ASUS TUF Gaming F15
Aplikasi Berita

Tren Belanja dengan Live Streaming Semakin Digandrungi, Ini Alasannya

Tren Belanja dengan Live Streaming Semakin Digandrungi, Ini Alasannya[ilustrasi: pexels.com]

Gadgetren –  Melalui laporan terbarunya dengan judul ‘Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia’, Populix menyebutkan bahwa terdapat potensi yang besar terhadap tren belanja di e-commerce dengan menggunakan fitur live streaming.

Diperkirakan ke depannya fitur live streaming pada e-commerce akan menjadi andalan bagi penjual maupun pembeli untuk bisa saling bertemu dan melakukan transaksi. Latar belakang kehadiran fitur live streaming ini sendiri adalah sebagai adu strategi antar e-commerce mengingat terjadi perubahan perilaku berbelanja dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk itul Populix melakukan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada bulan Mei 2023 untuk melihat kehadiran fitur live streaming terhadap preferensi masing-masing konsumen.

Dari survei tersebut diungkapkan bahwa sebagian besar pengguna paling sering menggunakan Shopee Live untuk berbelanja dengan nilai persentase 69 persen. Kemudian disusul TikTok Live dengan persentase pengguna yang sangat jauh  di bawah yakni 25 persen.

Lalu Tokopedia Play dengan persentase pengguna hanya 4 persen dan LazLive hanya 2 persen. Berada di peringkat pertama, Shopee Live juga disebutkan memiliki pangsa pasar dengan jumlah transaksi tertinggi dibandingkan yang lain.

Lantas apa saja yang mempengaruhi pengguna lebih memilih fitur live shopping untuk berbelanja dibandingkan dengan metode belanja secara online seperti biasa?

Salah satu yang membuat fitur live streaming ini menarik minat pembeli ialah penjual kerap menghadirkan  penawaran menarik seperti gratis ongkir, diskon, promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.

Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri. Melalui fitur live streaming, pembeli bisa melihat dan bertanya secara langsung melalui video sehingga bisa mempengaruhi keputusannya saat berbelanja untuk kategori tertentu.

Populix-2

Dari kelebihan tersebut, Populix menyampaikan kategori produk yang paling banyak dibeli secara berurutan dari yang diminati sampai yang kurang adalah fashion dan aksesoris, kecantikan, perawatan & kesehatan, gaya hidup, kebutuhan rumah tangga, produk sehari-hari/FMCG, elektronik, serta ibu dan anak/kebutuhan bayi.

Shopee Live pun ditemukan menjadi fitur live streaming yang paling sering digunakan untuk membeli barang-barang kategori fashion dan kecantikan. Lebih detail, Populix juga mengungkapkan masing-masing e-commerce memiliki keunggulan dalam menampilkan fitur live shopping-nya.

Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar. Selanjutnya diikuti TikTok Live, Tokopedia Play, dan LazLive.

Fashion-dan-Kecantikan-sering-dibeli-melalui-live-streaming

Indah Tanip selaku Head of Research Populix menjelaskan bahwa kecenderungan masyarakat belanja lewat live streaming meningkat ketika pada masa pandemi Covid-19. Ketika diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hampir setiap hari masyarakat mengakses e-commerce untuk berbelanja.

“Akan tetapi kemudian muncul juga kebosanan, setiap hari berbelanja begitu-begitu saja. Kemudian muncul lah tren live streaming ini. Awalnya orang penasaran, terus ketagihan. Karena itu benar-benar menghipnotis, awalnya orang tidak ingin beli produk, ditunjukkan seller pas live stream, tiba-tiba check out,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar