ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Apple Rilis Headset AR Pertamanya, Dibanderol 50 Jutaan!

Rilis Apple Vision Pro

Gadgetren – Selain membawa laptop MacBook Air 15″ dengan chip M2, Apple juga turut menghadirkan headset Augmented Reality (AR) pertamanya yang bernama Apple Vision Pro dalam ajang WWDC 2023 di California.

Apple Vision Pro akan mulai bisa dibeli pada tahun 2024 melalui situs apple.com dan toko fisik Apple Store dengan harga mulai 3499 USD atau sekitar Rp51,9 jutaan. Headset AR ini akan hadir dengan tampilan antarmuka VisionOS.

Keunggulan VisionOS sendiri disebut memungkinkan pengguna bisa melakukan penjelajahan konten hingga bernavigasi antar aplikasi iOS dengan bebas tanpa bantuan alat pengendali tambahan atau pihak ketiga.

Bahkan Apple Vision Pro juga bisa membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan lebih multitasking dengan menggunakan aksesoris tambahan Magic Keyboard dan Magic Trackpad yang bisa terhubung melalui koneksi Bluetooth.

Ketika dikenakan, headset AR Apple Vision Pro akan menampilkan hingga dua layar di mata pengguna sekaligus dengan dukungan resolusi tinggi mencapai 23 juta piksel dan memungkinkan pengguna bisa menikmati konten dengan resolusi 4K.

Dari tampilannya, Apple Vision Pro mengusung bentuk headset AR yang berbeda di pasaran yakni dengan kacamata yang transparan. Saat digunakan, penggunanya pun masih bisa melihat sekitar lingkungannya.

Hal tersebut berkat fitur EyeSight yang tak hanya bisa melihat kondisi sekitar pengguna tetapi juga menyamarkan efek transparan ketika pengguna sedang menikmati konten VR sehingga pengguna lain tidak akan bisa melihat mata pengguna yang memakai Apple Vision Pro.

 Apple-Vision-Pro-6

Bagian kacamata Apple Vision Pro dilengkapi lima buah sensor optik dan 12 kamera yang dipasang pada sekitar bodi perangkat. Kamera headset AR juga dapat dibekali dengan lensa Zeiss yang mampu menyesuaikan kekurangan mata plus atau minus penggunanya.

Untuk dapat dikaitkan ke bagian belakang kepala, Apple Vision Pro menggunakan tali kain Head Band yang dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran pengguna agar nyaman dipakai.

Apple-Vision-Pro-7.

Tak lupa Apple Vision Pro ditenagai chip M2 yang sebelumnya telah mendukung perangkat Apple lainnya seperti MacBook dan iPad. Chip M2 tersebut juga ditemani chip R1 yang bertugas untuk mengoptimalkan kinerja kamera dan sensor.

Apple Vision Pro dapat terhubung ke sumber listrik melalui kabel untuk pemakaian non stop. Di samping itu headset AR ini juga didukung baterai terpisah yang bisa digunakan hingga 2 jam.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar