ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Hands-On ASUS ROG Strix G17 – Laptop Gaming dengan Performa Cepat

Hands-On ASUS ROG Strix G17

Gadgetren – Baru-baru ini ASUS Indonesia mengajak tim Gadgetren untuk melakukan hands-on terhadap laptop gaming ROG Strix G17 pada sebuah acara di Jakarta.

Secara kasat mata, saya langsung melihat logo ROG dan pola segitiga pada bagian cangkang atau cover ROG Strix G17 yang terlihat simpel, namun menarik. Sementara itu terdapat beberapa lubang sirkulasi udara di bagian pinggirnya agar membuat laptop ini mampu menghadirkan suhu yang stabil ketika menjalankan game dalam waktu yang lama.

Selain itu ROG Strix G17 memiliki sistem pendingin yang canggih dengan dukungan Liquid Metal, Arc Flow Fans degan 84 curved blades, dan 4 fan outlet agar bisa menghadirkan suhu yang tidak cepat panas walaupun perangkat ini digunakan untuk memainkan game, menikmati hiburan, maupun menjalankan aktivitas lainnya.

ASUS ROG Strix G17 - Left Side

ASUS ROG Strix G17 yang saya gunakan dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 7 6800H (8 Core / 16 Thread) yang memiliki performa bertenaga sehingga membuatnya mampu menjalankan game maupun aplikasi berat dengan baik.

Dengan hadirnya RAM 16 GB pada laptop ini memungkinkan aktivitas multitasking mampu berjalan dengan lancar. Saya sendiri mencoba menjalankan beberapa aplikasi ketika mencoba ASUS ROG Strix G17. Hasilnya memang laptop mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan mulus.

Untuk penyimpanan internalnya sudah menggunakan M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD berkecepatan tinggi dan berkapasitas 512 GB sehingga mampu menampung banyak file, game, maupun aplikasi sekaligus.

Terdapat juga GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 yang diklaim ASUS mampu menangani grafis yang ditampilkan sistem operasi, aplikasi, maupun game pada layarnya dengan bagus. GPU ini juga mempunyai fitur Ray Tracing yang dapat mensimulasikan keadaan cahaya di dunia nyata untuk menghasilkan grafis yang realistis dan imersif pada game yang dijalankan.

ASUS ROG Strix G17 - Cover

Laptop gaming ini menggunakan layar 17,3 inci dengan resolusi Full HD+ (1920 x 1080 piksel), Response Time 3ms, sRGB 100%, Adaptive Sync, Dolby Vision HD, dan refresh rate 360Hz yang mampu membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif.

Berkat penggunaan teknologi IPS, membuat konten yang ditampilkan pada layar masih dapat dilihat hingga sudut kemiringan 178 derajat. Adapun fitur Anti-Glare dapat mengurangi pantulan dari sinar lampu yang terang atau cahaya matahari yang membuat saya dapat melihat game maupun video dengan jelas.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan 2 speaker system with Smart Amplifier Technology dan dukungan Dolby Atmos sehingga memanjakan saya ketika menonton video streaming dari YouTube maupun aplikasi lainnya.

ASUS ROG Strix G17 - Diagonal

Sebagai salah satu pengguna laptop ASUS, keyboard chiclet yang hadir pada ROG Strix G17 ini memudahkan saya untuk mengetik dengan lancar dan cepat tanpa perlu melihat setiap tombol huruf maupun angkanya.

Keyboard dari ROG Strix G17 ini dilengkapi dengan lampu RGB yang memungkinkan saya masih dapat mengetik atau bermain game dalam kondisi redup maupun gelap sekalipun. Terdapat juga Lightbar dengan pencahayaan Aura Sync pada bagian samping depan laptop ini sehingga dapat menambah keseruan ketika bermain game.

ASUS ROG Strix G17 - Back Side

Untuk konektivitas internet yang lancar, ROG Strix G17 juga sudah dilengkapi dengan WiFi 6E sehingga mampu secara lancar terhubung dengan jaringan WiFi sekitar. Terdapat juga Bluetooth 5.2 untuk membuatnya dapat terhubung dengan perangkat lain, seperti mouse wireless, keyboard wireless, joystick, handphone, dan lainnya.

Pada bagian samping laptop gaming ini terdapat port RJ45 LAN, USB 3.2 Gen 2 Type-C, USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort / Power Delivery, 2 port USB 3.2 Gen 1 Type-A, dan port jack audio 3,5mm. Dengan harga Rp25.499.000, laptop ini sudah dilengkapi dengan Windows 11 Original dan Microsoft Office Home Student 2021.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar