ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Keluar Grup WhatsApp Diam-diam Agar Tidak Ketahuan

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Secara Diam-diam - Header

Gadgetren – Keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam kini semakin mudah untuk dilakukan. Layanan pesan instan tersebut soalnya sudah mempunyai dukungan untuk melakukan hal itu.

Lewat pembaruan yang diumumkan oleh WhatsApp (WA) pada Agustus 2022 silam, layanan membawa sejumlah pengaturan baru untuk meningkatkan privasi pengguna. Termasuk di antaranya opsi keluar grup yang kini dapat dilakukan secara diam-diam.

Dengan peluncuran dukungan privasi baru ini, kita kini bisa meninggalkan percakapan grup di layanan WhatsApp secara lebih nyaman. Kini hanya admin grup saja yang akan memperoleh pemberitahuan saat kita memutuskan untuk keluar.

Layanan WhatsApp dalam hal ini tidak akan lagi mengirimkan notifikasi nomor keluar ke dalam percakapan seperti apa yang sudah-sudah. Jadi kecil kemungkinan anggota lain bisa langsung menyadari saat ada seseorang yang meninggalkan grup.

Untuk keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam, kita pun tidak perlu menempuh metode khusus. Kita bahkan bisa melakukan hal itu hanya dengan memakai langkah-langkah yang sama seperti meninggalkan percakapan sebelum-sebelumnya.

Cara Keluar Grup WhatsApp Diam-diam

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Masuk ke percakapan grup yang mau ditinggal.
  • Ketuk Nama Grup di bar atas untuk membuka Group Info.
    Cara Keluar dari Grup WhatsApp Secara Diam-diam - 1
  • Gulir ke bawah.
  • Ketuk tombol Exit Group.
    Cara Keluar dari Grup WhatsApp Secara Diam-diam - 2
  • Konfirmasi dengan tombol yang sesuai.
    Cara Keluar dari Grup WhatsApp Secara Diam-diam - 3

Perlu diingat bahwa fitur keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam hanya dapat berlaku untuk aplikasi versi anyar. Agar bisa berhasil, kita makanya perlu melakukan pembaruan terlebih dahulu baik melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Selain itu, anggota lain dari grup terkait tetap bisa mengecek siapa saja yang baru keluar meskipun tidak memperoleh notifikasi di halaman percakapan. Kini soalnya ada menu khusus bernama View past participants yang bisa dipakai untuk melakukan hal itu.

Menu View past participants sendiri terletak di bagian paling bawah dari daftar anggota grup yang ada di halaman Group Info. Kabar baiknya, dukungan ini berlaku cukup terbatas karena hanya mampu menampilkan siapa saja yang meninggalkan atau dikeluarkan sebelum 60 hari. Lebih dari itu maka akan dihapus.

Bagi saya pribadi, fitur keluar grup WhatsApp yang sekarang sudah cukup bermanfaat. Soalnya, kemungkinan anggota mengecek bagian View past participants sangat kecil kecuali mereka memang sudah terlebih dahulu menyadari ketiadaan kita.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar