ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

ASUS Hadirkan Jajaran Laptop Seri ROG Strix SCAR dan Strix G Terbaru di CES 2023

ASUS-ROG-Strix-G-dan-SCAR-CES-2023

Gadgetren – Dalam ajang CES 2023, ASUS telah membawa penyegaran untuk laptop gaming terbarunya melalui seri ROG Strix SCAR dan Strix G yang mencakup Strix SCAR 16, 17, dan 18 serta Strix G16, G17, dan G18.

Sebagaimana kita tahu bahwa ASUS menghadirkan lini produk laptop gaming melalui brand ROG untuk segmen pasar yang berbeda-beda seperti lini ROG Strix SCAR dan G, ROG Flow, dan ROG Zephyrus. Lini produk ROG Strix SCAR dan G merupakan laptop gaming yang ditujukan oleh para penikmat game berat kompetitif khususnya para atlet esport.

Melalui pembaruannya ini, ASUS ROG pun memberikan peningkatan fitur yang lebih canggih pada ROG Strix SCAR dan G mulai dari segi desain, CPU dan GPU, panel layar, hingga sistem pendinginan. Pada performa pacu, kali ini ASUS membekali varian model ROG Strix SCAR dan G dengan dua prosesor terbaru yakni Intel seri HX Generasi ke-13 dan AMD Ryzen 9 Zen 4.

Adapun ROG Strix SCAR 16 dan 18 serta ROG Strix G16 dan G18 ditenagai oleh oleh prosesor Intel Generasi ke-13 hingga Core i9-13980HX. Sedangkan ROG Strix SCAR 17 dan G17 mengandalkan prosesor AMD Ryzen 9 Zen 4. Semua varian prosesor tersebut dipadukan GPU dari NVIDIA GeForce RTX 40 Series.

Untuk ROG Strix SCAR 16, 17, dan 18 ditemani GPU hingga GeForce RTX 4090. Sedangkan untuk ROG Strix G16 dan G18 menggunakan GPU hingga GeForce RTX 4080 dan Strix G17 mengandalkan GPU hingga GeForce RTX 4070.

Semua model laptop seri ROG Strix SCAR dan Strix G juga didukung MUX Switch yakni chip khusus yang bisa mengalihkan jalur data pemrosesan tampilan layar secara langsung ke GPU GeForce RTX yang diberikan. Chip khusus ini  dipadukan dengan NVIDIA Advanced Optimus yang secara cerdas bisa mengoptimalkan frame rate dan masa pakai baterai lebih awet.

Terlebih lagi, turut tersedia sistem pendinginan Tri-Fan buatan ASUS ROG yang pertama kali hadir di ROG Flow X16 pada tahun 2022. Sistem pendinginan tersebut memiliki heatsink yang lebih besar yang memungkinkan pembuangan panas hingga 92,23 persen lebih baik dibandingkan dengan model 2022.

ASUS-ROG-Strix-SCAR-16-18

Tak hanya itu dalam sistem pendinginannya ini terdapat logam cair Conductonaut Extreme dengan 7 heat pipes yang memungkinkan TGP lebih tinggi dari pendahulunya. Sebagai informasi TGP ROG Strix SCAR 16 dan 18 serta Strix G16 dan G18 mencapai 175W dengan Dynamic Boost.

Dari segi memori seri ROG Strix terbaru ini menggunakan DDR5 berkapasitas hingga 64GB dan penyimpanan SSD PCle 4.0 hingga 2TB. Semua seri ROG Strix memiliki kapasitas baterai mencapai hingga 90Whr dan memiliki konektivitas WiFi 6E. Tersedia juga port Thunderbolt 4.0 untuk seri ROG Strix yang menggunakan Intel Gen ke-13.

ASUS-ROG-Strix-G18-Volt-Green

Selain itu, pada aspek tampilan untuk layar ukuran 16″ dan 18″ pada setiap model ROG Strix SCAR dan Strix G mempunyai panel Nebula HDR. Panel Nebula merupakan sebutan khas dari ASUS untuk laptop ROG mereka yang mana pada laptop pembuat konten biasa disebut OLED.

Panel Nebula ini juga dilengkapi teknologi Mini LED yang berisi 1.024 zona peredupan atau dimming zones untuk menghadirkan kualitas gambar dengan hasil yang tajam dan jernih.

Keunggulan lainnya dari panel ini mampu menampilkan resolusi Quad HD serta mendukung refresh rate tinggi 240Hz dengan waktu respon 3ms atau kurang, tingkat kecerahan 1.100 nit, dan warna gamut 100%  DCI-P3.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar