Berita Laptop / PC

ASUS Indonesia Hadirkan Deretan Laptop ROG Baru Dengan AMD Ryzen 6000 Series

ASUS-ROG-Zephyrus-G14-x-AMD-7

Gadgetren – Setelah membawa jajaran laptop ROG yang ditenagai oleh Intel generasi ke-12, ASUS akan segera memasarkan rangkaian laptop ROG terbaru yang akan didukung oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

Laptop ROG tersebut antara lain ROG TUF Gaming A15, ROG Strix G, ROG Zephyrus G14, ROG Zephyrus G15, ROG Zephyrus Duo 16, dan ROG Flow Z13. Deretan laptop ROG ini akan segera masuk ke pasar Indonesia di akhir bulan Juni 2022 secara bertahap.

Secara garis besar, laptop ROG dengan AMD Ryzen 6000 Series ini mendukung fitur-fitur terbaru baik dari segi performa, kecepatan, hingga desain. Prosesor AMD Ryzen 6000 Series yang dibenamkan ke enam laptop ini akan dipadukan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 Series.

Kemudian dukungan teknologi baca pada bagian RAM dan penyimpanannya secara berurutan akan menggunakan RAM DDR5 dengan kecepatan 4800Mhz dan SSD PCle generasi ke-4 dengan kecepatan hingga 7GB per detik.

Menariknya beberapa laptop ROG dengan AMD Ryzen 6000 Series telah dilengkapi oleh fitur POP Up Screw yang terletak di bawah laptop. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna melakukan upgrade kapasitas RAM dan SSD sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing tanpa harus datang ke teknisi resmi ASUS.

Soal pendinginan, laptop ROG dengan AMD Ryzen 6000 Series juga mendapatkan sistem pendinginan yang lebih baik dari sebelumnya berupa Intelligence Cooling System di mana memiliki jumlah kipas yang lebih banyak dan desain kipas lebih tipis.

Khusus untuk ROG Zephyrus Duo 16, ASUS membekalinya dengan panel berteknologi ROG Nebula Display HDR. Riandanu Madi Utomo selaku Technical PR ASUS Indonesia mengatakan bahwa panel ROG Nebula Display HDR berbeda dengan panel OLED yang ada di laptop bisnis maupun konsumen ASUS.

ASUS-ROG-Zephyrus-Duo-16-.

Laptop ROG atau gaming buatan ASUS harus menggunakan ROG Nebula Display HDR karena secara teknis kompatibel dengan refresh rate layar yang disajikan pada layarnya. Pada laptop ROG Zephyrus Duo 16 misalnya memiliki konfigurasi tampilan yang paling tinggi dibandingkan saudara-saudaranya itu.

Dengan demikian, menurut Riandanu ROG Nebula Display HDR merupakan teknologi panel yang paling pas buat ROG Zephyrus Duo 16. Sebut saja dengan layar utamanya yang berukuran 16 inci, ROG Zephyrus Duo 16 sudah mempunyai resolusi WQXGA (2560 x 1600 piksel) yang didukung Mini LED, 100 DCI-P3, waktu respon 3ms, tingkat kecerahan 1100nits, Pantone Validated, VESA Display HDR 1000, dan Dolby Vision.

ASUS-TUF-GAMING-A15

ROG Zephyrus Duo 16 sendiri menyediakan layar ganda yang terdiri layar utama dan layar kedua atau Screenpad Plus di mana terletak di antara layar utama dan keyboard. Layar kedua laptop tersebut beresolusi 3840 x 1100 piksel yang bisa digunakan dengan stylus pen dan dibekali warna gamut 100% sRGB.

Tak lupa ke enam laptop ini juga menyediakan fitur pelengkap seperti 3D Mic Array, Two Way Al Noise Cancellation, Dolby Atmos, HiRes Audio, WiFi 6/6E, HDMI 2.1, dan USB tipe C untuk Power Delivery.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar