ASUS Vivobook X BAPE
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro – Ponsel Murah Dengan Fitur Premium

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro - Header

Gadgetren – Infinix berhasil mengejutkan banyak orang dengan memboyong Infinix Note 30 Pro bersama versi regulernya ke Indonesia pada sesi peluncuran yang digelar pada tanggal 8 Juni 2023 lalu.

Selaras dengan namanya, perangkat Infinix tersebut pun dapat menjadi opsi bagi kita yang memerlukan ponsel baru dengan dukungan lebih baik. Hanya saja kita nanti memang perlu mengeluarkan dana lebih banyak ketimbang versi reguler untuk meminangnya.

Infinix sendiri mematok ponsel tersebut dengan harga normal Rp3.099.000 atau bisa sedikit lebih murah pada saat promo. Namun seperti umumnya perangkat di kelas menengah, Infinix Note 30 Pro juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum meminangnya.

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

1. Dukungan Pengisian Daya Mutakhir

Membahas kelebihan, pengisian daya menjadi salah satu di antara dukungan Infinix Note 30 Pro yang tak boleh kita lewatkan. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan untuk menunjang baterai berkapasitas 5.000mAh miliknya sangat lengkap dan mutakhir.

Meskipun hanya dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, Infinix Note 30 Pro misalnya sudah membawa teknologi pengisian 68W All-Round FastCharge. Jadi bisa mengisi baterai miliknya dengan durasi lebih singkat saat perangkat tersebut kehabisan daya karena tidak akan terlalu menunggu lama.

Teknologi ini diklaim mampu mengisi baterai milik Infinix Note 30 Pro hingga berkapasitas 80 persen hanya dalam kurun waktu 30 menit. Saat terpaksa, proses pengisian selama 5 menit pun sudah bisa membuat perangkat bertahan sampai 2,1 jam untuk bermain game.

Yang sangat menggoda, ponsel keluaran baru Infinix tersebut pun sudah dibekali dengan pengisian nirkabel yang mana padahal dukungan semacam ini umumnya masih tersedia secara terbatas di kelas atas. Hanya saja memang transfer daya yang dihadirkan memang maksimal hanya 15W.

Fitur reverse charging yang jadi andalan di kelas menengah juga tak lupa disematkan ke dalam ponsel tersebut. Menariknya, kita bisa memanfaatkan dukungan ini untuk mengisi perangkat lain baik memakai kabel maupun secara nirkabel.

Sama seperti Infinix Note 30 versi reguler, perangkat tersebut juga ikut mengemas mode Bypass Charge. Infinix menyebut bahwa teknologi ini memungkinkan kita bermain game dengan suhu tetap stabil meskipun ponsel sedang terhubung ke adaptor pengisi daya yang mana juga sangat menolong dalam membantu kesehatan baterai lebih terjaga.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro - Wireless Charging

2. Memori Besar

Kelebihan Infinix Note 30 Pro selanjutnya terletak pada konfigurasi memorinya yang sangat besar. Bagi kamu yang belum tahu, ponsel tersebut meluncur dengan dukungan RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal 256GB untuk menunjang kebutuhan aplikasi yang tidak lagi sedikit.

Konfigurasi memori sebesar ini tentu saja sudah cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Kita sudah bisa mengandalkan Infinix Note 30 Pro untuk melakukan multi-tasking dengan lancar serta menyimpan data atau aplikasi yang sangat banyak.

Berkaitan dengan memori, Infinix Note 30 Pro pun mempunyai fitur bernama MemFusion yang bisa dipakai untuk mengaktifkan RAM virtual hingga 8GB sebagai tambahan jika dirasa masih kurang. Terdapat juga slot Micro SD untuk memperluas media penyimpanan jika membutuhkan ruang lebih banyak.

Kemampuan yang dimiliki oleh Infinix Note 30 Pro makanya tak boleh dipandang sebelah mata. Dapur pacu yang dipakai oleh perangkat tersebut apalagi sudah mengandalkan MediaTek Helio G99 (6nm) yang mampu dikebut hingga 2,2GHz sehingga bakal lancar untuk dibawa bermain game.

3. Layar Tak Hanya Luas

Mengikuti jejak ponsel besutan Infinix sebelumnya, layar berukuran luas juga turut menjadi salah satu kelebihan dari perangkat tersebut. Infinix Note 30 Pro bahkan tercatat memakai panel yang membentang hingga seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD+.

Namun tentu saja, kita tidak hanya akan dimanjakan dengan layar yang luas. Infinix Note 30 Pro selain itu pun sudah mengandalkan panel AMOLED dengan tingkat kecerahan sampai 900 nit serta mendukung rasio kontras hingga 5.000.000 : 1.

Mata kita pun akan dimanjakan dengan animasi yang lebih terlihat mengalir saat menonton video atau bermain game selama pengaturan konten mendukung. Layar yang dipakai oleh Infinix Note 30 Pro soalnya juga mempunyai refresh rate hingga 120Hz untuk menghadirkan gerakan animasi yang lebiih mulus.

Berlama-lama menatap layar ponsel tersebut juga tak perlu dikhawatirkan. Guna melindungi mata pengguna saat memakainya, Infinix Note 30 Pro pun dilengkapi dengan proteksi paparan cahaya berbahaya yang tersertifikasi TUV Rheinland.

4. Dukungan Multimedia yang Bagus

Selain layar yang menawan, dukungan untuk multimedia dari Infinix Note 30 Pro juga cukup lengkap. Kita akan menemukan beberapa fitur penunjang yang dapat meningkatkan kenyamanan pemakaian saat kita ingin menikmati konten hiburan baik visual maupun audio.

Kita di antaranya akan menjumpai speaker ganda yang sudah disetel oleh JBL, yaitu salah satu perusahaan audio ternama dari Amerika. Jadi suara yang akan dihasilkan oleh Infinix Note 30 Pro saat memutar musik, menonton video, atau bermain game akan terdengar lebih baik.

Tak ketinggalan, Infinix Note 30 Pro juga sudah mengantongi sertifikat Hi-Res Audio. Ini mengartikan bahwa perangkat tersebut secara teknis mendukung pemutaran suara beresolusi tinggi yang mana umumnya sangat digemari oleh para audiophile.

5. Bodi Tampak Premium

Jika memerlukan perangkat yang terlihat premium tetapi harganya terjangkau, Infinix Note 30 Pro pun dapat menjadi salah satu alternatifnya. Ponsel tersebut tak hanya membawa desain cantik melainkan juga memakai bahan berkelas yang mana cukup menarik untuk di kelas harganya.

Ponsel-ponsel yang dibanderol dengan harga kisaran Rp3 jutaan wajarnya memang masih mengandalkan material plastik sebagai penutup belakangnya. Namun, Infinix Note 30 Pro hadir terlihat mengambil langkah berbeda karena perangkat tersebut memakai bahan kaca untuk memberikan kesan premium.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 30 Pro - IP Rating

Agar dapat digunakan dalam berbagai macam skenario pemakaian, Infinix Note 30 Pro juga sudah mengantongi sertifikat IP53 yang menunjukkan bahwa bodi perangkat tersebut mempunyai ketahanan lebih baik terhadap percikan air dan debu sehingga tidak perlu khawatir jika mendadak keujanan atau ketumpahan air.

Kekurangan Infinix Note 30 Pro

1. Terlalu Banyak Bloatware

Seperti saudaranya, Infinix Note 30 Pro pun meluncur dengan antarmuka XOS 13 yang berjalan di atas Android 13. Ponsel tersebut makanya mempunyai fitur dan dukungan yang sangat lengkap untuk membantu para pengguna dalam beraktivitas.

Sayangnya, fitur dan dukungan yang ditawarkan oleh XOS 13 kebanyakan berwujud bloatware atau aplikasi bawaan. Di antaranya pun tak hanya buatan Infinix sendiri tetapi juga dari pihak ketiga yang kadang-kadang mempunyai fungsi serupa. Ini tentunya cukup disayangkan apalagi jika banyak aplikasi yang tidak digunakan.

2. Pelindung Layar Perlu Dipertanyakan

Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, Infinix Note 30 Pro yang meluncur dengan panel menawan sayangnya juga tidak disebutkan secara pasti apakah menggunakan lapisan pelindung khusus seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Jadi sangat rawan tergores saat pemakaian yang mana membuat kita harus ekstra hati-hati.

Solusinya, kita bisa memasang pelindung layar tambahan yang kini tersedia sangat beragam di pasaran. Kita dalam hal ini dapat memilih mulai dari screen guard, tempered glass, hingga hydrogel yang mana menawarkan karakteristik perlindungan berbeda-beda.

Tentang penulis

Sukindar

This Gadgetren writer actively creates guides on a wide range of technology topics, from explaining how to use various devices to demystifying tech jargon.

Tinggalkan Komentar