harga yang dimilikinya, TECNO CAMON 20 Premier 5G pun belum dilengkapi dengan IP Rating. Padahal ponsel kompetitor di kisaran harga yang sama sudah memiliki sertifikasi IP67 atau IP68 yang menandakan telah tahan terhadap debu dan air.

Apabila memiliki sertifikasi IP67 atau IP68, maka sebuah ponsel diklaim akan mempunyai ketahanan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 atau 1,5 meter dengan waktu maksimal yang mencapai 30 menit.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar