ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini Ternyata Bedanya TECNO CAMON 20 Premier 5G Vs CAMON 20 Pro 5G

TECNO CAMON 20 Premier 5G Vs CAMON 20 Pro 5G Header

Gadgetren – TECNO telah menghadirkan CAMON 20 Premier 5G dan 20 Pro 5G di Indonesia dengan spesifikasi yang tergolong tinggi di kelasnya.

Kedua ponsel ini sudah diotaki chipset MediaTek Dimensity 8050 (6nm) berkecepatan Octa-Core 3 GHz dan GPU Mali-G77 MC9 yang memiliki performa bertenaga untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Berkat hadirnya modem 5G di chipset besutan MediaTek tersebut, TECNO CAMON 20 Premier 5G dan CAMON 20 Pro 5G mampu mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 4,7 Gbps dan upload hingga 2,5 Gbps.

Kedua ponsel ini pun sudah dilengkapi dengan RAM 8 GB untuk menangani aktivitas multitasking. Apalagi terdapat fitur Extended RAM yang dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM tambahan hingga 8 GB.

Semua ponsel ini sudah dilengkapi layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten secara terang dan jernih. Berkat refresh rate 120Hz, layarnya akan menghadirkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan halus.

Tepat pada punch hole sebagai tempat kamera depan 32 MP untuk digunakan berfoto, video call, dan Face Unlock. Dengan kamera depan, pengguna juga dapat merekam video hingga Full HD (1080p) 30 fps.

Layar Seri TECNO CAMON 20

Desain dari kedua ponsel pun terasa unik karena menggunakan pola berlian yang membuatnya terlihat menawan. Dukungan dua kartu SIM, WiFi, sensor fingerprint di dalam layar, Bluetooth, NFC, port USB Type-C, dan Android 13 pun sudah dibenamkan pada keduanya.

TECNO juga menjanjikan bahwa kedua perangkat ini akan mendapatkan update Android 13 di tahun 2024 mendatang. Dengan baterai 5.000mAh, kedua ponsel ini diklaim dapat bertahan seharian dalam pemakaian normal.

TECNO CAMON 20 Premier 5G Vs CAMON 20 Pro 5G

Perbedaan yang paling terasa antara kedua perangkat ini terdapat pada penyimpanan internalnya dimana TECNO CAMON 20 Premier 5G dilengkapi kapasitas 512 GB yang mana dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan CAMON 20 Pro 5G yang membawa kapasitas 256 GB.

Selain itu TECNO CAMON 20 Premier 5G dibekali dengan fitur 45W Super Charge yang mampu mengisi daya baterai lebih cepat dibandingkan 33W Super Charge yang dimiliki oleh CAMON 20 Pro 5G .

Kamera utama dari kedua ponsel ini sama-sama menggunakan teknologi RGBW (Red Green Blue White) yang mampu menyerap banyak cahaya untuk menghasilkan foto lebih terang dan jelas di berbagai kondisi, baik siang hari maupun malam hari.

TECNO-CAMON-20-Premier-5G-2

TECNO CAMON 20 Premier 5G

Namun TECNO CAMON 20 Premier 5G yang menggunakan kamera utama 50 MP diklaim akan mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dan bagus dibandingkan CAMON 20 Pro 5G yang membawa kamera utama 64 MP.

Walaupun begitu kedua ponsel ini mampu menghasilkan foto sudah menggunakan teknologi pixel binning untuk menangkap foto dengan baik di berbagai kondisi dan memiliki detail yang tinggi.

Bahkan TECNO juga mengklaim bahwa fitur sensor shift OIS (Optical Image Stabilization) pada CAMON 20 Premier 5G bakal membuat perekaman video jadi lebih stabil dibandingkan fitur OIS standar pada CAMON 20 Pro 5G untuk mengurangi adanya guncangan.

TECNO CAMON 20 Premier 5G juga mempunyai kamera ultrawide 108 MP di bagian belakang yang mampu menghasilkan foto dengan area luas sekaligus untuk foto makro. Sementara CAMON 20 Pro 5G tidak memiliki kamera ultrawide melainkan hanya memiliki kamera makro 2 MP saja.

Kedua ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera bokeh 2 MP untuk mendukung pengambilan foto Portrait dengan efek bokeh pada bagian latarnya.

TECNO CAMON 20 Pro 5G

TECNO CAMON 20 Pro 5G

Tepat di sebelah kamera belakang, CAMON 20 Premier 5G terdapat Octa-Ring Flash yang dapat menghadirkan cahaya yang lebih terang dibandingkan Quad-Ring Flash yang dimiliki CAMON 20 Pro 5G.

TECNO CAMON 20 Premier 5G sayangnya sudah tidak dilengkapi dengan port jack audio 3,5mm sehingga perlu membutuhkan dongle maupun perangkat audio yang sudah mendukung USB-C jika ingin tetap terhubung melalui kabel.

Namun berbeda dengan itu, CAMON 20 Pro 5G ternyata masih memiliki port jack audio 3,5mm sehingga memungkinkan penggunaan perangkat audio yang lebih fleksibel.

Di Indonesia, TECNO CAMON 20 Premier 5G sendiri dibanderol dengan harga Rp5.999.000. Namun untuk CAMON 20 Pro 5G belum disebutkan berapa harga banderolnya karena fase penjualannya baru akan dimulai pada Agustus 2023. Namun dari fitur yang ditawarkan, rasanya CAMON 20 Pro 5G akan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan CAMON 20 Premier 5G.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar