ASUS TUF Gaming FX507
Tekno

Bedanya ASUS ROG Ally Z1 Vs Z1 Extreme – Apa Hanya Performa?

ASUS ROG Ally Z1 Vs Z1 Extreme Header

Gadgetren – Mengikuti persaingan handheld PC portable, ASUS telah meluncurkan dua produknya yang terdiri dari ASUS ROG Ally Z1 dan Z1 Extreme di Indonesia.

Produk ini sama-sama mempunyai desain menarik dengan bentuk khas perangkat game yang didominasi oleh warna putih. ASUS ROG Ally Z1 dan Z1 Extreme memiliki dimensi 28 mm x 11,1 mm x 2,12 mm dan bobot 608 gram yang bakal masih terasa nyaman ketika digunakan untuk memainkan game.

Menurut pihak ASUS, ROG Ally mempunyai desain yang ergonomis dengan bagian pegangan yang dilengkapi tekstur khusus agar tidak muda terlepas dari tangan pengguna. Desain segitiga yang di bagian belakang pegangan tangannya berperan sebagai dudukan agar nyaman dari berbagai sudut penggunaan.

Adapun semua PC portable ini mempunyai layar IPS 7 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel), aspek rasio 16:9, waktu respon 7ms, Dolby Vision, Glossy Display, sRGB 100%, tingkat kecerahan maksimum 500nits, dan AMD FreeSync Premium.

ASUS ROG Ally Wear

Terdapat Gorilla Glass DXC dan Gorilla Glass Victus yang dapat mengurangi terjadinya goresan pada layar. Kedua perangkat ini sudah dilengkapi dengan RAM LPDDR5 16 GB dan SSD PCIe NVMe Gen4 512 GB.

Bahkan untuk mendapatkan kemampuan gaming yang lebih tinggi, ROG Ally bisa dihubungkan ke GPU eksternal XG Mobile dari ASUS ROG dengan pilihan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 dan 3070 atau menggunakan AMD Radeon 6800XT.

ASUS ROG Ally Z1 Vs Z1 Extreme

Bisa dibilang keduanya memiliki banyak persamaan, namun ASUS ROG Ally Z1 menggunakan APU AMD Ryzen Z1 dan ROG Ally Z1 Extreme memakai APU AMD Ryzen Z1 Extreme yang mana akan memberikan perbedaan performa walaupun sama-sama arsitektur Zen4.

AMD Ryzen Z1 hadir dengan CPU 6-Cores / 12-Threads, 22 MB total cache, hingga 4,9 GHz dan GPU AMD Radeon Graphics dari AMD RDNA 3 yang memiliki 4 CU hingga 2,5 GHz.

Sementara AMD Ryzen Z1 Extreme hadir dengan CPU 8-Cores / 16-Threads, 24 MB total cache, hingga 5,1 GHz ditambah GPU AMD Radeon Graphics dari AMD RDNA 3 yang memiliki 12 CU hingga 2,7 GHz.

ASUS ROG Ally Game

Hasilnya ASUS ROG Ally Z1 Extreme bakal mampu menawarkan performa komputasi grafis hingga 8,6 teraflop yang mana jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ROG Ally Z1 yang hanya mencapai 2,8 teraflop.

Menariknya kedua APU tersebut telah didukung Radeon Super Resolution (RSR) dan FidelityFX Super Resolution (FSR) yang diklaim dapat menghadirkan kinerja dan frame rate pada game yang semakin baik.

ASUS ROG Ally Z1 Extreme sendiri dibanderol dengan harga Rp11.299.000 dan ROG All Z1 seharga Rp10.099.000. Keduanya menggunakan Windows 11 Home dan mendapatkan 2 tahun garansi internasional.

Pre-order ASUS ROG Ally Z1 Extreme dimulai pada tanggal 27 Juni 2023 dengan bonus langganan Xbox Game Pass for PC secara gratis selama 3 bulan untuk setiap pemesanannya.

Jadi bisa dikatakan kalau keduanya memang hanya berbeda dari segi kinerja berkat APU yang digunakan. Sementara untuk fitur lain dari kedua versi bisa dikatakan tidak ada perbedaan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar